Kelebihan & Kekurangan Oppo Reno4

Saat ini, Oppo membagi lini smartphone-nya menjadi beberapa varian. Salah satunya adalah Reno yang menjadi smartphone dengan kemampuan fotografi sebagai fitur utamanya. Nah, Oppo Reno 4 adalah salah satu varian terbaru di lini tersebut.

Berawal dari kelas flagship dan menengah di Reno generasi pertama, Reno generasi keempat ini kini menjadi salah satu jagoan di kelas menengah. Fitur andalannya jelas kemampuan kameranya yang baik dan kaya dengan fitur.

  Review OPPO Reno4: Makin Asik Main-Main dengan Kameranya

Dijual di rentang harga empat jutaan, smartphone ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan dari Oppo Reno 4 yang bisa kamu gunakan sebagai panduan kamu untuk menentukan pilihan.

Kelebihan Oppo Reno 4

Tampilan Bodi Menarik

Oppo Reno 4 tampil dengan layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Tampilan bodinya menurut saya terbilang menarik dan memberikan kesan premium.

Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Space Black dan Galactic Blue, bagian belakangnya memiliki lapisan matte yang tidak mudah kotor serta punya tampilan gradasi warna yang sangat halus.

Hasilnya, tampilannya terlihat minimalis namun memberikan kesan yang mewah dengan tambahan frame kamera yang menarik.

Kinerja Bagus di Kelasnya

Oppo Reno 4 dipersenjatai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM 8 GB. Kemudian memori penyimpanannya sebesar 128 GB dengan tambahan slot memori microSD.

Spesifikasi tersebut tentunya sudah sangat mumpuni untuk sebuah smartphone kelas menengah. Untuk bermain berbagai jenis game pun, smartphone ini bisa menjalankannya dengan baik

Kamera Kaya Fitur

Sejak pertama kali diluncurkan lini Reno memang identik dengan fitur kamera yang lengkap. Nah, di Reno 4 ini, Oppo membenamkan banyak sekali fitur pada aplikasi kameranya.

Terdapat berbagai pilihan menarik mulai dari opsi standar seperti Photo, Video, Portrait, dan juga Night Mode, terdapat juga beberapa pilihan tambahan lain seperti Slo-Mo, Expert atau mode pro, Panorama, Time-Lapse, AI Color, dan beberapa pilihan lainnya.

Berbagai pilihan tersebut membuat kamu bisa berkreasi dengan lebih leluasa untuk menciptakan foto yang menarik.

Hasil Kamera Bagus

Oppo Reno 4 dilengkapi kamera belakang dengan konfigurasi empat kamera yang terdiri kamera utama 48 mega piksel, kamera ultra wide 8 mega piksel, kamera macro 2 mega piksel, dan depth sensor 2 mega piksel untuk menciptakan efek bokeh. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 32 mega piksel.

Hasil fotonya terlihat sangat baik dengan tingkat saturasi warna yang tinggi. Depth sensor yang terpasang juga bisa menciptakan efek bokeh yang rapi serta membuat efek AI Color menjadi akurat untuk memisahkan warna.

Sensor AON Smart dengan teknologi AI

Jika diperhatikan, di bagian depan smartphone ini terlihat seperti memiliki dua kamera. Namun sebenarnya di sebelah kamera depan tersebut adalah sebuah sensor pintar yang disebut AON Smart.

Sensor tersebut didukung dengan teknologi AI dan memungkinkan kamu untuk melakukan beberapa navigasi melalui gestur tangan, tanpa perlu menyentuh layar.

Sensor tersebut juga memiliki fungsi lain yang masih berbasis AI. Dengan fitur yang disebut dengan Smart Spying Prevention, orang lain tidak akan bisa mengintip pesan yang sedang kamu baca karena secara otomatis sensor akan mendeteksi orang tersebut dan secara otomatis pesan tidak akan ditampilkan.

Fitur Fast Charging 30 watt VOOC Charge 4.0

Kelebihan Oppo Reno 4 lainnya ada pada baterainya. Baterainya yang berkapasitas 4.015 mAh tersebut juga mendukung teknologi pengisian cepat VOOC Charge 4.0 hingga 30 watt.

Jadi, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengisi baterai dari keadaan kosong.

Kekurangan Oppo Reno 4

Tanpa NFC

Secara kemampuan, chip Qualcomm Snapdragon 720G sudah mendukung teknologi NFC. Namun sayangnya Oppo tidak menyematkan kemampuan tersebut pada Reno 4 ini.

Padahal, fitur NFC sekarang ini kian diperlukan untuk beberapa kebutuhan. Salah satunya adalah untuk mengecek atau mengisi saldo kartu tol.

Baterai Bisa Lebih Besar Lagi

Untuk poin yang satu ini sebenarnya bisa saja tidak dikategorikan sebagai kekurangan Oppo Reno 4. Kapasitas baterainya sebesar 4.015 mAh yang sebenarnya sudah sangat memadai untuk digunakan seharian.

  Review realme 7: Harga Empat Juta dengan Mediatek Helio G95 Pertama di Dunia

Namun, jika dibandingkan dengan kompetitornya di kelas yang sama, kapasitas baterai smartphone ini termasuk kecil. Beberapa kompetitornya dilengkapi dengan baterai sebesar 4.500 mAh bahkan ada yang lebih dari 5.000 mAh yang tentu menjanjikan daya tahan penggunaan yang lebih lama.

Beberapa poin di atas merupakan sejumlah kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 4 yang ditemui selama proses pengujian dan penggunaan. Untuk mengetahui ulasan yang lebih lengkap seperti kinerja, fitur, serta hasil kameranya, kamu bisa membacanya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *