Review realme 7: Harga Empat Juta dengan Mediatek Helio G95 Pertama di Dunia

Realme cukup gencar meluncurkan berbagai suksesor dari seri-seri sebelumnya. Misalnya saja, realme C17 yang merupakan pembaruan dari realme C11, realme C12, dan realme C15. Begitu pula dengan realme 7 yang merupakan pembaruan dari realme 6. Sebagai seri penerus, pasti hal jadi pertanyaan adalah apa saja yang berubah dibanding sebelumnya. Untuk itu mari kita simak review berikut ini.

DESAIN REALME 7

Kotak penjualan realme 7 masih memilki tema dan warna yang sama dengan seri-seri sebelumnya yaitu dominasi warna kuning polos di seluruh bodi kotak dengan hanya menyematkan nama seri-nya. Di dalamnya terdapat unit smartphone, adaptor 30W Dart Charger, kabel USB type-C Dart, jelly case transparan, SIM ejector, panduan cepat, kartu garansi dan kartu sertifikasi TÜV Rheinland Quality Reliability, dan tidak terdapat earphone atau headset.

Unit realme 7 hadir dalam dua pilihan warna yaitu Mist White dan Mist Blue, sedangkan yang kami terima adalah warna Mist White atau putih kabut. Bagian belakang ini memiliki bodi plastik dengan lapisan licin tapi bukan glossy seperti pada realme 6. Dan lapisan kesat ini tidak terlalu mudah kotor oleh bercak jari dibanding lapisan glossy. Lapisan ini memiliki dua motif berbeda dimana satu sisi memiliki lapisan lebih halus dibanding sisi lainnya. Terdapat tulisan realme di sisi agak ke bawah yang menegaskan jati dirinya.

Bagian belakang terdapat empat kamera yang ditempatkan dalam satu frame dengan posisi vertikal. Frame tersebut berbentuk agak menonjol yang didalamnya terdapat empat kamera yang tersusun berurutan mulai dari paling atas dengan resolusi 64 MP, 8 MP, 2 MP, dan 2 MP. Di sebelahnya disematkan satu lampu kilat serta tulisan 64MP Camera.

Untuk sisi-sisinya, pada bagian kanan terdapat tombol fisik berbentuk agak cekung. Tombol ini memiliki fungsi sebagai tombol Power dan juga sensor fingerprint. Posisi sensor ini membuatnya enak digunakan dengan satu tangan. Jika menggunakan tangan kiri maka jari telunjuk dan jari tengan akan mudah menggapainya. Dan jika menggenggam dengan tangan kanan maka posisi ibu jari yang akan pas dengan posisi sensor.

Pada sisi kiri terdapat tray yang menyediakan kompartemen untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Dan di bawahnya terdapat tombol fisik Volume Up dan Volume Down. Sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, lubang mikrofon, port USB type-C, dan lubang speaker, sedangkan sisi atas polos tanpa ada apapun.

Layarnya masih mengandalkan ukuran 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 pixels serta rasio aspek 20:9. Untuk ketahanan juga sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 3. Untuk refresh rate-nya memiliki pilihan hingga 90 Hz sehingga membuat segala pergerakan jadi makin mulus. Meski layarnya sudah terlindung dengan Gorilla Glass 3, tetapi realme tetap memberikan pelindung tambahan berupa lapisan screen protector.

SPESIFIKASI REALME 7

Sebagai smartphone kelas menengah, maka realme 7 dibekali dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan segmen yang dituju.

Spesifikasi lengkapnya bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Chip Mediatek Helio G95 (12 nm) Octa-core
RAM 8 GB
Memori Penyimpanan 128 GB + slot microSD hingga 256 GB
Layar 6,5 inci IPS 1.080 x 2.400 pixels, refresh rate 90 Hz
Kamera Belakang 64 MP, f/1.8 (wide), 8 MP, 119 derajat (ultra wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
Kamera Depan 16 MP, f/2.1 (wide)
Video Hingga 1080p 30 fps
Konektivitas USB 2.0 Type-C, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11a/b/g/n/ac, GPS
Sistem Operasi Android 10 (realme UI v1.0)
Baterai 5.000 mAh
Dimensi 162,3 x 75,4 x 9,4 mm
Berat 196,5 gram

 

Kali ini realme 7 mengandalkan kemampuan system on chip dari Mediatek terbaru yaitu Helio G95. Dan smartphone ini diklaim jadi yang pertama di dunia menggunakannya. Chip ini dibuat menggunakan proses 12nm dengan dua Cortex-A76s hingga 2.05GHz dan enam Cortex-A55s hingga 2GHz.

Spesifikasi ini sama persis dengan Helio G90T yang digunakan oleh realme 6. Perbedaan hanya terdapat pada frekuensi clock GPU Mali-G76 yang digunakan. Jika G90T punya clock 800MHz, maka G95 clocknya yaitu 900MHz.

Hal lain yang jadi pembeda di realme 7 ini adalah kapasitas baterai yang makin besar yaitu menjadi 5000 mAh, beda dengan realme 6 yang memiliki kapasitas 4300 mAh. Namun keduanya sama-sama mendukung teknologi fast charging 30 watt.

Daya tarik tambahan pada realme 7 adalah hadirnya NFC dan jadi yang pertama dari realme di kelas mainstream. Hadirnya fitur ini tentu jadi hal yang lebih menarik dibanding realme 6.

KAMERA REALME 7

Untuk urusan kamera masih sama dengan realme 6. Sedikit pembeda adalah penggunaan sensor yang kali ini menggunakan Sony MX682 dan bukannya ISOCELL GW1 yang selalu digunakan realme pada seri lainnya. Kamera utamanya memiliki resolusi hingga 64 MP namun secara default diatur pada resolusi terbaiknya yaitu 16 MP.

  Canon Resmikan EOS M6

Diluar itu semua, spesifikasi lainnya sama persis dengan realme 6. Misalnya saja resolusi kamera utama yang masing-masing punya 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth). Untuk perekaman video-nya bisa mencapai resolusi 4K@30fps. Begitu pula dengan kamera selfie dengan resolusi 16 MP dan bisa merekam video hingga 1080p@30fps.

Untuk hasil kamera, terlihat bahwa realme senang bermain-main dengan warna. Ini terlihat dengan hadirnya fitur tambahan pada kamera utama. Ini terlihat dengan hadirnya fitur Chroma Boost yang menampilkan foto dengan hasil warna yang lebih kuat. Begitu pula pada mode malam dimana realme menyertakan efek warna baru yang terdiri dari empat pilihan filter yaitu Original, Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Sebagai tambahan, mode malam juga menyertakan pilihan Starry Mode untuk memotret bintang.

Untuk video terdapat pilihan Slo-mo dan Time-Lapse. Untuk Slo-mo terdapat dua pilihan frame rate yatu 120fps dan 240fps. Menariknya, video-nya mendukung hingga resolusi 4K dengan frame rate 30 fps. Resolusi ini berlaku pada pilihan kamera utama, untuk kamera selfie mendukung hingga 1080p dengan frame rate 30 fps. Selain itu, realme membenamkan fitur Ultra Steady untuk menimalisir guncangan agar hasil video lebih stabil.

Berikut beberapa contoh hasil jepretan dari realme :

Foto menggunakan kamera utama dengan mode Photo
Foto dari kamera depan menggunakan mode Macro
Foto kamera depan menggunakan efek bokeh sebesar 60%.

KINERJA REALME 7

Sebagai SoC gaming kelas menengah, Helio G95 sudah cukup tangguh menjalankan game-game kekinian. Untuk performa khususnya berbasis grafis, realme menyediakan fitur Game Space. Fitur ini akan memberikan pilihan untuk menjalankan game atau sejenisnya dalam pilihan Low Power Mode, Balanced Mode, dan Competition Mode. Pada pilihan ketiga tentu saja akan membuat suhu lebih meningkat dan baterai lebih boros.

Peningkatan performa yang didapat saat mengaktifkan Competition Mode pada pengujian menggunakan 3DMark Sling Shot mencapai skor 3310 atau naik sekitar hampir 5% dibanding skor pada Balanced Mode yang mendapatkan skor 3152. Tidak terlalu signifikan namun konsumsi daya baterai jadi lebih boros.

Secara estimasi, saat kondisi baterai masih bertahan 12,3 jam pada Balanced Mode, baterai jadi hanya bertahan 10,9 jam saat mengaktifkan Competition Mode. Kami sendiri lebih suka menggunakan Balanced Mode mengingat performanya sudah mumpuni untuk game yang biasa kami mainkan.

Peningkatan baterai menjadi 5000 mAh menegaskan bahwa realme memperhatikan kebutuhan gamer yang menggunakan konsumsi daya lebih besar. Pada pengujian kami menggunakan PCMark dengan mode Battery Life yang mensimulasikan aktivitas standar, baterai mampu bertahan hingga 11 jam lebih. Kami juga coba melakukan stres test selama 18 menit dimana baterai berkurang sekitar 7%.

Menariknya lagi dengan dukungan fast charging 30 watt, Anda bisa mengisi baterai dari kondisi kosong hingga penuh hanya dalam waktu satu jam lebih sedikit. Pastikan untuk melakukan pengisian baterai menggunakan adapter dan kabel bawaan.

KESIMPULAN

realme 7 bisa menjadi pilihan menggoda generasi milenial yang mencari smartphone harga 4 juta rupiah. Beberapa keunggulan yang kami ulas sebelumnya, seperti performa gaming yang bagus, kamera dengan pilihan mode yang lebih beragam, daya tahan baterai yang lebih besar, serta hadirnya NFC, bisa jadi pertimbangan yang cukup menarik.

Dari sisi harga, realme 7 dibanderol dengan harga Rp3.999.000, lebih mahal dibanding saat pertama kali realme 6 rilis yaitu Rp3.799.000. Ini wajar mengingat peningkatan serta beberapa fitur pada realme 7 yang lebih menarik dibanding realme 6.

realme 7

Rp3.999.000
7.5

Rating

7.5/10

Plus

  • Performa mumpuni Helio G95
  • Layar dengan refresh rate 90Hz
  • Kamera dengan pilihan filter mode malam
  • Baterai 5000 mAh dengan fitur fast charging 30 watt
  • Ada NFC dan sensor fingerprint di pinggir

Minus

  • Desain kurang eye-catchy
  • Masih banyak bloatware

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *