Linksys Velop

Linksys Hadirkan Velop, Solusi WiFi Mesh untuk Rumah Besar

Memiliki rumah dengan ukuran yang agak besar atau punya banyak tembok yang tebal merupakan tantangan tersendiri untuk menghadirkan sinyal WiFi yang merata di seluruh tempat. Selain menggunakan perangkat wireless router dengan antena besar atau menggunakan bantuan wireless extender, kini kamu juga bisa menggunakan solusi mesh WiFi yang lebih mudah dan ampuh seperti Linksys Velop yang belum lama ini resmi diluncurkan di Indonesia.

Linksys Velop sebenarnya telah meluncur sejak beberapa bulan lalu secara global, namun baru hadir secara resmi di Indonesia sekitar satu minggu yang lalu. Linksys Velop adalah solusi mudah buat kamu yang ingin menghadirkan sinyal WiFi secara merata di rumah kamu, baik yang berukuran luas atau yang bertingkat.

  Porsche Design Acer Book RS Hadir dengan Desain Premium

Paket pembelian Linksys Velop sebenarnya terdiri dari beberapa pilihan, ada yang berisi satu unit, dua unit, dan tiga unit. Namun yang beredar di Indonesia hanya varian yang berisi tiga unit. Walaupun secara harga paling mahal, namun paket penjualan tiga unit sebetulnya lebih murah untuk harga setiap unitnya. Selain itu, jika kamu hanya membutuhkan satu atau dua unit, kamu juga bisa sharing dengan teman kamu yang lain yang membutuhkan Velop ini karena sebenarnya setiap unit Velop dapat berdiri sendiri sebagai sebuah wireless router.

Setiap Linksys Velop dapat berfungsi secara stand alone sebagai sebuah wireless router. Namun jika digabungkan, ketiga unit Velop tersebut dapat terkoneksi satu sama lain dengan metode mesh untuk menghasilkan sebuah jaringan WiFi yang luas. Karena menggunakan koneksi mesh, maka kamu juga tidak perlu khawatir apabila salah satu unit Velop tersebut bermasalah karena koneksinya bisa langsung dialihkan ke Velop yang masih aktif. Tentu saja koneksi internet tetap bisa digunakan selama unit Velop utama yang terhubung ke modem tetap aktif ya.

Linksys Velop

  Linksys Hadirkan Fitur Seamless Roaming di EA7500

Linksys Velop memiliki koneksi wireless tri-band dengan satu band 2,4 GHz dan dua band 5 GHz dengan kecepatan total mencapai 2.200 Mbps. Satu band 5 GHz digunakan khusus untuk komunikasi antar Velop untuk menghasilkan kecepatan yang optimal. Selain itu juga, Linksys Velop ini menggunakan sistem satu SSID atau satu nama WiFi saja sehingga kamu tidak perlu bingung memilih koneksi 2,4 GHz atau 5 GHz berdasarkan perangkat yang kamu gunakan. Jika perangkat kamu hanya mendukung 2,4 GHz, maka Velop akan memasukkannya ke jaringan 2,4 GHz. Namun jika perangkat kamu mendukung 5 GHz, maka Velop akan mengenalinya dan memasukkannya ke jaringan 5 GHz yang lebih kencang.

Salah satu tujuan Linksys Velop ini dihadirkan adalah untuk memberikan kualitas sinyal WiFi yang merata di rumah dan dapat digunakan dengan mudah oleh semua orang. Oleh karena itu, konfigurasi Linksys Velop ini juga sangat mudah. Dengan menggunakan aplikasi Linksys Smart WiFi yang tersedia untuk Android dan iOS, kamu dapat melakukan konfigurasi dengan cepat dan mudah tanpa harus direpotkan dengan akses panel kontrol web. Cukup hubungkan salah satu Velop ke modem, lalu tempatkan unit Velop lain di tempat-tempat yang dibutuhkan, lalu konfigurasi koneksi internet dan password WiFi-nya menggunakan aplikasi Linksys Smart WiFi dengan smartphone.

  Review TP-Link RE450, Wireless Extender dengan Penggunaan yang Mudah

Sebagai tambahan, Linksys Velop ini juga kompatibel dengan virtual assistant Amazon Alexa. Dengan dukungan tersebut, kamu dapat berbicara dengan Alexa untuk membantu kamu untuk terkoneksi ke WiFi dengan Velop ini. Tentu saja fitur ini tidak terlalu signifikan untuk pasar Indonesia karena Alexa tidak tersedia secara resmi di Indonesia.

Namun pihak Linksys juga menyatakan kalau Velop ini juga kompatibel dengan Google Assistant. Namun saya sendiri belum mencobanya. Mungkin nanti saya punya kesempatan untuk mencoba dukungan Google Assistant serta kinerjanya secara lebih lengkap. Buat kamu yang tertarik dengan Linksys Velop ini untuk jaringan WiFi di rumah kamu, produk ini sudah tersedia di Indonesia untuk paket penjualan berisi tiga unit Velop dengan harga Rp6.999.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *