Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Review Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL, Berikan Baterai Besar Dalam Bodi Kekinian

Kehadiran keluarga Zenfone 5 sudah diresmikan oleh Asus pada beberapa minggu yang lalu. Kabarnya pun, jajaran smartphone tersebut juga akan segera hadir di Indonesia. Namun bukan cuma Zenfone 5, Asus juga merilis sebuah smartphone baru di keluarga Zenfone Max yaitu Zenfone Max Plus M1 ZB570TL.

Asus sendiri tak merinci apakah Zenfone Max Plus M1 ZB570TL ini masuk ke lini Zenfone 4 yang telah drilis sejak tahun lalu, atau menjadi varian pembuka kehadiran lini Zenfone 5 ke Indonesia. Tapi, yang pasti smartphone ini memiliki beberapa tawaran yang menarik seperti desain kekinian, bodi yang ramping, harga yang menarik, serta daya tarik utama seri Max, yaitu kapasitas baterai yang besar.

Desain

Kalau dilihat dari desainnya, Asus Zenfone Max Plus M1 mewarisi desain yang sama dengan Zenfone 4 Max Pro dan Zenfone 4 Max. Smartphone ini memiliki bodi berbahan aluminium di bagian belakangnya yang terasa mantap dan kokoh.

  Selamat Datang Keluarga Asus Zenfone 5

Namun, Asus Zenfone Max Plus M1 ini hadir dengan desain layar yang kekinian. Ya, smartphone ini hadir dengan layar 5,7 inci dengan aspect ratio 9:18 yang lebih panjang dibandingkan dengan Zenfone 4 Max Pro maupun Zenfone 4 Max.

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Layarnya sendiri memiliki resolusi HD+ alias 720 x 1440 piksel yang tak jauh berbeda dengan dua pendahulunya itu. Asyiknya, karena memiliki bodi dan layar yang lebih memanjang, maka bodi Asus Zenfone Max Plus M1 ini terasa tetap kompak. Jika dibandingkan, ukurannya tidak terlalu jauh berbeda dengan smartphone berlayar 5,2 inci atau 5,5 inci sehingga lebih nyaman digenggam.

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Karena menggunakan layar 9:18, maka smartphone ini tidak lagi memiliki tombol navigasi soft touch yang biasanya ada di bawah layar. Tombol-tombol tersebut digantikan oleh tombol yang ada di layar. Begitu juga dengan posisi fingerprint scanner yang pindah ke belakang, kembali seperti zaman Zenfone 3.

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Layar pada smartphone ini juga memiliki tampilan yang sangat baik dengan tingkat saturasi warna yang cukup tinggi. Walaupun sama-sama 720p, namun saya merasa layar pada Zenfone Max Plus M1 ini jauh lebih baik dibandingkan dengan Zenfone 4 Max Pro atau Zenfone 4 Max karena warna yang lebih baik serta sudut pandang yang lebih lebar.

Secara keseluruhan, impresi bodi Asus Zenfone Max Plus M1 ini cukup memuaskan karena kokoh, ramping, serta cukup mudah untuk digunakan dengan satu tangan.

Spesifikasi Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL mengedepankan fitur utama yang menjadi ciri khas seri Zenfone Max, yaitu baterai yang berkapasitas besar. Asus memposisikan smartphone ini di segmen yang sama dengan Zenfone 4 Max Pro dan Zenfone 4 Max, yaitu entry-level hingga menengah.

Spesifikasi Asus Zenfone Max Plus M1 selengkapnya bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL
Chip MediaTek MT6750T
RAM 4 GB
Memori Penyimpanan 64 GB + slot microSD hingga 256 GB (dedicated slot)
Layar IPS 5,7 inci 720 x 1440
Kamera Belakang 12 mega piksel, lensa 35 mm f/2.0
8 mega piksel, lensa 16,7 mm 120 derajat
Kamera Depan 16 mega piksel
Video Full HD (1920 x 1080) 30 fps
Konektivitas microUSB 2.0, Bluetooth 4.0, WiFi 802.11b/g/n, GPS
Fitur Lain Fingerprint scanner
Baterai 4.130 mAh
Dimensi 152,6 x 73,0 x 8,8 mm
Berat 160 gram

Seperti yang bisa kamu lihat, Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL mengandalkan chip Mediatek MT6750T sebagai dapur pacu utamanya, berbeda dari dua seri Zenfone 4 Max sebelumnya yang mengandalkan chip Snapdragon. Secara kinerja, chip tersebut mampu memberikan kinerja yang cukup baik untuk menjalankan aplikasi sehari-hari, apalagi ditopang dengan RAM berkapasitas 4 GB yang sangat memadai untuk melakukan multitasking.

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Namun, chip tersebut sepertinya kurang bisa diandalkan untuk bermain game karena GPU yang dimilikinya termasuk kurang bertenaga. Seandainya smartphone ini menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 430 seperti pada Zenfone 4 Max Pro ZC554KL, mungkin kinerjanya akan lebih baik.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena game-game seperti Mobile Legends maupun Arena of Valor dapat kamu mainkan dengan lancar di smartphone ini. Kinerjanya mungkin baru akan kewalahan ketika memainkan game dengan kebutuhan spesifkasi tinggi seperti Asphalt atau PUBG.

  Review Western Digital My Passport Ultra: Ramping, Keren, dan Berkinerja Bagus

Asus Zenfone Max Plus M1 memiliki baterai yang berkapasitas 4.130 mAh. Dipadukan dengan chip MT6750T yang merupakan chip yang hemat daya, maka smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang sangat baik. Dengan penggunaan intensif dan nonstop, maka smartphone ini bisa bertahan hingga sekitar 16 jam.

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Selain itu, pengisian baterai smartphone ini juga terbilang cepat walaupun tidak mendukung teknologi quick charging. Dengan menggunakan charger bawaan, saya bisa mengisi baterai smartphone ini dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 3 jam.

Kamera

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL juga mengandalkan konfigurasi kamera ganda di belakangnya. Sama seperti smartphone-smartphone terbaru Asus lainnya. Konfigurasi kamera belakangnya terdiri kamera pertama dengan sensor 16 mega piksel, dan kamera kedua dengan lensa wide angle 120 derajat dengan sensor 8 mega piksel.

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Konfigurasi kamera belakang tersebut sepertinya sama dengan kamera ganda yang digunakan pada Zenfone 4 Max Pro dan Zenfone 4 Max. Sehingga hasil fotonya pun bisa dibilang sangat mirip.

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Seperti yang bisa kamu lihat, pada kondisi cahaya yang baik, kamera pertamanya mampu menghasilkan foto yang cukup baik. Hasil fotonya sudah memadai untuk kebutuhan posting di media sosial.

Namun kamera keduanya kembali mengecewakan. Kamera wide angle dengan resolusi 8 mega piksel tersebut menghasilkan foto yang tidak tajam dan penuh dengan noise, terutama di kondisi minim cahaya. Apalagi, kamera kedua ini ternyata tidak dilengkapi dengan autofocus. Rasanya untuk kamera kedua ini, saya tidak merekomendasikan untuk menggunakannya terlalu sering, kecuali jika kondisi cahaya sedang bagus serta kamu benar-benar membutuhkan foto wide angle.

Aplikasi kamera pada smartphone ini menyediakan beberapa fitur yang cukup lengkap seperti panorama, timelapse, dan beauty mode dan aplikasi SelfieMaster untuk memberikan efek beautification saat kamu sedang melakukan live streaming di beberapa situs media sosial.

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 16 mega piksel serta layarnya bisa digunakan untuk membantu selfie kamu di kondisi gelap dengan menampilkan layar putih secara penuh saat sedang memotret.

Kesimpulan

Sepertinya Asus meluncurkan Zenfone Max Plus M1 ini sebagai sebuah smartphone yang akan menjembatani peralihan Zenfone 4 ke Zenfone 5. Secara desain saya sangat suka dengan smartphone ini karena memiliki bodi yang kokoh dan tetap ringkas walaupun memiliki layar 5,7 inci.

Walaupun layarnya masih memiliki resolusi HD+ alias 720 x 1440 piksel, namun hal tersebut masih cukup wajar untuk smartphone di kelas dua jutaan. Layarnya pun bagus dengan warna yang cukup akurat dan sudut pandang yang lebar.

  Spesifikasi Asus Zenfone Max Plus M1, Smartphone Baterai Besar dengan Layar 18:9

Jadi dengan harga Rp2.799.000, Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL merupakan sebuah smartphone yang cukup layak dipilih jika kamu mementingkan daya tahan baterai yang lama untuk menunjang aktivitas kamu sehari-hari karena hal tersebut memang menjadi aspek yang diunggulkan oleh smartphone ini.

Tapi, jika kamu mementingkan kinerja yang kencang untk menjalankan game-game berat, serta menginginkan kamera yang mampu menghasilkan foto yang sangat baik, mungkin kamu bisa memilih smartphone yang lain. Walaupun memiliki kamera belakang ganda, namun kamera dan hasil foto bukan menjadi keunggulan dari smartphone ini.

Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL

Rp2.799.000
Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL
70

Rating

7/10

    Plus

    • Desain menarik
    • Bodi kompak & kokoh
    • Baterai besar & tahan lama
    • Tampilan layar bagus
    • Kamera belakang ganda
    • Harga terjangkau

    Minus

    • Layar belum Full HD
    • Kamera mengecewakan
    • Kinerja grafis kurang baik
    • Layar tanpa Corning Gorilla Glass

    2 Replies to “Review Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL, Berikan Baterai Besar Dalam Bodi Kekinian”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *