Panasonic Lumix S5, Bodi Ringkas dengan Sensor Full Frame

Panasonic memperkenalkan Lumix S5, sebuah kamera mirrorless full frame yang ditujukan untuk para profesional. Dilengkapi dengan spesifikasi tinggi dan fitur-fitur menarik untuk profesional, kamera ini tetap hadir dalam bentuk yang ringkas.

Secara garis besar, Panasonic Lumix S5 merupakan versi ringkas dari Lumix S1 dan S1H yang sudah diluncurkan lebih dulu. Bobotnya lebih ringan dari keduanya.

Bahkan, kamera ini juga lebih ringkas dan ringan dibandingkan Lumix GH5 yang merupakan kamera dengan sensor micro four thirds.

  Review Shure AONIC 50, Headphone Wireless Premium Perdana dari Shure

Di dalamnya, Lumix S5 ini memiliki sebuah sensor full frame dengan resolusi 24,2 mega piksel. Sensor tersebut merupakan sensor yang sama dengan yang digunakan pada Lumix S1H.

Kamera ini sepertinya lebih diposisikan untuk merekam video karena sensor yang digunakannya terbilang tangguh. Sensor ini mampu merekam video hingga resolusi 6K dengan frame rate 24 fps tanpa batasan waktu.

Merekam dalam resolusi tinggi dalam waktu yang lama berpotensi membuat kamera kepanasan. Namun di Lumix S5 ini, sistem pendinginannya telah didesain sedemikian rupa agar suhu maksimalnya berada di sekitar 40 derajat celcius sehingga kamera dapat beroperasi terus menerus tanpa perlu menghentikan proses perekaman.

Selain itu, kamera ini juga bisa merekam video 4K 60 fps 10 bit. Namun untuk perekaman 10 bit, durasinya dibatasi maksimal 30 menit.

Untuk kemampuan memotretnya, sensor BSI CMOS 24,2 mega piksel yang digunakannya itu didukung dengan prosesor gambar yang mampu memberikan dukungan ISO hingga 51.200. Tersedia juga penstabil gambar 5 axis yang bisa memberikan kompensasi hingga 6,5 stops saat harus memotret tanpa tripod di kecepatan rendah.

Ada juga fungsi sensor shift sehingga kamera ini bisa menghasilkan gambar dengan resolusi sangat besar 96 mega piksel.

Sistem fokus pada kamera ini juga telah didesain ulang sehingga lebih cepat serta dilengkapi dengan fitur baru, head detection.

  Panasonic Lumix G100, Baru untuk Para Vlogger

Soal desainnya, memiliki bodi yang ringkas, Lumix S5 memiliki konstruksi sasis magnesium alloy dan dilengkapi weather sealing untuk melindungi dari debu dan kelembaban.

Terdapat layar 3 inci dengan resolusi 1,84 juta titik dengan engsel yang bisa dilipat ke samping dan ke depan. Sementara viewfinder elektroniknya memiliki ukuran besar dan punya resolusi 2,36 juta titik.

Kamera ini dijual dengan harga mulai dari US$1.999 untuk opsi body only.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *