Begini Asiknya Libur Lebaran Bersama realme 9

Diluncurkan pertengahan April 2022, realme 9 4G hadir sebagai pelengkap dari lini realme 9 series lainnya yang lebih dulu hadir untuk pasar Indonesia. Bertepatan dengan momen puasa dan lebaran, realme 9 4G bisa jadi pilihan menarik bagi kalian yang ingin memanfaatkan momentum tersebut untuk menangkap berbagai momen liburan, apalagi lebaran tahun ini.

Penamaan seri 4G menegaskan dukungan jaringan yang sudah mumpuni untuk berbagai aktivitas, apalagi bagi kalian yang belum butuh jaringan 5G yang hingga saat ini areanya masih sangat terbatas.

Dan pada libur lebaran kali ini, saya berkesempatan menggunakan realme 9 4G untuk menemani selama perjalanan maupun liburan keluar kota. Dan setelah saya menggunakan selama kurang lebih satu minggu, berikut ulasannya.

Baterai

Mempersiapkan diri untuk perjalanan jauh, hal pertama yang jadi perhatian utama saya adalah baterainya. Saya berharap baterai yang digunakannya mampu menemani hingga sampai ke tempat tujuan tanpa harus direpotkan untuk mencari colokan ataupun menggunakan powerbank. realme 9 4G sendiri memiliki kapasitas baterai 5000 mAh yang cukup besar untuk ukuran smartphone saat ini.

Namun sebelum melakukan perjalanan, saya juga sempat melakukan benchmark untuk mengetahui kisaran daya tahan baterainya. Hal ini untuk berjaga-jaga dan bisa menjadi acuan seberapa lama baterai mampu bertahan. Pengujian saya lakukan dengan menggunakan aplikasi benchmark populer yaitu PCMark for Android dengan skenario Work 3.0 Battery Life.

Berdasarkan aplikasi tersebut, ternyata baterai realme 9 4G mampu bertahan hingga 18 jam 12 menit. Benhcmark ini bekerja dengan mensimulasikan penggunaan sehari-hari dan waktu 18 jam lebih tersebut merupakan salah satu waktu terlama yang pernah saya uji. Dengan modal tersebut, saya pun optimis baterainya akan mampu menemani dalam perjalanan.

Saya memulai perjalan pada waktu dini hari sekitar pukul 02:30 WIB dan kondisi baterai penuh 100%. Dalam perjalanan, aktivitas yang saya lakukan adalah menonton Youtube dan mendengar Spotify yang cukup intense, sambil foto-foto dan melakukan browsing atau membaca kanal berita.

Hal ini dilakukan sambil sesekali beristirahat agar kondisi badan tetap terjaga. Oiya, akses internet ini saya menggunakan salah satu operator yang memiliki coverage area yang cukup baik selama perjalanan.

Perjalanan saya berakhir pada waktu malam sekitar pukul 17:15 WIB dengan kondisi baterai di kisaran 14%. Artinya dalam kondisi akses internet dengan aktivitas yang disebut tadi, dalam waktu kira-kira hampir 15 jam baterainya berkurang hingga 86%. Ini merupakan waktu yang cukup tangguh menurut saya.

Selanjutnya saya pun langsung mengisi baterai menggunakan charger bawaan yang mendukung pengisian cepat 33W Dart Charge. Dari kondisi tersebut berdasarkan pantauan, baterai terisi hingga 100% dalam waktu satu jam 5 menit. Waktu ini cukup cepat sehingga saya bisa langsung melanjutkan aktivitas tanpa harus menunggu mengisi baterai saat waktu tidur.

Oiya karena saya bukan tergolong gamer, selama perjalanan tidak pernah sekalipun memainkan game. Namun untuk mengetahui daya tahan saat digunakan bermain game, saya coba memainkan PUBG Mobile selama 30 menit. Dan hasilnya, baterai dari kondisi 47% berkurang menjadi 42% yang artinya hanya terjadi penurunan sekitar 5% saja.

Kamera

Selain bahasan daya tahan baterai yang mantap, tentunya saat liburan akan terasa tidak lengkap tanpa mengabdikan momen-momen selama perjalanan liburan. Secara spesifikasi, realme dipersenjatai dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera super-wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Kamera utama 108 MP memang jadi salah satu jualan dari realme 9 4G yang akan menghasilkan foto dengan ukuran besar sehingga tidak akan pecah ketika di-zoom atau ketika di crop.

  Review Asus Zenfone Max Pro M1: Pilihan Terbaik untuk Kelas Dua Jutaan

realme sendiri mengklaim bahwa realme 9 4G merupakan smartphone pertama yang membawa 108MP ProLight Camera dengan sensor Samsung ISOCELL HM6 di harga Rp 2 jutaan. Performa sensor ini makin moncer karena dilengkapi dengan kehadiran Nonapixel Plus Technology.

Kombinasi kedua akan menggabungkan 9 piksel menjadi satu guna menghasilkan sensitivitas cahaya low-dark light dan fitur noise control capability tingkat tinggi untuk hasil foto cerah di situasi rendah cahaya.

Selain punya spesifikasi kamera mumpuni, aplikasi kameranya juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Terdapat beberapa pilihan, selain pilihan 108 MP juga terdapat mode Pro, Ultra Macro, Night, Street, dan Panorama.

Khusus mode Pro, saya bisa mengatur secara manual pada ISO, Shutter Speed, Exposure Value, Focus, dan White Balance. Ini memungkinkan saya untuk mengeksplorasi lebih jauh kemampuan kameranya guna mendapatkan hasil foto sekreatif mungkin, sesuai dengan kondisi yang ada.

Untuk kebutuhan perekaman video juga sudah mumpuni karena kamera depan dan belakangnya mendukung hingga resolusi 1080p@30fps.

Selain hasil bidikan saya sendiri, kalian juga bisa mencari tagar #Shotonrealme di Instagram yang berisi beragam foto menarik hasil tangkapan kamera smartphone realme lainnya.

realme 9 (9)

realme 9 (1)

realme 9 (8)

realme 9 (2)

realme 9 (7)

realme 9 (4)

realme 9 (3)

realme 9 (5)

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman sekitar seminggu menggunakan realme 9 4G, hasilnya cukup memuaskan dan sesuai dengan ekspektasi saya. Untuk menemani perjalanan panjang, realme 9 4G bisa diandalkan, baik dari sisi baterai maupun kemampuan kameranya yang mumpuni.

Selain dua hal tersebut, performa juga jadi keunggulan lain untuk smartphone kelas menengah. Untuk menopang performa digunakan prosesor Snapdragon 680 yang memiliki arsitektur 6nm dengan frekuensi CPU 2,4 GHz, realme 9 menghadirkan performa cepat dengan efisiensi thermal yang optimal.

Tidak ketinggalan fitur yang sering hadir di kelas menengah yaitu teknologi Dynamic RAM Expansion yang memungkinkan kapasitas RAM bertambah secara virtual hingga 5 GB. Hal ini dilakukan agar performa makin mulus terutama saat multitasking.

Kenyamanan juga didapat berkat layar 6,4 inci yang dilengkapi 90Hz Super AMOLED Display dengan tingkat kecerahan tertinggi 1000nits dan dilapisi dengan Gorilla Glass 5. Berkat layar AMOLED yang dibawanya, sensor sidik jari realme 9 4G dapat dibenamkan dalam layar. Tidak hanya itu, menariknya lagi sensor ini juga berfungsi sebagai monitor detak jantung.

realme 9 4G hadir dengan varian 6GB+128GB dengan harga khusus Rp2.999.000 yang tersedia di realme Official Store Tokopedia, realme.com dan Erafone. Sementara itu untuk varian 8GB+128GB hadir secara eksklusif di realme Brand Store dan Erafone Stores dengan harga khusus Rp3.599.000. realme 9 4G tersedia dalam tiga pilihan warna Stargaze White, Meteor Black, dan Sunburst Gold.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *