Xiaomi Redmi 5 Plus

Review Xiaomi Redmi 5 Plus, Desain Kekinian dengan Harga Terjangkau

Sejak beberapa bulan lalu, Xiaomi terus menggempur pasar dengan deretan smartphone yang sangat menarik seperti Mi A1 dan Redmi 5A. Kini, Xiaomi kembali meluncurkan bukan hanya satu, tapi dua smartphone sekaligus yaitu Xiaomi Redmi 5 dan Xiaomi Redmi 5 Plus.

Dua smartphone tersebut menghadirkan desain layar kekinian alias desain layar dengan aspect ratio 9:18. Yang menarik, keduanya juga ditawarkan dengan harga yang sangat menarik dengan tawaran spesifikasi yang menarik pula.

Kali ini, saya akan membahas salah satunya yaitu Xiaomi Redmi 5 Plus. Selain memiliki layar besar dengan aspect ratio kekinian, smartphone ini juga punya tawaran lain yang cukup menarik.

Desain

Seperti yang telah saya sebutkan, Xiaomi Redmi 5 Plus hadir dengan desain layar kekinian alias layar dengan aspect ratio 9:18. Layar smartphone ini sendiri berukuran 5,99 inci dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2160 piksel.

  Asus GX800, Gaming Notebook Garang dengan Sistem Pendingin Cair

Karena memiliki desain layar yang lebih panjang dari biasanya, maka tombol navigasi yang biasanya menjadi ciri khas smartphone Xiaomi dihilangkan pada pada smartphone ini dan digantikan dengan on screen button di layar.

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus

Secara pribadi, saya suka dengan perubahan ini karena tidak ada tombol pada bodi serta tombol on screen button tersebut juga dapat diubah posisinya sesuai dengan kebiasaan kamu.

Kembali ke bagian bodinya, Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki bodi yang ramping dan cukup berkualitas. Smartphone ini menggunakan bodi berbahan aluminium di belakangnya dengan sedikit plastik di bagian atas untuk tempat antena.

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus

Kemudian di bagian belakangnya, terdapat sebuah lensa kamera. Ya, Xiaomi Redmi 5 Plus masih menggunakan konfigurasi kamera tunggal. Kemudian, di bawah lensa kamera terdapat sebuah fingerprint scanner.

Xiaomi Redmi 5 Plus

Secara keseluruhan saya cukup suka dengan bodi Xiaomi Redmi 5 Plus ini. Bodinya ramping dengan bezel yang cukup tipis, serta menggunakan desain layar kekinian yang membuatnya terlihat modern.

Spesifikasi & Baterai Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 625. Xiaomi sepertinya sangat menyukai chip tersebut karena sebelumnya, Xiaomi juga telah menggunakannya di beberapa smartphone lain seperti Redmi Note 4 dan Mi A1.

Untuk Redmi 5 Plus ini, Xiaomi merilis dua varian kapasitas RAM dan memori internal, yaitu RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, dan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

  Nokia 9 PureView, Pertama dengan 5 Kamera

Spesifikasi lengkap dari Xiaomi Redmi 5 Plus bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Xiaomi Redmi 5 Plus
Chip Qualcomm Snapdragon 625
RAM 3 GB / 4 GB
Memori Penyimpanan 32 GB / 64 GB + slot microSD hingga 128 GB (hybrid slot)
Layar 5,99 inci 1080 x 2160
Kamera Belakang 12 mega piksel f/2.2
Kamera Depan 5 mega piksel
Video Ultra HD (3840 x 2160) 30 fps
Konektivitas microUSB 2.0, Bluetooth 4.2, WiFi 802.11b/g/n, GPS
Fitur Lain Fingerprint scanner
Baterai 4.000 mAh
Dimensi 158,5 x 75,5 x 8,1 mm
Berat 180 gram

Menggunakan Snapdragon 625, maka kinerjanya kurang lebih sama dengan Redmi Note 4 dan Mi A1. Untuk artikel ini, saya menggunakan Xiaomi Redmi 5 Plus varian RAM 3 GB dengan memori penyimpanan internal 32 GB.

Untuk penggunaan sehari-hari, Xiaomi Redmi 5 Plus sudah sangat memadai. Untuk memainkan game pun, smartphone ini cukup bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai game populer saat ini.

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh. Saat digunakan secara intensif, smartphone ini bisa bertahan hingga sekitar tujuh jam. Namun untuk skala penggunaan normal, rasanya smartphone ini tidak sulit untuk menemani aktivitas kamu dari pagi hingga sore hari.

Xiaomi Redmi 5 Plus

Selain itu, walaupun tak diumumkan secara resmi, namun Xiaomi Redmi 5 Plus juga mendukung teknologi quick charging sehingga kamu bisa mengisi baterai smartphone ini dengan lebih cepat.

Kamera

Xiaomi memutuskan untuk menggunakan konfigurasi kamera belakang tunggal pada Xiaomi Redmi 5 Plus ini. Smartphone ini menggunakan sensor dengan resolusi 12 mega piksel dan lensa f/2.2. Konfigurasi kamera tersebut mirip dengan kamera belakang pada Mi A1 namun tanpa kamera kedua.

Xiaomi Redmi 5 Plus

Sensor 12 mega piksel yang digunakan pada Redmi 5 Plus ini mampu menghasilkan foto yang lumayan. Pada kondisi terang, hasil fotonya tergolong baik walaupun terlihat tanda-tanda oversharpening. Sedangkan pada kondisi minim cahaya, hasil fotonya terlihat cukup oke walaupun detilnya banyak hilang akibat noise reduction.

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, Xiaomi Redmi 5 Plus ini tidak memiliki optical image stabilization (OIS). Jadi, untuk mendapatkan hasil foto yang tajam, kamu perlu memegang smartphone ini dengan stabil.

Satu hal baru yang dihadirkan Xiaomi pada Redmi 5 Plus ini adalah hadirnya lampu LED flash pada kamera depannya. Fitur tersebut tentu membantu kamu apabila ingin melakukan selfie di kondisi minim cahaya. Kamera depannya sendiri memiliki resolusi 5 mega piksel.

Xiaomi Redmi 5 Plus

Kesimpulan

Melalui Redmi 5 Plus, Xiaomi kembali menghadirkan sebuah smartphone menarik. Dari sisi desain, Xiaomi menghadirkan desain layar kekinian yang kini semakin banyak diadopsi oleh para produsen smartphone.

  Review Xiaomi Mi A1: Hadirkan Pengalaman Android One dan Kamera Ganda dengan Harga yang Sangat Menarik

Dari sisi spesifikasi, sebenarnya Xiaomi Redmi 5 Plus ini tak terlalu istimewa. Spesifikasinya kurang lebih masih sama dengan Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Mi A1 sehingga membuat ketiganya seperti smartphone yang sangat mirip dengan perbedaan di sisi desain bodi serta beberapa spesifikasi minor lainnya.

Xiaomi Redmi 5 Plus

Jadi, dengan harga Rp2.199.000 untuk varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, dan Rp2.699.000 untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, layakkah smartphone ini untuk di pilih?

Jika kamu memang sedang mencari sebuah smartphone berdesain kekinian dengan spesifikasi yang cukup menarik dan harga yang relatif terjangkau untuk menggantikan smartphone lama kamu atau upgrade dari smartphone entry-level, maka Xiaomi Redmi 5 Plus ini sangat layak untuk dipilih. Namun jika saat ini kamu sudah menggunakan Redmi Note 4 atau Mi A1, maka smartphone ini bisa kamu lewatkan sambil menunggu gebrakan Xiaomi berikutnya.

Oh ya, jika kamu berminat untuk mendapatkan smartphone ini, siapkan mental serta koneksi internet kamu ya. Karena, setidaknya sampai artikel ini dibuat, Xiaomi masih menerapkan sistem flash sale di beberapa situs e-commerce dengan jumlah yang sangat terbatas yang berarti, kamu akan bersaing dengan ribuan calon pembeli lainnya yang berminat dengan smartphone ini.

8.5

Rating

8.5/10

Plus

  • Harga terjangkau
  • Layar besar dengan aspect ratio 9:18
  • Resolusi layar Full HD+
  • Harga terjangkau
  • Kinerja bagus untuk sehari-hari
  • Baterai besar

Minus

  • Kualitas kamera biasa saja
  • Spesifikasi mulai membosankan
  • Ketersediaan terbatas (setidaknya sampai artikel ini dimuat)

2 Replies to “Review Xiaomi Redmi 5 Plus, Desain Kekinian dengan Harga Terjangkau”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *