Review realme 8: Fitur Kamera-nya Makin Menarik

Realme Indonesia secara resmi meluncurkan dua seri smartphone terbarunya yaitu realme 8 dan realme 8 Pro. Kehadiran kedua seri ini diposisikan sebagai smartphone dengan desain stylish yang memiliki performa terbaik di kelas menengah.

Dan kali ini kami berkesempatan menguji salah satu seri tersebut yaitu realme 8 (non-Pro). Sesuai dengan penamaan serinya, realme 8 hadir sebagai suksesor dari seri sebelumnya yaitu realme 7. Sebagai seri yang lebih baru, tentu kamu penasaran apa saja hal baru atau peningkatan yang hadir di seri ini.

UNBOX REALME 8

Kotak penjualan realme 8 masih memilki tema dan warna yang sama dengan seri-seri sebelumnya yaitu dominasi warna kuning polos di seluruh bodi kotak dengan hanya menyematkan nama seri-nya. Di dalamnya terdapat unit smartphone, adaptor 30W Dart Charger, kabel USB type-C Dart, jelly case transparan, SIM ejector, panduan cepat, dan kartu garansi. Dan realme tidak menyertakan earphone atau headset.

DESAIN REALME 8

realme 8 menggunakan desain yang disebut dengan Infinite Bold Design. Hadir dengan dua varian warna Cyber Silver dan Cyber Black, inspirasi Infinite Bold Design pada realme 8 adalah futuristik sci-fi dari dunia siber di-split menjadi dua bagian.

Dua bagian di-split ini, memiliki motif berbeda dimana satu sisi memiliki lapisan lebih halus dibanding sisi lainnya. Di sisi kanan terdapat garis dengan tulisan DARE TO LEAP yang yang menegaskan jati dirinya. Bagian belakang ini juga terdapat empat kamera yang ditempatkan dalam satu frame agak menonjol. Di bawah kamera terdapat lampu kilat serta tulisan 64MP Quad Camera.

Untuk sisi-sisinya, pada bagian kanan terdapat tombol Volume dan Power. Pada sisi kiri terdapat tray yang menyediakan kompartemen untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, lubang mikrofon, port USB type-C, dan lubang speaker.

Pada bagian depan, layarnya menggunakan desain layar punch hole dengan posisi ada di pojok kiri atas. Punch hole-ini merupakan kamera selfie dengan resolusi 16 MP. Untuk dimensinya, realme 8 mengusung konsep ramping dan ringan yang menjadi fitur penting bagi desain smartphone realme di masa depan. Dengan bobot 177 gram, ketebalannya kurang dari 8 mm.

SPESIFIKASI REALME 8

Sebagai smartphone kelas menengah, maka realme 8 dibekali dengan spesifikasi sebagai berikut:

Chip Mediatek Helio G95 (12 nm) Octa-core
RAM 8 GB LPDDR4x dual-channel
Memori Penyimpanan 128 GB + slot microSD hingga 256 GB
Layar 6,4 inci Super AMOLED 1.080 x 2.400 pixels, touch sampling 180Hz
Kamera Belakang 64 MP, f/1.79 (wide), 8 MP 119 derajat (ultra wide), 2 MP (macro), 2 MP (B&W)
Kamera Depan 16 MP, f/2.5 (wide)
Video Hingga 4K @30 fps
Konektivitas USB 2.0 Type-C, Bluetooth 5.1, WiFi 802.11a/b/g/n/ac, GPS
Sistem Operasi Android 11 (realme UI v2.0)
Baterai 5.000 mAh
Dimensi 160,6 x 73,9 x 8 mm
Berat 177 gram

 

realme 8 menggunakan system on chip (SoC) dari Mediatek yaitu Helio G95. Chip ini dibuat menggunakan proses 12nm dengan dua Cortex-A76s hingga 2.05GHz dan enam Cortex-A55s hingga 2GHz. Sementara untuk GPU-nya menggunakan Mali-G76 MC4 dengan frekuensi clock 900MHz.

Realme 8 hadir dalam satu varian kapasitas memori. RAM-nya sebesar 8 GB dan ROM-nya sebesar 128 GB. Dengan kombinasi CPU, GPU, RAM, dan teknologi AI, realme 8 menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pecinta mobile game.

Punya empat kamera belakang masing-masing punya resolusi 64MP (wide), 8MP (ultra wide), 2MP (macro), dan 2MP (B&W). Dukungan resolusi videonya sendiri mencapai 4K @30fps. Begitu pula dengan kamera selfie yang punya resolusi 16MP.

Layar realme 8 punya ukuran 6,4 inci menggunakan Super AMOLED. Dibandingkan layar LCD, layar Super AMOLED dapat mereproduksi warna lebih baik, kontras lebih tinggi, dan tampilan lebih realistis. Layarnya dilengkapi dengan fitur Always-on Display dan juga sensor sidik jari.

Untuk kenyamanan, layarnya punya touch sampling 180Hz untuk daya tanggap yang lebih baik saat bermain game. realme 8 juga menyertakan mode sinar matahari hingga 1000nits untuk memastikan layar terlihat bahkan di bawah kondisi sinar matahari yang keras. Layar ini juga mendukung fungsi Peredupan seperti DC dan Mode Pelindung Mata, yang secara efektif mengurangi kelelahan mata.

Untuk baterai, kapasitasnya yaitu 5000 mAh, termasuk dukungan pengisian baterai cepat 30 watt dart charge. Daya tarik tambahan lainnya adalah hadirnya NFC dan menggunakan sistem operasi terbaru Android 11 yang dibalut dengan antarmuka realme UI v2.0.

KAMERA REALME 8

Mengusung jargon Infinite Clarity Camera, kamera utama realme 8 punya fitur menarik diantaranya Mode Tilt-shift, Mode Starry, Neon Portrait, Dyamic Bokeh, AI Color Portrait, dan Dual-view Video. Mode-mode ini memberikan pilihan agar pengguna bisa berkesperimen lebih luas lagi dalam menghasilkan foto yang lebih unik.

Mode Tilt-shift mirip dengan efek bokeh yang akan menambahkan efek pengaburan (bokeh) di sekitar fokus utama di bagian tengah. Kamu bisa memilih efek pengaburan di sekitar fokus utama dalam pilihan bulat atau kotak. Pada pengaturan yang tepat, efek ini cocok digunakan untuk menangkap gambar lanskap untuk mendapatkan hasil yang unik dan menarik.

Untuk menangkap gambar langit di malam hari dengan tampilan dramatis, realme menyediakan pilihan Mode Starry. Saat menekan shutter, sensor kamera akan bekerja dengan proses dalam waktu 4 menit. Oleh karena itu dibutuhkan tripod saat menggunakan mode ini agar gambar stabil. Setelah selesai, foto langit di malam hari akan terlihat lebih indah. Beruntung jika kamu berhasil menangkap bintang-bintang yang akan menambah keren hasil foto.

  Review Kamera Huawei Mate 20, Tiga Kamera Belakang dengan AI

realme menyertakan fitur Neon Portrait untuk memberi efek blur pada cahaya di sekitar sehingga cocok untuk foto di malam hari. Sementara AI Color Portrait akan memberikan foto dimana obyek akan diberi warna dan latar belakang menjadi hitam putih. Algoritma dari fitur ini adalah mendeteksi wajah obyek terlebih dahulu sebelum mengubah warna dan latar. Jika wajah tidak terdeteksi, maka hasilnya hanya akan berupa hitam putih saja.

Dan fitur baru lain yang hadir adalah Dual-view Video. Jadi fitur ini memungkinkan kamu untuk merekam video memanfaatkan kamera belakang dan depan secara bersamaan dan direkam dalam satu layar. Frame-nya tersedia dalam dua pilihan, split, round, dan rectangle.

Selain pilihan mode tersebut, pilihan lainnya terdiri dari mode Pro untuk pengaturan kamera secara manual, video mode slo-mo dan time-lapse, fitur stabilitasi video fitur Ultra Steady untuk menimalisir guncangan agar hasil video lebih stabil.

Berikut beberapa contoh hasil jepretan dari realme 8:

Mode Bokeh
Mode Neon Portrait
Mode Dynamic Bokeh
Mode AI Color Portrait
Mode Tilt-shift
Mode Starry
Mode Dual-view Video

KINERJA REALME 8

Mediatek Helio G95 merupakan SoC gaming kelas menengah yang mumpuni untuk menjalankan game-game kekinian, seperti PUBG Mobile, COD Mobile, sampai Genshin Impact. Sebagai pendukung, realme 8 dilengkapi dengan Sistem Pendingin Cairan Tembaga atau disebut dengan Copper Liquid Cooling System. Dibandingkan dengan Sistem Pendingin Serat Karbon generasi sebelumnya, efisiensi pendinginan meningkat 14,4%, sehingga kinerja smartphone tetap cepat dengan suhu terjaga.

Untuk keseimbangan antara performa dan baterai, realme menyediakan fitur Game Space. Fitur ini akan memberikan pilihan untuk menjalankan game atau aplikasi yang menggunakan GPU dalam pilihan Low Power Mode, Balanced Mode, dan Pro Gamer Mode.

Kami sendiri lebih suka menggunakan Balanced Mode mengingat performanya sudah mumpuni untuk game yang biasa kami mainkan. Apalagi saat kami menguji menggunakan 3Dmark – Slingshot, peningkatan performa saat menggunakan Balanced Mode dan Pro Gamer Mode, tidak terlalu signifikan.

Saat mengaktifkan Pro Gamer Mode pada pengujian menggunakan 3DMark Sling Shot mendapat skor 2404, sementara pada Balanced Mode mendapat skor 2337. Tidak terlalu signifikan namun konsumsi daya baterai jadi lebih boros. Jadi sebaiknya gunakan saja Balanced Mode ini ketika bermain game, suhu pun jadi lebih adem.

BATERAI REALME 8

Berbekal baterai dengan kapasitas 500 mAh, pengujian kami menggunakan PCMark for Android dengan skenario battery life, baterai mampu bertahan hingga 14 jam 32 menit. Pengujian ini mensimulasikan penggunaan keseharian yang terbilang standar.

Kami sendiri mencoba memainkan game PUBG Mobile dalam waktu 30 menit. Baterainya pun dari konddisi 94% turun menjadi 88%. Artinya daya baterai berukurang sekitar 6% saja saat menjalankan aktivitas yang lebih berat.

Dengan dukungan fast charging 30 watt Dart Charge, kamu bisa mengisi baterai dari kondisi kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 65 sampai 70 menit atau sekitar satu jam lebih sedikit. Pastikan untuk melakukan pengisian baterai menggunakan adapter dan kabel bawaan agar kemampuannya berjalan maksimal.

KESIMPULAN

Punya slogan Capture Infinity, realme 8 membawa trendsetting technology terbaru melalui kemampuan kamera dengan fitur unggulan untuk menghasilkan foto kreatif dan unik. Punya desain menarik dan beda, realme 8 juga menghadirkan lebih berani, fresh, unik dan dimensi lebih tipis.

Ditambah dengan performa kelas menengah yang mumpuni, realme 8 mampu menjalankan aktivitas modern dengan lebih lancar dan mulus. Secara umum, realme 8 menawarkan desain kekinian, performa gaming yang bagus, kamera dengan pilihan mode yang lebih beragam, daya tahan baterai yang lebih besar, serta tidak ketinggalan hadirnya NFC.

Dengan banderol harga Rp 3.599.000, realme 8 menawarkan harga terbaik dengan spesifikasi serta fitur unggulannya. Apalagi pada program flash sale, harganya dibanderol menjadi Rp 3.399.000 yang tentu saja bikin makin menarik.

realme 8

Rp3.599.000
8

Rating

8.0/10

Plus

  • Desain unik
  • Performa mumpuni Mediatek Helio G95
  • Layar Super AMOLED
  • Fitur Kamera Lebih Beragam dan Menarik
  • Baterai 5000 mAh dengan fitur fast charging 30 watt
  • NFC dan Sensor Fingerprint
  • Harga kompetitif

Minus

  • Masih banyak bloatware
  • Bodi belakang gampang kotor oleh tangan atau jari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *