Canon EOS R100

Canon EOS R100: Kamera Mirrorless RF Terjangkau untuk Pemula

Canon telah mengumumkan kehadiran kamera mirrorless terbarunya yaitu Canon EOS R100. Seri ini sekaligus menjadi kamera mirrorless Canon dengan RF mount yang memiliki harga yang paling terjangkau, yaitu mulai dari US$479 (sekitar 7,1 juta rupiah) untuk body only.

Walaupun statusnya adalah sebuah kamera baru, namun untuk urusan jeroan internal, kamera ini tidak benar-benar baru. Pasalnya, Canon EOS R100 menggunakan sensor 24 mega piksel dan prosesor DIGIC 8 yang sebelumnya pernah digunakan oleh Canon EOS M50 Mark II di tahun 2020 silam.

Selain itu, kamera ini juga menggunakan baterai yang sama dengan Canon EOS R50, yaitu tipe LP-E17.

Langkah-langkah tersebut sepertinya dilakukan untuk menekan harga jual kamera ini agar lebih terjangkau. Selain itu, menggunakan komponen yang sudah ada juga lebih memudahkan dalam pengembangan produk dan ketersediaan suku cadang.

Diposisikan sebagai sebuah kamera mirrorless entry-level dengan mount RF, terdapat beberapa fitur lain yang harus dikurangi dari kamera EOS R di segmen yang lebih tinggi.

  MediaTek Dimensity 1080 Meluncur, Upgrade Dari Dimensity 920

Salah satunya adalah layarnya. Layar pada EOS R100 ini tidak bisa dilipat serta tidak memiliki fitur layar sentuh. Kamera ini memiliki EVF OLED dengan resolusi 2,36 juta titik.

Selain itu, tombol-tombolnya juga lebih sederhana. Tidak ada joystick di bagian belakang, serta hanya ada satu buah dial di bagian depan, di dekat jari telunjuk.

Untuk kecepatannya, Canon EOS R100 dapat mengambil gambar hingga 6,5 fps dalam mode One-Shot AF, dan 3,5 fps pada mode Servo AF.

Untuk pengguna pemula yang baru beralih dari smartphone, Canon telah menyiapkan beberapa fitur menarik.

Terdapat mode pemotretan otomatis pintar (A+) dan mode Creative Filter. Mode-mode ini akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan efek-efek seperti hitam-putih, tilt-shift, atau membuat efek bokeh.

Untuk sistem fokusnya, terdapat fitur eye detection serta face tracking. Namun fitur animal tracking tidak tersedia.

Pada sektor video, kamera ini mendukung resolusi hingga 4K (crop), dan juga 1080p masing-masing hingga 24p dan 60p.

Untuk kompatibilitas lensa, Canon EOS R100 kompatibel dengan semua jajaran lensa RF dan RF-S. Adaptor lensa EF-EOS R juga didukung untuk menggunakan lensa-lensa Canon yang menggunakan mount EF atau EF-S.

  Panasonic Lumix G100, Baru untuk Para Vlogger

Untuk dimensinya, R100 memiliki ukuran yang sama dengan R50, yaitu 116 x 86 x 69mm. Namun, kamera ini menjadi kamera teringan di jajaran seri EOS R saat ini dengan bobot hanya sebesar 356 gram.

Harga Canon EOS R100

Canon EOS R100 direncanakan akan diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2023 mendatang. Harganya mulai dari US$479 untuk body only, US$599 dengan RF-S 18-45mm F4.5-6.3 IS STM, dan $829,99 dengan lensa tersebut ditambah dengan lensa RF-S 55-210mm F5-7.1 IS STM.

Nampaknya kamera ini bisa menjadi sebuah kamera yang cukup menarik untuk masuk ke sistem Canon EOS R tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *