Review OPPO Reno4: Makin Asik Main-Main dengan Kameranya

OPPO secara khusus membagi smartphone-nya ke dalam beberapa seri yang disesuaikan dengan segmen yang dituju. Jika seri A bidik segmen bawah hingga menengah, seri Find X sebagai flagship, maka seri Reno lebih mengutamakan kemampuan fotografi di kelas menengah.

Seri Reno sendiri konsisten hadir di Indonesia, mulai dari seri pertama yang dibanderol dengan harga 8 jutaan, kemudian berlanjut dengan Reno2 dengan harga 8 juta kurang, Reno3 yang dibanderol dengan harga 5 jutaan, maka kali ini Reno4 punya harga yang lebih murah lagi yaitu 5 juta kurang seribu rupiah.

Dari sisi harga, ini jelas sangat menarik. Namun apakah kemampuannya juga menurun? Kami bisa bilang tidak. Bahkan seri Reno4 ini menyertakan fitur-fitur baru yang menarik dan menawarkan sesuatu yang menggoda bagi mereka yang suka bereksperimen menggunakan kamera depan dan belakang.

Desain OPPO Reno4

OPPO Reno4 yang kami pegang memiliki bodi belakang dengan warna biru atau disebut OPPO dengan Galactic Blue. Seri ini sendiri hadir dalam dua pilihan warna, dimana satunya yaitu warna space black atau hitam. Bodi ini memiliki tekstur matte dengan gradasi warna yang sangat halus dan tidak mudah kotor oleh bercak sidik jari. Ditambah dengan desain frame kamera yang menarik, membuatnya terlihat kekinian serta menambah kesan mewah.

Dibagian belakang ini terdapat empat kamera yang terpasang dalam satu frame. Meski ada empat, tiga kameranya berukuran besar dan satu kamera berukuran kecil yang mirip dengan lampu flash. Posisinya ada di sisi kiri atas dan frame tersebut memiliki bentuk timbul sehingga agak mengganjal saat posisi terlentang.

Reno4 dukung penggunaan hingga dua kartu SIM dan satu microSD, sedangkan port-nya mendukung USB type-C serta jack audio 3.6 mm. Port USB type-C-nya sudah mendukung fast charging 30 watt. Untuk tombol fisik, sisi kiri ada Power dan sisi kanan tombol Volume serta slot untuk menyimpan kartu.

Untuk layarnya, Reno4 memiliki ukuran 6,4 inci dengan resolusi full HD+ atau 1.080 x 2.400 piksel. Reno4 punay bezel yang tidak tipis-tipis amat, namun dengan screen to body ratio mencapai 83,5%, layarnya tetap terasa lega dan tidak terlalu menggangu dengan adanya kamera depan yang ditempatkan di dalam layar di sisi kanan.

Panel yang digunakan adalah AMOLED jadi tidak heran jika tampilannya tajam dan sudah disematkan sensor fingerprint. Untuk ketahanan, layarnya sudah menggunakan pelindung dari Corning yaitu Gorilla Glass 5.

Spesifikasi OPPO Reno4

Sebagai sebuah smartphone kelas menengah, Reno4 dibekali dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan segmen yang dituju.

Spesifikasi lengkap OPPO Reno4 ini bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Chip Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Penyimpanan 128 GB + slot microSD hingga 256 GB
Layar AMOLED 6,4 inci 2.400 x 1.080
Kamera Belakang 48 MP, f/1.7 (main – wide); 8 MP, f/2.2 (ultra wide); 2 MP, f/2.4 (macro); 2 MP. f/2.2 (depth)
Kamera Depan 32 MP, f/2.4
Video Hingga 4K 30 fps
Konektivitas USB 2.0 Type-C, Bluetooth 5.1, WiFi 802.11a/b/g/n/ac, GPS
Baterai 4.015 mAh
Dimensi 160,3 x 73,9 x 7,7 mm
Berat 165 gram

Kotak penjualan OPPO Reno4 terdiri dari unit smartphone, kepala adaptor, kabel USB type-C, earphone, SIM ejector, beberapa manual, dan disertakan pula jelly case warna transparan.

Reno4 dipersenjatai dengan SoC Snapdragon 720G yang merupakan chip gaming kelas menengah. Sebagai prosesor octa-core yang ditandem dengan GPU Adreno 618, untuk pasar Indonesia Reno4 hadir dalam satu varian kapasitas RAM dan ROM yaitu 8 GB dan 128 GB yang menjadi kapasitas standar smartphone kelas menengah saat ini.

Bagi yang merasa penyimpanan internal masih kurang, mendukung pula kartu microSD hingga 256 GB sebagai media simpan tambahan. Sedangkan untuk pilihan warnanya ada dua yaitu space black (hitam) dan galactic blue (biru).

Sebagai penopang daya, kali ini OPPO hanya menyematkan kapasitas 4.015 mAh pada Reno4. Ini berbeda dengan seri A yang kebanyakan disertai kapasitas baterai lebih besar. Tidak ketinggalan untuk pengisian baterai cepatnya mendukung teknologi fast charging 30 watt.

Kamera OPPO Reno4

Seri Reno memang lebih difokuskan dalam hal fotografi. Kehadiran empat kamera memiliki fungsi yang menurut kami bekerja dengan baik. Dari sisi spesifikasi, empat kamera belakangnya masing-masing memiliki resolusi 48 MP untuk mode wide yang memiliki bukaan cukup besar yaitu f/1.7. Ini berguna untuk mendapatkan cahaya lebih banyak ketika kondisi redup atau temaram.

Kamera kedua punya resolusi 8 MP untuk mode ultrawide, yang ketiga punya resolusi 2 MP untuk mode makro, dan 2 MP lagi untuk depth sensor yang biasa digunakan untuk menampilkan efek blur pada latar atau biasa dikenal dengan istilah bokeh.

Dari sisi software, kameranya menyediakan beragam pilihan menarik. Selain pilihan standar seperti Photo, Video, Portrait, dan Night, pada pilihan More masih terdapat pilihan seperti Slo-Mo, Expert atau Pro, Sticker, Text Scanner, Panorama, dan Time-Lapse. Dan masing-masing pada mode tersebut, masih ada pengaturan untuk mendapatkan hasil foto atau video lebih menarik.

Misalnya saja, pada mode Photo terdapat pilihan zoom 1x, 2x, 5x, dan Ultra-wide. Secara default, resolusi yang aktif hanya sebesar 12 MP. Jadi jika ingin menggunakan resolusi 48 MP, Anda mesti mengaktifkannya terlebih dahulu dari menu yang tersedia.

Pada mode Portrait pilihannya lebih menarik lagi. Selain menghasilkan efek bokeh pada foto juga terdapat pilihan mode Night Flare Portrait dan AI Color Portrait. Pada mode Night Flare, sesuai namanya Anda bisa mendapatkan foto bokeh di malam hari dengan latar belakang kelap kelip lampu yang akan berubah menjadi efek cahaya bulat yang estetik. Bisa dibilang mode ini merupakan gabungan dari night mode dan Portrait.

  Hands-on: Asus Zenfone Max Pro M1, Gebrakan Baru Asus di Kelas Dua Jutaan

Sedangkan AI Color Portrait akan menampilkan satu warna pada obyek dengan latar belakang yang diubah ke warna monokrom. Fitur ini akan bekerja ketika AI mendeteksi wajah dari orang yang hendak di foto. Selain itu, obyek tersebut harus berada dalam jarak tidak terlalu jauh atau sekitar 2 meter. Fitur ini tidak akan bekerja untuk hal lain, misalnya benda mati atau bahkan hewan peliharaan. Nantinya hanya akan tertangkap foto dengan keseluruhan secara monokrom saja.

Yang makin menarik, ternyata fitur AI Color Portrait tidak hanya ada pada mode Photo, tetapi juga pada mode Video. Pada mode ini, Anda bisa merekam video dengan salah satu obyek dengan warna asli dan sisanya menggunakan warna monokrom. Disini tekologi AI bekerja lebih pintar, karena obyek gambar yang hendak diambil tidak harus menampakkan wajah terlebih dahulu.

Fitur menarik lain yang kami suka adalah pada mode Slo-Mo dimana terdapat empat pilihan frame rate yang terdiri dari 120 fps, 240 fps, 480 fps, dan 960 fps. Semakin tinggi fps maka semakin lambat pergerakannya, dan tentu saja dibutuhkan kondisi yang cukup terang untuk mendapatkan hasil terbaik. Dan ada lagi fitur menarik lainnya yaitu Ultra Steady Video 3.0 yang berguna untuk meminimalisir guncangan saat merekam video.

Untuk kamera depannya memiliki resolusi 32 MP. Menariknya, beberapa fitur kamera belakang juga berfungsi pada kamera depan ini, misalnya saja efek AI Color portrait. Hasilnya pun cukup tajam dimana hasil warna dan efek bokehnya terlihat rapi.

Berikut contoh hasil foto dari kamera Oppo Reno4 yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Kamera belakang dengan pilihan mode Night Flare Portrait
Kamera belakang dengan pilihan mode AI Color Portrait
Kamera belakang dengan mode macro
Kamera depan dengan mengaktifkan mode AI Color Portrait

Fitur Tambahan OPPO Reno4

Awalnya kami mengira kamera depannya ada dua karena tampak seperti ada dua lensa. Namun ternyata satunya lagi adalah sensor yang disebut dengan AON Smart. Sensor ini memungkinkan OPPO menambahkan beberap fitur menarik, diantara fitur Air Control yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi tanpa harus menyentuh layar. Misalnya melakukan swipe layar atau mengangkat telpon, cukup dengan melakukan gerakan yang akan terdeteksi oleh sensor di sebelah kamera depan.

Sensor tersebut juga memiliki fungsi lain yang masih berbasis AI. Dengan fitur yang disebut dengan Smart Spying Prevention, orang lain tidak akan bisa mengintip pesan yang sedang kamu baca karena secara otomatis sensor akan mendeteksi orang tersebut dan secara otomatis pesan tidak akan ditampilkan.

Kinerja OPPO Reno4

Untuk performa, Snapdragon 720G dirasa sudah cukup mumpuni untuk berbagai aplikasi serta game-game baru yang tersedia di Google Play. Seri G dibelakang SoC memang menegaskan performanya yang dirancang untuk game-game di kelas menengah. Selain itu, performa yang didapat dari benchmark yang saya lakukan, menghasilkan skor yang sesuai dengan ekspektasi di kelas menengah.

Ditandem dengan RAM 8 GB membuat aktivitas sampai multitasking bisa berjalan mulus. Begitu pula dengan storage 128 GB terbilang cukup besar, meski jika Anda suka merekam dengan resolusi 4K, masih bisa menyimpannya di micro SD tambahan.

Untuk performa baterai, kami menilai cukup baik meski tidak terlalu istimewa. Menggunakan PCMark for Android, pengujian kami berhasil mencapai daya tahan hingga 10 jam 47 menit. Pasalnya, beberapa smartphone terbaru dengan kapasitas baterai yang setara yang pernah kami uji rata-rata ada di kisaran belasan jam.

Kami juga coba memainkan game PUBG Mobile untuk melihat penurunan baterai. Hasilnya, selama 25 menit baterai dari kondisi 75% turun menjadi 69% yang artinya hanya berkurang sekitar 6% saja. Dan jika penggunaan Anda terbilang aktif, smartphone ini masih bisa bertahan dari pagi hingga malam.

Kesimpulan

Sebagai generasi terbaru seri Reno, smartphone ini menawarkan fitur baru yang menarik dari sektor kamera. Software kamera depan dan belakang yang dilengkapi fitur-fitur baru, membuat OPPO Reno4 menyenangkan untuk menghasilkan foto-foto kreatif.

Beberapa fitur videonya juga cocok digunakan untuk membuat konten bagi para vlogger. Apalagi hadirnya mode Slo-Mo dengan empat pilihan frame persecond serta fitur AI Color, membuat pengguna bisa berkreasi lebih jauh lagi dalam menghasilkan video yang lebih dramatis.

OPPO Reno4 ditawarkan dengan harga menarik yaitu Rp4.999.000. Ini dikarenakan sejak Reno generasi pertama meluncur, kemudian berlanjut ke Reno2, dan Reno3, harganya terus turun. Tapi kerennya lagi, penurunan tidak terjadi pada kinerja, fitur, serta kemapuan kameranya. Ini yang membuat kami menyukai OPPO Reno4.

OPPO Reno4

Rp4.999.000
8

Rating

8.0/10

Plus

  • Desain cover belakangnya keren dan kekinian
  • Performa bagus di kelasnya
  • Kamera depan dan belakangnya kaya fitur
  • Hasil kamera bagus dan rapi (termasuk efek bokeh yang sama serta AI Color)
  • Sensor AON Smart dengan teknologi AI
  • Fitur fast charging 30 watt VOOC charge 4.0

Minus

  • Tidak ada NFC

One Reply to “Review OPPO Reno4: Makin Asik Main-Main dengan Kameranya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *