Review Realme C31: 1 Jutaan Berdesain Keren dan Baterai Besar

Pertama kali meluncur melalui seri C1, lini smartphone Realme seri C selalu menawarkan daya tarik tersendiri di segmen entry-level. Dan tradisi tersebut sepertinya dilanjutkan kembali di Realme C31 ini yang menawarkan spesifikasi sertai fitur yang cukup menarik dengan harga satu jutaan.

Desain

Berada di segmen entry-level tidak membuat smartphone ini punya desain yang seadanya. Malah, smartphone ini bisa dibilang punya desain yang cukup menarik dan elegan.

Realme menyebut bahwa C31 ini memiliki desain “Dynamic Texture Design”. Memang, bagian belakangnya memiliki tekstur kasar dengan pola bergaris yang membuatnya juga tidak mudah terasa licin saat digenggam.

Bagian belakangnya menggunakan bahan plastik, namun terasa cukup solid saat dipegang. Apalagi bodinya juga terbilang sangat ramping dengan ketebalan hanya 8,4mm saja.

Di sebelah kanan terdapat tombol power yang juga merangkap fungsi sebagai fingerprint scanner. Sementara di sebelah kirinya terdapat tombol volume.

Tombol volumenya diposisikan dengan strategis sehingga mudah diakses meskipun bodi smartphone ini cukup besar.

Nah, satu hal yang cukup disayangkan adalah keputusan Realme untuk masih menggunakan konektor micro USB di smartphone ini. Padahal, sudah cukup banyak smartphone entry-level yang sudah menggunakan port USB Type-C.

Spesifikasi Realme C31

Realme C31 ini diposisikan sebagai sebuah smartphone entry-level. Spesifikasi utamanya adalah chipset Unisoc Tiger T612 yang dikombinasikan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

Namun, ada juga varian dengan RAM 3 GB dengan penyimpanan 32 GB yang dijual dengan harga yang lebih murah.
Spesifikasi lengkap Realme C31 bisa kamu lihat di tabel berikut ini.

Realme C31
Chip Unisoc Tiger T612
RAM 4 GB
Memori Penyimpanan 64 GB + slot microSD hingga 1 TB
Layar IPS LCD 6,5 inci 720 x 1600
Kamera Belakang 13 mega piksel f/2.2 (kamera utama)
2 mega piksel (macro)
0,3 mega piksel (depth sensor)
Kamera Depan 5 mega piksel
Video Hingga 1080p 30 fps
Konektivitas USB 2.0 Type-C, Bluetooth, WiFi 802.11a/b/g/n, GPS
Baterai 5.000 mAh
Dimensi 164,7 x 76,2 x 8,4mm
Berat 197 gram

Seperti yang bisa kamu lihat, smartphone ini punya spesifikasi yang cukup mumpuni untuk sebuah smartphone entry-level. Baterainya yang sebesar 5.000 mAh juga menjadi nilai tambah tersendiri untuk umur pemakaian yang lebih panjang.

Fitur

Realme C31 mengusung sistem operasi Android 11 yang dikemas dengan interface Realme UI R Edition. Bedanya dengan Realme UI standar adalah, Realme UI R Edition punya tampilan yang lebih sederhana dan juga lebih ringan.

Karena itu, terdapat sejumlah perbedaan juga dari fitur serta aplikasi yang tersedia. Beberapa aplikasi seperti File Manager dan Gallery digantikan dengan aplikasi standar dari Google.

Selain itu, Realme C31 punya layar berdiagonal 6,5 inci. Resolusinya standar saja, 720 x 1600 piksel yang cukup lumayan untuk menikmati konten atau bermain game. Lalu masih ada juga port audio untuk headset kabel.

Oh ya, smartphone ini juga diklaim sudah mengantongi sertifikasi dari TUV Rheinland. Artinya, Realme C31 cukup bisa diandalkan dalam berbagai kondisi. Walaupun tetap saja kamu mesti berhati-hati karena perangkat ini belum mengantongi sertifikasi IP67 atau IP68.

Kamera Realme C31

Konfigurasi kamera Realme C31 terdiri dari kamera utama dengan resolusi 13 mega piksel, kamera macro 2 mega piksel, dan kamera B&W 0,3 mega piksel. Tidak ada lensa wide atau tele sehingga kamu hanya bisa mengandalkan digital zoom untuk memperbesar gambar.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 mega piksel.

Fitur kamera di smartphone ini terbilang cukup lengkap. Selain filter warna-warni yang bisa kamu pilih dan juga burst mode, terdapat juga fitur Pro yang memungkinkan kamu melakukan pengaturan lebih lengkap.

Sayangnya fitur Pro atau mode manual ini hanya mendukung shutter speed paling lambat hanya sampai 1/5 detik saja. Jadi kamu tidak bisa mengambil gambar dengan kecepatan super rendah.

Selain itu ada juga fitur Night Pro atau night mode yang cukup membingungkan karena tidak memiliki pengaturan apapun.

Hasil foto dari Realme C31 ini bisa dibilang cukup lumayan, terutama di kondisi cahaya cukup. Ketika memasuki kondisi minim cahaya, kualitasnya menurun cukup signifikan.

Mengaktifkan fitur Night Pro bisa cukup membantu walaupun terkadang warna yang dihasilkan agak meleset, dan kamu harus memegang smartphone ini dengan stabil saat memotret karena lensanya tidak dilengkapi dengan OIS.

Beberapa contoh hasil foto dari Realme C31 bisa kamu lihat berikut ini.

Kinerja Realme C31

Ditenagai dengan chipset entry-level Unisoc Tiger T612, unit Realme C31 yang saya uji kali ini merupakan varian dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Soal kinerjanya saat digunakan sehari-hari, smartphone ini bisa dibilang cukup responsif.

Responsivitasnya didapatkan dari penggunaan interface Realme UI R Edition yang lebih ringan sehingga tidak terlalu membebani sistem. Walaupun begitu, tetap saja saya mengalami sedikit jeda di beberapa titik.

Untuk kebutuhan sehari-hari seperti menelepon, berkirim pesan, media sosial, dan game ringan, Realme C31 ini sangat bisa diandalkan. Apalagi smartphone ini juga punya baterai sebesar 5.000 mAh yang membuatnya sanggup untuk bertahan seharian menemani kamu beraktivitas.

Kesimpulan

Dengan harga Rp1.799.000 untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB, dan Rp1.599.000 untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB, Realme C31 ini sangat menarik untuk dipilih.

Jika kamu mencari sebuah smartphone murah untuk menemani kamu bekerja sehari-hari, dan lebih mementingkan bodi yang ringkas namun tetap tangguh, serta daya tahan baterai yang baik, smartphone ini bisa dibilang sangat cocok.

Atau jika misalnya kamu saat ini sudah menggunakan sebuah smartphone entry-level yang dibeli sekitar 2-3 tahun lalu, Realme C31 ini bisa jadi pilihan yang menarik untuk menggantikan smartphone lama kamu.

Secara keseluruhan, Realme C31 menawarkan desain yang menarik, spesifikasi yang cukup mumpuni di kelasnya, serta posisi harga yang sangat menarik.

Rating
7/10

Realme C31

Rp1.799.000
7

Rating

7.0/10

Plus

  • Harga terjangkau
  • Desain bodi keren
  • Baterai besar
  • Realme UI R Edition ringan dan responsif

Minus

  • Kamera biasa saja
  • Port masih micro USB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *