Microsoft Windows 365, Gunakan Windows di Perangkat Apapun

Setelah memperkenalkan Windows 11 beberapa waktu lalu, Microsoft kali ini memperkenalkan Windows 365, sebuah sistem operasi berbasis cloud yang bisa diakses dari perangkat mana saja.

Selama ini mungkin kamu menggunakan Windows dari komputer desktop atau laptop yang berbasis Windows saja. Nah, Windows 365 ini bisa diakses dari perangkat apapun, termasuk juga MacBook, iPhone, iPad, dan juga Android.

Belum jelas apakah Windows 365 ini akan tampil sebagai sebuah aplikasi, atau cukup diakses dari browser saja seperti layanan streaming. Walaupun berbasis cloud, namun Windows 365 ini adalah sebuah sistem operasi utuh seperti Windows pada umumnya.

Jadi, bisa saja kamu menjalankan berbagai aplikasi berat seperti Photoshop atau bahkan bermain game di sebuah laptop entry-level atau bahkan smartphone Android. Dan asyiknya, kamu bisa berpindah-pindah perangkat dan dapat tetap mengakses sistem operasinya lengkap dengan seluruh data yang tersimpan dengan kondisi ter-update.

Yang perlu diketahui, Windows 365 adalah sebuah layanan, bukan versi terbaru dari Windows. Saat ini Windows 365 akan menampilkan Windows 10 dan akan di-update menjadi Windows 11 saat sistem operasi tersebut resmi diluncurkan nantinya.

Windows 365 untuk Bisnis

Berdasarkan keterangan resminya, Microsoft menyatakan bahwa Windows 365 ini lebih ditujukan untuk segmen perusahaan atau bisnis. Untuk kalangan tersebut, sistem operasi berbasis cloud ini memang menawarkan berbagai kemudahan.

Misalnya, pengelolaan perangkat serta data menjadi lebih mudah karena seluruhnya tersimpan di cloud. Selain itu, proses update sistem operasi juga bisa dilakukan dengan instan sehingga penggunanya akan selalu mendapatkan versi terbaru saat menggunakannya.

  Xiaomi Redmi Note 5 Resmi Hadir di Indonesia

Untuk perusahaan, Microsoft juga telah menyiapkan fitur Microsoft Endpoint Manager yang bisa digunakan untuk mengelola sistem operasi berbasis cloud, serta melakukan pengaturan secara spesifik untuk setiap perangkat yang akan diberikan kepada masing-masing penggunanya, misalnya spesifikasi serta kelengkapan aplikasi yang terpasang di dalamnya.

Tertarik untuk mencobanya? Windows 365 akan diluncurkan secara resmi pada bulan Agustus 2021. Sistem operasi ini akan menggunakan pola pembayaran berlangganan dengan biaya tergantung dari konfigurasi spesifikasi prosesor, memori, serta penyimpanan yang dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *