Canon EOS R vs EOS RP

Canon EOS R vs EOS RP, Ini 6 Perbedaan Utamanya

Canon melakukan debutnya di segmen kamera mirrorless full frame dengan meluncurkan EOS R beberapa bulan yang lalu. Baru-baru ini, Canon juga kembali meluncurkan varian terbarunya yaitu seri EOS RP yang memiliki harga yang jauh lebih terjangkau sehingga bisa menarik lebih banyak orang lagi untuk mengadopsi sistem tersebut.

Memiliki harga yang jauh lebih murah (US$3.000 vs US$1.300), EOS RP membawa beberapa fitur menarik yang juga hadir di EOS R. Walaupun begitu, Canon tetap harus melakukan beberapa penyesuaian terhadap fitur-fitur tersebut untuk menyeimbangkannya dengan harga yang ditawarkan.

  Canon EOS RP, Mirrorless Full Frame Canon dengan Bodi Ringkas Harga Terjangkau

Berminat dengan EOS RP ini? Sambil menunggu kehadirannya di Indonesia berikut ini adalah beberapa perbedaannya dengan EOS R.

Bodi

Perbedaan utama antara EOS R vs EOS RP yang paling terlihat tentu saja ada pada bodinya. Canon EOS RP hadir dengan bodi yang jauh lebih kompak dibandingkan sang kakak.

Sensor Canon EOS RP

Jika EOS R memiliki bodi yang masih mirip dengan DSLR kelas profesional yang berdimensi 135,8 x 98,3 x 84,4 mm dan berbobot 660 gram, maka EOS RP jauh lebih kompak dengan dimensi 132,5 x 85 x 70 mm dan bobot 485 gram.

Canon EOS R vs EOS RP, Resolusi

Baik EOS R maupun EOS RP telah menggunakan sensor full frame. Namun ada sedikit perbedaan di antara keduanya.

Pada EOS R, sensor yang digunakan memiliki resolusi efektif 30 mega piksel. Sedangkan pada EOS RP, resolusi efektifnya sebesar 26,2 mega piksel. Walaupun berbeda, namun rasanya selisihnya tidak terlalu signifikan dan keduanya sudah sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan cetak besar.

  Dua Kelinci Masuk Dunia Esport, Sponsori Team RRQ dan EVOS

Continuous Shooting

Kecepatan continuous shooting atau burst speed sangat bermanfaat saat kamu ingin mengambil gambar yang memiliki gerakan cepat seperti berlari atau balap mobil. Sayangnya, sepertinya EOS RP kurang bisa diandalkan untuk kebutuhan tersebut.

EOS RP memiliki continous speed maksimal hingga 5 frame per detik. Kecepatan tersebut masih kalah dibandingkan EOS RP yang memiliki continuous speed sebesar 8 frame per detik.

Canon EOS R vs EOS RP, Kecepatan Shutter Maksimal

Kecepatan shutter yang cepat saat berguna jika kamu ingin mengambil gambar dengan gerakan yang cepat, atau menggunakan lensa dengan diafragma super lebar di kondiai cahaya yang terang atau luar ruangan.

EOS RP memiliki kecepatan shutter paling cepat hingga 1/4.000 detik. Sementara shutter mekanikal milik EOS R mampu menghasilkan kecepatan yang lebih cepat lagi, 1/8.000 detik.

  Samsung Space Monitor Hadir Berdesain Minimalis, Inovatif & Hemat Ruang

Layar

Baik EOS R maupun EOS RP dilengkapi dengan layar lipat yang bisa diputar ke depan. Desain layar seperti ini memberikan fleksibilitas yang sangat baik, terutama untuk kamu yang suka membuat vlog.

Layar Canon EOS RP

Ada sedikit perbedaan pada layar keduanya. Layar EOS R memiliki ukuran 3,15 inci dengan resolusi 2,1 juta piksel. Sementara EOS RP memiliki ukuran 3 inci dengan resolusi 1,04 juta piksel.

Canon EOS R vs EOS RP, Baterai

Berdasarkan standar CIPA, baterai pada EOS R bisa digunakan hingga 350 foto dalam sekali pengisian. Pencapaian segitu terbilang standar dan mirip dengan banyak mirrorless lainnya.

Namun sayangnya EOS RP tidak mampu mencapai angka tersebut. Berdasarkan standar CIPA, kamera tersebut hanya mampu digunakan hingga 250 foto saja sehingga mungkin kamu akan memerlukan baterai tambahan jika kamu sering mengambil foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *