Review realme C25Y: Entry Level dengan Kamera 50MP dan Baterai Besar

Setelah sebelumnya hadir seri C25 dan C25s, realme kembali menghadirkan seri realme C25Y. Dari penamaan serinya terlihat bahwa C25Y membawa DNA smartphone entry level namun dengan beberapa spesifikasi dan fitur berbeda. Seperti apa dan berapa harganya? Simak review kami berikut ini.

UNBOX REALME C25Y

Berbeda dengan seri narzo yang bernuansa biru muda, seri C masih menggunakan kemasan dengan dominasi warna kuning, sama dengan seri angka. Sementara di bagian depan kemasan tertera seri dalam font besar serta tulisan realme dengan ukuran lebih kecil di bagian bawah.

Di dalam kemasan terdapat unit smartphone, adaptor 18W, kabel micro USB, SIM ejector, panduan cepat, dan kartu garansi. Dan realme tidak menyertakan jelly case, earphone atau headset.

DESAIN REALME C25Y

Realme C25Y punya desain unik. realme memang selalu menampilkan ciri khas pada varian smartphonenya sebagai pembeda. Kali ini cover belakangnya hadir dengan tampilan yang memvisualisasikan estetika abstrak garis. Dan menghadirkan susunan garis serta permukaan bertekstur dengan metode desain.

Saat diraba, terasa kesat dan asiknya tidak mudah kotor oleh sidik jari atau tangan. Berbeda dengan lapisan glossy yang lebih rentan akan hal itu. Bahkan Anda tidak harus menggunakan case tambahan sehingga tampilannya tetap terlihat tanpa kuatir kotor.

realme C25Y sendiri tersedia dalam 2 warna yang disebut dengan Glacier Blue dan Metal Grey. Dan unit yang kami coba memiliki pilihan warna pertama.

Pada bagian belakang ini, realme menampatkan frame kamera berbentuk kotak di sisi kiri atas. Disini terdapat empat bulatan yang terdiri dari 3 kamera dan 1 lampu kilat. Untuk sensor fingerprintnya diletakkany di bagian tengah dengan bentuk bulatan kecil seukuran jari.

Sementara pada bagian sisi-sisisnya, di terdapat tombol Volume dan Power. Pada sisi kiri terdapat tray yang menyediakan kompartemen untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, lubang mikrofon, port USB type-C. Sementara lubang speakernya ada di bagian belakang bawah. Kami suka karena ini menghindari speaker tertutup jari, utamanya saat main game. Speaker ini bersifat mono.

Layar realme C25Y punya ukuran 6,5 inci menggunakan panel IPS. Desainnya mengusung konsep layar penuh mini-drop klasik khas realme dengan rasio layar-ke-bodi setinggi 88,7%. Untuk dimensinya, realme C25Y agak berat. Bobotnya 200 gram dan punya ketebalan 9,1 mm.

SPESIFIKASI REALME C25Y

Bidik entry level, realme C25Y menggunakan system on chip (SoC) dari Unisoc T610. Chip ini dibuat menggunakan proses 12nm dengan dua Cortex-A75 hingga 1,8GHz dan enam Cortex-A55 hingga 1,8GHz. Sedangkan GPU-nya menggunakan Mali-G52. Realme C25Y hadir dalam satu varian kapasitas memori. RAM-nya sebesar 4 GB dan ROM-nya sebesar 64 GB.

Disektor kamera, bagian belakang ada tiga. Dan realme mengunggulkan resolusi kamera utamanya yang cukup tinggi yaitu 50 MP. Ini menjadikannya sebagai seri C dengan resolusi kamera tertinggi saat ini yang mampu menangkap gambar hingga resolusi 8160×6144 piksel.

Sedangkan dua lainnya terdiri dari 2 MP (macro) dan 2 MP (B&W). Dukungan resolusi videonya sendiri mencapai 1080p@30fps. Untuk kamera selfie-nya punya resolusi 8 MP serta bisa merekam video hingga 720p@30fps.

Untuk lebih lengkapnya, berikut spesifikasi lainnya:

System-on-Chip Unisoc T610 (12 nm) Octa-core
RAM 4 GB
Memori Penyimpanan 64 GB + slot microSD hingga 256 GB
Layar 6,5 inci IPS 1.600 x 720 pixels, rasio layar 88,7%, kecerahan 420nits
Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (B&W)
Kamera Depan 8 MP (wide)
Video Hingga 1080p @30 fps
Konektivitas micro USB, Bluetooth 5.0, WiFi 2,4G
Sistem Operasi Android 11 (realme UI)
Baterai 5.000 mAh
Dimensi Dimensi
Berat 200 gram

 

KAMERA REALME 8

Kamera utama 50MP memang jadi unggulan. Namun pilihan ini mesti diaktifkan secara manual. Secara default, kamera utamanya akan bekerja pada resolsui 9MP. Jika Anda hanya sekedar ingin menampilkannya pada layar smartphone, pilihan ini sudah cukup bagus. Resolusi tinggi memang lebih dibutuhkan saat hendak dicetak ataupun ditampilkan pada layar yang lebih besar.

Sebagai pembanding, hasil foto pada resolusi default (9MP) memiliki ukuran file sekitar 2 MB dan foto 50MP punya ukuran file 12 MB. Jadi kalau Anda terlalu sering foto dengan resolusi 50MP, pastikan ruang penyimpanannya cukup.

Menu pada aplikasi kameranya terbilang standar. Anda akan menjumpai pilihan seperti Capture/Photo, Video, Portrait, dan pilihan lain pad amenu More. Disini terdapat pilihan Burst, Filter, Time Lapse, Pro, Panorama, 50MP, Macro, dan Night Pro. Mode Pro menampilkan pilihan lengkap, mulai dari Exposure Value, Shutter Speed, Autofocus, ISO, dan White Balance. Jadi bisa berkesperimen lebih luas lagi dalam menghasilkan foto di kondisi yang berbeda.

  Review Samsung Galaxy Note 9: Smartphone Flagship Untuk Kaum Produktif

Untuk perekaman video, kamera depannya bisa hingga resolusi 1080p@30fps, sementara kamera selfie hanya sampai pilihan 720p@30fps.

Sayangnya kami tidak menjumpai pilihan Slow Motion. Dan saat kami coba, kami juga tidak menemukan pengaturan efek bokeh secara manual pada mode kamera depan. Efek bokeh ini hanya ada pada kamera utama.

Berikut beberapa contoh hasil jepretan dari realme C25Y:

Kamera utama
Kamera utama
Kamera depan
Kamera macro

KINERJA REALME C25Y

Sebagai smartphone entry level, digunakannya SoC Unisoc T610 ternyata tidak bisa dianggap remeh. Dengan kombinasi RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB, smartphone berjalan mulus saat dioperasikan. Dengan sistem operasi Android 11 berbasis realme UI, segala aktivitas seperti perpindahan antar jendela, maupun berganti aplikasi, semua bisa dilakukan dan lancar tanpa lag.

Sementara untuk aktivitas seperti gaming juga masih bisa diandalkan. Contohnya saja pada PUBG Mobile. Kami menjalankan game ini dengan pengaturan detail grafis secara default. Hasilnya, game cukup nyaman. Jika Anda menaikkan detail grafis lebih tinggi, penurunan fps memang sedikit terasa namun masih dalam kondisi playable. Karena tidak ditujukan untuk gaming, realme C25Y ini tidak menyediakan fitur untuk itu. Misalnya fitur Game Space yang absen pada seri ini.

Pengujian lainnya juga kami lakukan dengan menjalankan benchmark sintetis populer seperti Antutu Benchmark v9.1.7. Saat menjalankan Antutu, terpantau suhu yang meningkat sekitar 2,2 derajat celcius. Tentu saja hal ini bisa dibilang cukup adem. Sedangkan benchmark lain yang dijalankan adalah GeekBench 5, serta PCMark for Android. Dan untuk hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

BATERAI REALME C25Y

Berbekal baterai dengan kapasitas 5000 mAh, pengujian kami menggunakan PCMark for Android dengan skenario battery life. Disini baterai mampu bertahan hingga 13 jam 20 menit. Pengujian ini sendiri mensimulasikan penggunaan keseharian dengan menjalankan aplikasi berbasis produktivitas yang cukup standar.

Tidak ketinggalan, kami coba menjalankan game yang diwakili PUBG Mobile untuk melihat konsumsi daya secara real-time. Selama kurun waktu 30 menit, kondisi baterai dari 44% berkurang menjadi 37%. Artinya konsumsi daya saat bermain game tersebut turun hingga 7%.

Kami juga menjalankan beberapa video dari Youtube selama sekitar 30 menit dan baterai hanya berkurang sekitar 3% saja.

Karena masih menggunakan port micro USB, realme C25Y hanya mendukung pengisian cepat 18 watt. Saat pengujian, kami mengisi baterai dalam kondisi 12% hingga 100% dengan waktu sekitar 2 jam 6 menit.

KESIMPULAN

Buat Anda yang mencari smartphone harga 2 juta, bisa mempertimbangkan realme C25Y. Kenapa? Realme C25Ypunya performa yang asik untuk harga segitu. Dengan spesifikasi yang kami sebutkan diatas, realme C25Y mumpuni untuk segala aktivitas di kelasnya. Scroling menu, cek medsos, nonton streaming, sampai main game, realme C25Y masih terbilang nyaman dan tidak ada lag.

Hal lain yang cukup menarik adalah resolusi kamera utamanya 50MP jadi resolusi paling tinggi dan yang pertama di antara seri C. Ini tentu tidak main-main dan bisa Anda manfaatkan ketika ingin mencetak hasil foto dalam ukuran besar.

Kekurangan yang ada pada realme C25Y pun dimaklumi mengingat segmen entry level yang tentu saja lebih minim fitur. Misalnya kemampuan foto malam yang biasa saja. Foto selfie yang tidak menyediakan pengaturan bokeh secara manual. Masih menggunakan port micro USB, atau absennya NFC.

Dengan banderol harga Rp1.999.000, realme C25Y jadi pilihan menarik di segmen entry level.

realme C25Y

Rp1.999.000
7.5

Rating

7.5/10

Plus

  • Performa baik
  • Kamera 50MP
  • Desain unik
  • Ada sensor fingerprint
  • Baterai besar

Minus

  • Kualitas mode malam kamera yang standar
  • Kamera selfie tanpa pengaturan efek bokeh
  • Tanpa NFC
  • Menggunakan port microSD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *