Asus Zenfone Live L1

Review Asus Zenfone Live L1: Smartphone Murah dengan Desain Kekinian

Di pertengahan tahun 2018 ini, Asus rasanya cukup giat dengan meluncurkan beberapa varian smartphone, walaupun tidak bersamaan. Setelah meluncurkan Zenfone Max Pro M1, Asus langsung meluncurkan Zenfone 5 dan Zenfone Live L1.

Nah, bicara Zenfone Live L1, smartphone ini adalah varian terbaru Asus untuk segmen entry-level. Namun, walaupun diposisikan sebagai sebuah perangkat entry-level, Zenfone Live L1 ini punya daya tarik yang cukup oke dengan tawaran desain kekinian dengan aspect ratio 9:18.

Desain

Smartphone di segmen flagship dan kelas menengah kian banyak yang mengadopsi desain kekinian dengan aspect ratio 9:18. Nah, Asus Zenfone Live L1 ini menjadi salah satu smartphone pertama di segmen entry-level yang juga mengadopsi desain tersebut.

Asus Zenfone Live L1

Secara desain smartphone ini sangat mirip dengan Zenfone Max Pro M1. Namun, Zenfone Live L1 menggunakan material plastik yang terasa cukup kokoh. Kemudian fitur fingerprint scanner juga absen pada smartphone ini.

  Review Asus Zenfone Max Pro M1: Pilihan Terbaik untuk Kelas Dua Jutaan

Asus Zenfone Live L1

Selebihnya, Zenfone Live L1 ini memiliki desain yang mirip dengan mayoritas smartphone Asus lainnya, seperti tombol power dan volume yang ada di sisi kanan, port micro USB 2.0 yang ada di bawah, dan port audio 3,5 mm di sisi atas.

Kamu yang menyukai smartphone dengan ukuran yang lebih ringkas mungkin akan menyukai Zenfone Live L1 ini. Karena, smartphone ini memiliki ukuran layar 5,5 inci yang cukup ringkas sehingga mudah untuk digunakan dengan satu tangan, serta mudah untuk dimasukkan ke dalam saku celana.

Spesifikasi Asus Zenfone Live L1

Diposisikan sebagai smartphone di segmen entry-level, Asus Zenfone Live L1 ini punya spesifikasi yang cukup sederhana. Layar 5,5 inci yang dimilikinya menggunakan resolusi HD+ alias 720 x 1440 piksel yang masih cukup oke walaupun saturasi warna, tingkat kecerahan, serta sudut pandangnya biasa saja.

Untuk dapur pacunya, Asus Zenfone Live L1 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 425 yang memang langganan digunakan untuk smartphone entry-level. Chipset tersebut dikombinasikan dengan RAM sebesar 2 GB dengan memori penyimpanan internal 16 GB.

Spesifikasi lengkap dari Asus Zenfone Live L1 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini

Asus Zenfone Live L1
Chip Qualcomm Snapdragon 425
RAM 2/3 GB
Memori Penyimpanan 16/32 GB + slot microSD hingga 4 GB (dedicated slot)
Layar IPS 5,5 inci 720 x 1440
Kamera Belakang 13 mega piksel f/2.0
Kamera Depan 5 mega piksel
Video Full HD (1920 x 1080) 30 fps
Konektivitas microUSB 2.0, Bluetooth 4.0, WiFi 802.11b/g/n, GPS
Fitur Lain
Baterai 3.000 mAh
Dimensi 147,3 x 71,8 x 8,2 mm
Berat 140 gram

Ya, Asus Zenfone Live L1 memang menawarkan spesifikasi yang khas smartphone entry-level sekaran gini, dengan RAM 2 GB dan memori penyimpanan internal 16 GB. Sayangnya, memori penyimpanannya ini tidak bisa kamu gunakan sepenuhnya karena harus berbagi dengan sistem.

Jadi, kamu hanya bisa menggunakan sekitar 8 GB untuk menyimpan aplikasi serta berbagai file lainnya. Cukup atau tidak, sebenarnya itu tergantung dari pola penggunaan kamu. Namun buat saya, kapasitas segitu terlalu sedikit.

  Hands-on: Asus Zenfone Max Pro M1, Gebrakan Baru Asus di Kelas Dua Jutaan

Bicara kinerjanya, Zenfone Live L1 ini sebenarnya cukup oke, walaupun kadang masih terasa ada jeda atau lag saat membuka aplikasi. Kalau untuk digunakan bermain game pun, smartphone ini masih sanggup untuk menjalankan game seperti Mobile Legends atau Arena of Valor dengan cukup baik. Namun untuk game yang lebih berat seperti PUBG, smartphone ini sudah kewalahan.

Tak seperti Zenfone Max Pro M1, Zenfone Live L1 hadir dengan dengan tampilan antarmuka ZenUI dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Kamu yang sudah familiar dengan antarmuka ZenUI tentunya tidak akan kesulitan untuk menggunakan smartphone ini.

Asus Zenfone Live L1

Fitur ZenMotion juga hadir pada smartphone ini untuk melakukan kustomisasi beberapa fungsi dengan menggunakan gestur.

Baterai

Untuk kamu yang mencari smartphone dengan daya tahan baterai yang cukup oke, Zenfone Live L1 ini bisa menjadi pilihan. Pasalnya smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 3.000 mAh. Walaupun mungkin tidak terlalu besar, namun dikombinasikan dengan chipset Snapdragon 425 membuat smartphone ini memiliki konsumsi daya yang relatif lebih hemat, sehingga daya tahan baterainya cukup baik.

Dengan penggunaan intensif dan layar menyala nonstop seperti untuk bermain game atau menonton film, Asus Zenfone Live L1 ini bisa bertahan hingga sekitar lima sampai enam jam. Angka yang tergolong biasa saja, tapi sudah cukup oke. Untuk penggunaan standar sehari-hari, saya bisa mendapatkan daya tahan sekitar satu hari penuh.

Kamera Zenfone Live L1

Berbeda juga dengan Zenfone Max Pro M1, Zenfone Live L1 ini masih menggunakan konfigurasi kamera tunggal baik di depan maupun di belakangnya. Kamera belakang smartphone ini menggunakan sensor dengan resolusi 13 mega piksel f/2.0, sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 mega piksel. Kedua kameranya juga sudah dilengkapi dengan flash untuk membantu pencahayaan di kondisi minim.

Asus Zenfone Live L1

Asus Zenfone Live L1

Aplikasi kameranya menggunakan PixelMaster namun terlihat lebih sederhana. Tak ada mode Pro atau Manual pada kameranya, namun fitur Beauty tetap tersedia untuk membantu menghasilkan foto selfie yang lebih baik.

Bicara soal kualitas fotonya, Zenfone Live L1 cukup baik saat berada dalam kondisi cahaya yang cukup. Hanya saja, karena ketiadaan fitur penstabil gambar dalam bentuk apapun, OIS maupun EIS, smartphone ini cukup sulit untuk digunakan dalam kondisi minim cahaya karena kamera akan cenderung menggunakan kecepatan shutter yang lambat dan rentan shake. Jadi, disarankan kamu memiliki tangan yang cukup stabil untuk memotret saat kondisi minim cahaya.

Hasil foto dari Zenfone Live L1 bisa kamu lihat di bawah ini.

Asus Zenfone Live L1

Asus Zenfone Live L1

Asus Zenfone Live L1

Asus Zenfone Live L1

Asus Zenfone Live L1

Kesimpulan

Segmen smartphone entry-level dengan harga satu jutaan belakangan ini kian ramai dengan produk-produk dengan spesifikasi yang menarik. Salah satunya adalah Zenfone Live L1 ini.

Dijual dengan harga Rp1.399.000 untuk varian RAM 2 GB dan memori internal 16 GB seperti yang saya bahas di artikel ini, Zenfone Live L1 ini cukup menarik. Apalagi smartphone ini juga hadir dengan desain kekinian. Jadi, smartphone ini bisa menjadi jembatan untuk kamu yang ingin punya smartphone berdesain modern dengan harga yang murah.

Asus Zenfone Live L1

Spesifikasi sederhana dan dipadukan dengan baterai yang cukup besar membuat smartphone ini bisa menjadi teman beraktivitas sehari-hari, walaupun aspek kameranya seharusnya bisa lebih ditingkatkan lagi.

Jadi, apakah Asus Zenfone Live L1 ini layak untuk dipilih? Jika kamu mencari smartphone murah dan sederhana namun berdesain modern untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari, dan kebutuhan kamu tidak terlalu tinggi, maka smartphone ini bisa menjadi pilihan. Harganya yang murah membuat smartphone ini juga cukup layak untuk menjadi smartphone kedua atau smartphone cadangan kamu.

Asus Zenfone Live L1

Rp1.399.000
Asus Zenfone Live L1
68

Rating

7/10

    Plus

    • Desain ringkas
    • Harga murah
    • Kapasitas baterai cukup besar

    Minus

    • Spesifikasi biasa saja
    • Kapasitas memori yang bisa dipakai hanya 8 GB
    • Kualitas kamera kurang oke di kondisi gelap
    • Layar tanpa Corning Gorilla Glass
    • Tanpa fingerprint scanner

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *