Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Docs untuk Android dan iOS

Sebagian besar orang, termasuk saya, mungkin lebih menyukai tampilan mode gelap atau dark mode di smartphone. Selain lebih nyaman di mata saat dilihat dalam berbagai kondisi, dark mode juga bisa membantu menghemat baterai, terutama jika smartphone kamu menggunakan layar AMOLED.

Terkadang, kamu perlu membuka dan membaca sebuah dokumen di smartphone melalui Google Docs. Untuk itu, ada baiknya kamu membuat tampilan aplikasi Google Docs di Android maupun iOS menjadi mode gelap atau dark mode agar lebih nyaman.

Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Docs Android dan iOS

Secara standar, jika smartphone kamu juga memiliki pilihan untuk mengaktifkan mode gelap atau dark mode secara menyeluruh, maka tampilan Google Docs juga secara otomatis akan menjadi gelap juga.

Namun jika smartphone kamu belum mendukung mode gelap atau dark mode, atau kamu hanya ingin tampilan mode gelap di Google Docs saja, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi Google Docs dan pilih menu di pojok kiri atas.
  2. Kemudian pilih Settings.
  3. Piilih Theme, lalu pilih Dark.

  4. Seluruh tampilan Google Docs beserta dokumennya akan menjadi mode gelap. Kamu juga masih tetap dapat melihat dokumen dengan tampilan mode standar dengan mengaktifkan View in light theme di menu kanan atas saat sedang membuka dokumen.

Untuk mengembalikan tampilan Google Docs ke tampilan standar, kamu bisa mengulangi langkah di atas, namun memilih Light. Jika ingin tampilannya mengikuti tema sistem smartphone secara otomatis, kamu bisa memilih System default.

Dengan mengaktifkan dark mode, mata kamu akan lebih nyaman saat harus melihat dokumen dalam kondisi minim cahaya. Selain itu, tampilan mode gelap atau dark mode akan membuat smartphone kamu lebih hemat baterai, terutama smartphone yang layarnya menggunakan panel AMOLED.

Sebab, saat mengaktifkan mode gelap, panel AMOLED akan mematikan sebagian besar piksel yang tidak terpakai dan hanya akan menyalakan piksel yang digunakan untuk menampilkan teks serta menu yang berwarna saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *