Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Redmi 8

Redmi 8 adalah salah satu jagoan Xiaomi untuk segmen entry-level yang diluncurkan pada akhir tahun 2019 lalu bersamaan dengan saudaranya yang lebih murah lagi, Redmi 8A.

Walaupun diposisikan sebagai sebuah perangkat entry-level dengan harga yang terjangkau, namun ternyata Redmi 8 ini menawarkan banyak hal yang menarik.

Kombinasi spesifikasi dan fitur yang ditawarkannya terasa cukup bahkan tergolong baik untuk kelasnya.

  Spesifikasi Xiaomi Redmi 8 dan Redmi 8A, Sangat Menarik di Kelas 1 Jutaan

Sedang mempertimbangkan Redmi 8 untuk menjadi smartphone kamu berikutnya? Berikut ini adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan dari Redmi 8 yang saya temui setelah menggunakan smartphone ini selama kurang lebih tiga bulan.

Kelebihan Redmi 8

Harga Terjangkau

Sebagai sebuah smartphone entry-level, Redmi 8 ini sudah sewajarnya dibanderol dengan harga yang terjangkau. Untuk mendapatkan smartphone ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebanyak Rp1.749.000 untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB, atau Rp1.849.000 untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

  Review Xiaomi Redmi 8: Salah Satu Pilihan Smartphone 1 Jutaan Paling Menarik

Bahkan, kabarnya saat ini harganya sudah lebih terjangkau lagi sehingga membuatnya lebih menarik.

Tampilan Bodi Keren

Xiaomi mengemas Redmi 8 ini dengan penampilan yang bisa dibilang keren. Walaupun bodinya masih terbuat dari plastik, namun bagian belakangnya didesain sedemikian rupa sehingga terlihat elegan.

Bagian belakangnya juga memiliki permukaan yang glossy sehingga semakin terlihat cantik. Untuk pilihan warnanya, tersedia tiga pilihan warna yaitu merah, biru, dan hitam.

Baterai Besar & USB Type-C

Kelebihan Xiaomi Redmi 8 yang satu ini tentunya akan kamu sukai karena sangat bermanfaat untuk sehari-hari. Ya, smartphone Xiaomi yang satu ini telah dibekali dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh sehingga bisa membuatnya bertahan seharian penuh dengan gampang.

Apalagi smartphone ini juga sudah mendukung fitur fast charging dengan daya hingga 15 watt. Kemudian smartphone ini juga sudah menggunakan konektor USB Type-C yang lebih modern.

Kamera Bagus

Secara jumlah kamera, Xiaomi Redmi 8 ini memang terbilang biasa saja. Hanya ada dua kamera di belakang dan satu kamera di depan.

Tapi kamera belakangnya yang memiliki resolusi 12 mega piksel itu mampu menghasilkan foto yang kualitasnya terbilang baik untuk kelasnya. Tersedia beberapa fitur tambahan seperti AI, HDR, dan beberapa menu lainnya untuk membuat kamu menjadi lebih kreatif saat ingin memotret.

  Spesifikasi & Harga Redmi 8A Pro, Peningkatan Sedikit di Sisi Kamera

Kekurangan Redmi 8

Spesifikasi Terasa Pas-pasan

Karena merupakan smartphone entry-level, maka spesifikasinya bisa dibilang sederhana. Dapur pacu utamanya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 439 yang bisa dibilang malah turun kelas jika dibandingkan pendahulunya, Redmi 7, yang menggunakan Snapdragon 632.

  Review Realme 6 Pro: Total 6 Kamera dan Layar 90 Hz

Namun bukan berarti kinerjanya lemah. Smartphone ini tetap terasa gesit saat menjalankan berbagai aplikasi. Kinerjanya saat bermain game pun termasuk baik, selama kamu tidak memainkan game yang membutuhkan spesifikasi terlalu tinggi.

Bodi Gampang Kotor

Walaupun bodinya terlihat keren dan elegan dengan permukaan glossy, namun permukaan glossy-nya juga membuatnya menjadi cepat kotor. Sehingga kamu harus sering-sering membersihkannya agar tetap terlihat cantik.

Untungnya, Xiaomi juga sudah memberikan sebuah soft case untuk melindungi bodinya. Walaupun bodi glossy-nya menjadi sedikit tertutupi, namun lebih baik membuat bodinya lebih tetap bersih, bukan?

Layar Terasa Redup

Xiaomi Redmi 8 ini memiliki layar 6,22 inci dengan resolusi HD+ alias 720 x 1520 piksel. Secara kualitas, layarnya ini sebenarnya tergolong bagus dan nyaman untuk menikmati beragam konten dan juga bermain game.

Redmi 8

Walaupun begitu, saya merasa layarnya ini terasa agak redup. Sehingga, layarnya terasa kurang nyaman saat digunakan di luar ruangan dan harus menggunakan tingkat brightness maksimal untuk mengatasinya.

  Review TP-Link Tapo C200, IP Camera Rumahan untuk Smart Home

Beberapa poin di atas adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan yang saya temui selama saya menggunakan smartphone ini selama kurang lebih tiga bulan.

Untuk mengetahui ulasan yang lebih dalam seperti kinerja, penjelasan fitur, serta hasil kamera dari smartphone ini, kamu bisa melihat ulasannya di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *