Samsung Galaxy Note 9

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Note 9

Galaxy Note 9 merupakan smartphone flagship yang diluncurkan padatahun 2018 ini. Sebagai sebuah smartphone flagship, Galaxy Note 9 tentu dibekali dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang mewah.

Dari sisi spesifikasi, smartphone ini dibekali dengan chipset Exynos 9810 yang kinerjanya kira-kira setara dengan Qualcomm Snapdragon 845 dan tersedia dengan pilihan RAM 6 GB atau 8 GB. Kemudian smartphone ini juga memiliki kamera ganda yang mampu menghasilkan gambar yang sangat baik.

Untuk fiturnya, Samsung memberikan kemampuan baru pada S-Pen, stylus yang menjadi ciri khas setiap seri Note.

  Review Samsung Galaxy Note 9: Smartphone Flagship Untuk Kaum Produktif

Tertarik dengan Samsung Galaxy Note 9? Untuk membantu kamu dalam menentukan pilihan, berikut ini adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan yang saya temui setelah menggunakan smartphone ini selama beberapa pekan.

Kelebihan Galaxy Note 9

Kamera ganda dengan dual aperture

Samsung Galaxy Note 9

Kamera menjadi salah satu daya tarik utama dari Galaxy Note 9 ini. Kameranya mungkin tidak memiliki resolusi besar seperti para kompetitornya, hanya 12 mega piksel. Namun kameranya memiliki konfigurasi kamera ganda kombinasi wide dan tele sehingga lebih bermanfaat.

Selain itu, Galaxy Note 9 juga memiliki fitur dual aperture pada kameranya. Fitur yang diambil dari seri Galaxy S9+ tersebut membuat kameranya memiliki dua pilihan diafragma atau aperture, yaitu f/1.5 dan f/2.4 yang bisa berubah secara otomatis menyesuaikan kondisi cahaya. Jika kondisi terang, maka kamera akan menggunakan aperture f/2.4 untuk hasil yang lebih tajam. Sementara jika kondisi minim cahaya, maka kamera akan menggunakan aperture f/1.5 untuk menangkap lebih banyak cahaya.

S-Pen yang inovatif

Samsung Galaxy Note 9

Saya pribadi termasuk orang yang menggemari dan cukup sering menggunakan stylus. Nah, di Galaxy Note 9 ini, Samsung menyematkan beberapa fitur baru untuk melengkapi S-Pen ini. Selain tingkat presisi dan akurasinya yang lebih baik, S-Pen pada Galaxy Note 9 kini dilengkapi dengan fitur remote shutter.

Fitur tersebut bermanfaat apabila kamu ingin mengambil foto dari jauh. Misalnya, kamu bisa meletakkan Galaxy Note 9 di tripod, dan menggunakan S-Pen untuk menjepret foto dari jauh.

Penyimpanan besar

Di zaman sekarang, ukuran kapasitas penyimpanan juga salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan. Dan Galaxy Note 9 ini mampu mengakomodasi berbagai file serta aplikasi yang sering kamu gunakan karena memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB.

Jika kapasitas tersebut masih kurang, maka Galaxy Note 9 juga tersedia dengan varian RAM 8 GB dan memori internal sebesar 512 GB. Jika dikombinasikan dengan penyimpanan eksternal microSD sebesar 512 GB, maka kamu akan mendapatkan penyimpanan besar 1 TB yang bisa kamu bawa kemana-mana.

Kekurangan Galaxy Note 9

Bodi licin

Samsung Galaxy Note 9

Secara tampilan, Galaxy Note 9 ini memiliki bodi yang keren. Layar Infinity Display 6,4 inci Super AMOLED merupakan layar yang sangat saya sukai. Sementara bagian belakangnya menggunakan bahan kaca yang juga membuatnya semakin elegan.

Hanya saja, penggunakan bahan kaca di belakangnya membuat smartphone ini terasa licin. Apalagi bodinya yang besar juga membuat smartphone ini cukup sulit untuk dipegang dengan satu tangan. Untuk mengatasinya, saya merekomendasikan penggunaan casing tambahan yang berkualitas untuk melindungi bodinya sekaligus mengurangi rasa licin.

  6 Rekomendasi Smartphone 2 Jutaan untuk Hadiah Akhir Tahun 2018

Jeda pada kamera

Memiliki kamera ganda wide dan tele dengan resolusi 12 mega piksel, hasil kamera Galaxy Note 9 ini adalah salah satu yang terbaik saat ini. Apalagi didukung dengan beberapa fitur tambahan seperti Live Focus, Super Slow Motion, serta Pro Mode untuk hasil yang lebih kreatif.

Hanya saja, saya merasa bahwa kameranya sedikit kurang responsif. Saya menemukan sedikit jeda saat tombol shutter ditekan hingga saat gambar selesai diambil. Bukan sebuah hal yang begitu mengganggu, namun akan lebih baik jika jeda ini bisa dihilangkan.

Mahal

Harga smartphone terutama kelas flagship terus merangkak naik. Dan itu terjadi juga pada Galaxy Note 9 ini. Smartphone ini terasa cukup mahal. Varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB dijual dengan harga Rp13.499.000. Sementara varian RAM 8 GB dan memori internal 512 GB dijual dengan harga RP17.999.000.

Harga tersebut mungkin masih jauh lebih masuk akal jika dibandingkan dengan harga yang dipasang Apple untuk iPhone XS dan XS Max. Namun jika dibandingkan dengan smartphone Android flagship lainnya, harga Galaxy Note 9 ini termasuk tinggi.

  5 Pilihan Smartphone Android High-End untuk Memainkan Fortnite

Beberapa poin di atas adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan yang saya temui selama saya menggunakan Galaxy Note 9 selama beberapa minggu. Untuk mengetahui ulasan yang lebih dalam seperti kinerja, penjelasan fitur, serta hasil kamera dari smartphone ini, kamu bisa melihat ulasannya di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *