Kelebihan & Kekurangan Realme 8

Realme 8 merupakan salah satu smartphone terbaru Realme yang diluncurkan bersamaan dengan Realme 8 Pro. Diposisikan di kelas menengah, smartphone ini menawarkan banyak hal menarik, seperti chipset Helio G95 yang berkinerja tinggi, serta berbagai fitur kamera yang menarik.

Dijual dengan harga Rp3.599.000, Realme 8 ini menawarkan beberapa daya tarik yang mungkin akan membuat kamu menjadikan smartphone ini sebagai pilihan smartphone berikutnya.

Berikut ini adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan dari Realme 8 yang bisa kamu gunakan sebagai referensi kamu untuk menentukan pilihan.

Kelebihan Realme 8

Desain Unik

Realme 8 hadir dengan bahasa desain yang disebut Infinite Bold Design. Bagian belakangnya terbagi menjadi dua bagian dengan tekstur yang berbeda, satu bagian memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan bagian lainnya.

Selain itu, desain uniknya juga hadir pada konfigurasi kamera belakang yang memiliki konfigurasi empat kamera belakang. Layar depannya berukuran 6,4 inci dengan panel Super AMOLED dan resolusi Full HD+. Kamera depannya menggunakan desain punch hole.

Kinerja Mumpuni

Realme 8 ditenagai dengan chipset MediaTek Helio G95 yang dipadukan dengan RAM 8 GB serta penyimpanan 128 GB.

Spesifikasi Realme 8 terbilang mumpuni untuk berbagai kebutuhan. Untuk bermain game pun, chipsetnya juga mampu menjalankan berbagai game berat dengan baik dan lancar.

Layar Super AMOLED

Salah satu pembeda utama Realme 8 dibanding pendahulunya, Realme 7, adalah pada layarnya. Kini, panel Super AMOLED disematkan sehingga memberikan tampilan yang lebih cantik.

Selain itu, karena telah menggunakan panel Super AMOLED, maka smartphone ini sekarang dilengkapi dengan fitur Always on Display yang bisa menampilkan beberapa informasi dengan mengaktifkan piksel di area tertentu saat layar sedang dimatikan.

Fitur Kamera Lebih Beragam dan Menarik

Realme juga memberikan berbagai opsi baru untuk aplikasi kamera di smartphone dengan kamera utama 64 mega piksel ini.

Terdapat banyak mode menarik. Di antaranya adalah Mode Tilt-shift, Mode Starry, Neon Portrait, Dynamic Bokeh, AI Color Portrait, dan Dual-view Video. Mode-mode ini memberikan pilihan agar kamu bisa bereksperimen lebih luas lagi dalam menghasilkan foto yang lebih unik.

Baterai 5000 mAh dengan fitur fast charging 30 watt

Realme 8 dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan dukungan fast charging 30 watt. Kapasitas baterai tersebut cukup memadai untuk membuat smartphone ini bertahan seharian dengan skenario penggunaan normal.

  Review Nokia 5.1 Plus: Comeback Nokia di Kelas Menengah

Selain itu, terdapat beberapa mode yang bisa mengatur kinerja yang juga berimbas ke penggunaan baterai, terutama saat bermain game.

Harga kompetitif

Realme 8 ini dibanderol dengan harga yang terbilang kompetitif yaitu Rp3.599.000. Di rentang harga segitu, smartphone ini menawarkan berbagai fitur menarik yang membuatnya dapat bersaing ketat dengan kompetitornya di rentang harga yang sama.

Kekurangan Realme 8

Masih banyak bloatware

Realme 8 menggunakan sistem operasi Realme UI 2.0 berbasis Android 11. Di dalamnya, Realme juga telah menyertakan berbagai aplikasi tambahan yang sayangnya mungkin tidak terlalu dibutuhkan dan tidak bisa dihapus.

Yang mungkin agak menyebalkan adalah, munculnya iklan serta notifikasi-notifikasi yang mengganggu dari beberapa aplikasi tersebut.

Bodi belakang gampang kotor oleh tangan atau jari

Bodi belakang Realme 8 terbagi menjadi dua bagian dimana salah satunya memiliki permukaan glossy. Nah, bagian dengan permukaan glossy ini sangat mudah kotor oleh bekas sidik jari.

Jadi, direkomendasikan agar kamu dapat langsung menggunakan casing untuk melindungi bodi belakangnya dari bekas sidik jari maupun goresan.

Beberapa poin di atas merupakan sejumlah kelebihan dan kekurangan Realme 8 yang ditemui selama proses pengujian dan penggunaan. Untuk mengetahui ulasan yang lebih lengkap seperti kinerja, fitur, serta hasil kameranya, kamu bisa membacanya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *