Realme 2

Hands-on: Realme 2, Desain Mewah untuk Entry Level

Dua hari yang lalu, akhirnya produsen smartphone Realme resmi melakukan debutnya di Indonesia. Realme menghadirkan dua produk terbarunya ke Indonesia yaitu Realme 2 dan Realme 2 Pro yang menghadirkan desain serta harga yang sangat atraktif.

Kebetulan, saya sempat menghadiri acara peluncurannya serta melakukan impresi singkat terhadap Realme 2, smartphone berdesain cantik yang mengincar segmen entry-level.

  Realme 2 dan Realme 2 Pro Resmi Hadir di Indonesia

Impresi pertama saat memegang Realme 2 ini adalah, smartphone ini memiliki desain yang sangat mirip dengan Oppo F7. Ya, Realme 2 ini memiliki layar besar berukuran 6,2 inci dengan aspect ratio 9:19 serta resolusi HD+.

Realme 2

Kesan ala Oppo F7 sangat terasa terlihat dari bagian depannya yang memiliki notch atau poni dengan desain yang mirip dengan F7, serta bagian belakang berdesain kaca dan aksen diamond cut serta fingerprint scanner yang ada di bagian belakang. Jadi, smartphone ini punya tampilan yang mewah dan elegan.

  Spesifikasi Oppo F7, dengan Helio P60 dan Kamera Depan 25 Mega Piksel

Memiliki ukuran layar yang besar membuat Realme 2 ini cukup sulit untuk dipegang dengan tangan. Ditambah lagi dengan bagian belakang kaca yang membuatnya terasa cukup licin serta mudah kotor akibat sidik jari yang tertinggal. Rasanya Realme juga akan memberikan sebuah casing standar untuk melindungi bodinya dalam paket penjualan.

Realme 2

Kemudian, di bagian belakangnya juga ada kamera ganda dengan resolusi 13 mega piksel dengan 2 mega piksel. Dengan konfigurasi seperti itu, kamera keduanya akan berfungsi sebagai depth sensor untuk menciptakan efek bokeh dari foto yang dihasilkan oleh kamera pertama.

Sedangkan kamera depannya tersimpan di bagian notch dan memiliki sensor 8 mega piksel. Realme menyatakan bahwa kamera depan Realme 2 ini telah dilengkapi dengan fitur AI Beauty Selfie yang mungkin saja mirip dengan fitur serupa yang ditawarkan oleh Oppo.

Spesifikasi Realme 2

Spesifikasi lengkap dari Realme 2 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Realme 2
Chip Qualcomm Snapdragon 450
RAM 3/4 GB
Memori Penyimpanan 32/64 GB + slot microSD hingga 256 GB
Layar IPS 6,2 inci 720 x 1520
Kamera Belakang 13 mega piksel
5 mega piksel
Kamera Depan 8 mega piksel
Video Full HD (1920 x 1080) 30 fps
Konektivitas USB 2.0 Type-C, Bluetooth 4.2, WiFi 802.11a/b/g/n, GPS
Fitur Lain Fingerprint scanner
Baterai 4.230 mAh
Dimensi 156,2 x 75,6 x 8,2 mm
Berat 168 gram

Seperti yang kamu lihat, Realme 2 ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang merupakan chipset entry-level, sesuai dengan segmen yang memang dituju oleh smartphone ini. Kemudian Realme 2 tersedia dalam dua pilihan kapasitas RAM dan memori penyimpanan internal, yaitu RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, dan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

  Realme Siap Melakukan Debut di Indonesia

Kemudian yang menarik, Realme 2 ini menggunakan sistem operasi ColorOS 5.2 yang berbasis Android 8.0 Oreo. Kalau kamu sebelumnya pernah menggunakan smartphone Oppo, kamu akan cepat merasa familiar dengan smartphone ini karena tampilannya memang sangat mirip kalau tidak mau dibilang sama.

Realme memposisikan Realme 2 ini pada posisi harga yang cukup strategis, yaitu di rentang satu hingga dua jutaan, tepatnya Rp1.999.000 untuk varian RAM 3 GB, dan Rp2.399.000 untuk varian RAM 4 GB. Realme 2 akan mulai dijual mulai tanggal 16 Oktober 2018 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *