MediaTek Dimensity 1080

MediaTek Dimensity 1080 Meluncur, Upgrade Dari Dimensity 920

Beberapa tahun belakangan mungkin kamu semakin sering melihat smartphone yang ditenagai oleh chip dari MediaTek. Ya, produsen chip yang satu ini memang kian agresif, terutama untuk segmen entry-level, menengah, dan juga kelas atas. Kali ini hadir chip terbarunya yaitu MediaTek Dimensity 1080.

MediaTek Dimensity 1080 merupakan sebuah chipset dengan fabrikasi 6nm yang dibuat di TSMC. Chip ini berbasis chip Dimensity 920 yang telah meluncur tahun 2021 lalu dan sempat digunakan di beberapa smartphone kelas menengah kala itu seperti seri Xiaomi Redmi Note 11, Vivo V23, dan juga Realme 9 Pro+.

Chipset tersebut memiliki prosesor delapan inti dengan konfigurasi CPU dua inti Cortex A78 berkecepatan hingga 2,6 GHz, dan enam inti Cortex A55 yang berkecepatan hingga 2 GHz. Untuk sektor pengolahan grafis, chip ini menggunakan GPU Mali-G68 MC4.

  MediaTek Helio G95, Chipset Gaming untuk Kelas Atas

Dengan konfigurasi tersebut, rasanya memang MediaTek menyiapkan smartphone ini untuk dihadirkan pada smartphone kelas menengah.

Seperti beberapa seri chip MediaTek Dimensity lainnya, Dimensity 1080 ini juga sudah mendukung jaringan 5G. Selain itu chip ini juga mendukung RAM LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.1.

Pembaruan yang cukup signifikan ada pada sektor pemrosesan gambar, dimana Image Signal Prosesor (ISP) pada chip ini mampu mendukung pemrosesan video 4K HDR, menangani hingga empat kamera, serta mendukung sensor hingga 200 mega piksel dengan klaim tanpa shutter lag sama sekali.

  Begini Asiknya Libur Lebaran Bersama realme 9

Sebagai tambahan, MediaTek juga menyebutkan kalau chipset ini dapat menangani smartphone yang memiliki layar dengan resolusi hingga Full HD+ 120Hz. Kemudian di sektor konektivitas, Dimensity 1080 telah mendukung koneksi WiFi 6, Bluetooth 5.2, dan dual 5G dengan dual standby.

Penasaran akan chipset yang satu ini? Pihak MediaTek menyatakan kalau smartphone yang ditenagai chipset ini rencananya akan mulai bermunculan di kuartal keempat tahun 2022. Selain itu karena mengambil basis dari Dimensity 920, maka Dimensity 1080 ini diklaim tidak akan sulit untuk diproduksi dan akan bisa segera tersedia dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *