Gigabyte Sabre 15 (W8)

Review Gigabyte Sabre 15 (P45-W): Tampil Elegan dengan Spesifikasi Garang

Sebuah laptop gaming biasanya menawarkan desain yang meriah dan garang untuk mengedepankan kesan yang seram dan bertenaga untuk menunjukkan kekuatan spesifikasi di dalamnya. Namun, tidak semua pengguna cocok dengan desain tersebut.

Di zaman sekarang ini, laptop gaming tidak hanya memiliki fungsi yang terbatas sebagai alat untuk bermain game saja. Spesifikasinya yang tinggi juga memungkinkan laptop gaming menjadi sebuah perangkat untuk mendukung pekerjaan yang membutuhkan kinerja cepat seperti mengedit video, desain 3D, dan masih banyak lagi.

  Gigabyte X299 Aorus Master, Motherboard Kelas Atas untuk Intel Core X

Nah, Jika kamu menginginkan sebuah laptop gaming dengan spesifikasi gahar serta desain yang minimalis yang cocok digunakan untuk bekerja, kamu bisa melihat lini laptop gaming dari Gigabyte seperti Gigabyte Sabre 15 ini.

Desain

Seperti yang telah saya ungkapkan di atas Gigabyte Sabre 15 ini memiliki desain yang minimalis. Tampilan cover luarnya sangat sederhana tanpa ada elemen-elemen yang biasanya ada di sebuah laptop gaming. Hanya ada logo Gigabyte di bagian tengah dan itu pun tidak dilengkapi dengan backlight.

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Buat kamu yang menyukai desain laptop gaming yang garang dan ramai, mungkin desain sederhana seperti ini tidak menarik buat kamu. Namun secara pribadi, Saya menyukai desain laptop seperti ini karena cenderung minimalis serta tidak menarik perhatian saat digunakan di tempat umum.

  Razer BlackWidow Lite, Bisa Untuk Bermain Game Maupun Bekerja

Bodi dari laptop ini terbuat dari bahan plastik yang cukup kokoh, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat membawa laptop ini kemana-mana. Bagian cover depannya cukup mudah meninggalkan bekas sidik jari namun juga tetap mudah untuk dibersihkan.

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Beralih ke dalamnya, Gigabyte Sabre 15 ini memiliki layar berukuran 15,6 inci. Kemudian untuk keyboardnya, laptop ini memiliki keyboard full size dan dilengkapi dengan numpad serta lampu RGB yang akan saya bahas lebih lanjut nanti.

Untuk konektivitasnya, sisi kiri laptop ini memiliki sebuah konektor HDMI 2.0, satu buah port USB 3.1 Type-A, satu buah port USB 3.1 Type-C, dua buah port mini DisplayPort, serta sebuah port LAN gigabit dan card reader. Hadirnya dua buah port mini DisplayPort dan satu buah port HDMI membuat Gigabyte Sabre 15 ini bisa mengeluarkan output ke layar eksternal hingga tiga buah.

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Sedangkan sisi kanannya memiliki sebuah port USB 3.1 dan sebuah port USB 2.0, serta port audio in dan audio out.

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Gigabyte Sabre 15 ini memiliki ketebalan sekitar 2,9 cm dengan bobot 2,5 kg. Bobot tersebut rasanya masih cukup wajar dan tidak terlalu berat untuk kamu bawa beraktivitas kemana-mana setiap hari.

Spesifikasi Gigabyte Sabre 15

Gigabyte Sabre 15 yang saya ulas kali ini telah menggunakan prosesor Intel Core generasi kedelapan, yaitu Intel Core i7 8750H. Kemudian laptop ini juga telah menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1060 yang telah dikenal memiliki kinerja baik untuk laptop gaming kelas menengah.

Spesifikasi lengkap Gigabyte Sabre 15 bisa kamu lihat di tabel berikut ini.

Gigabyte Sabre 15 (P45-W)
CPU Intel Core i7 8750H
Memory 16 GB DDR4 (Hingga 32 GB)
Graphics Nvidia GeForce GTX 1060 6 GB GDDR5
Display 15,6 inci 1920 x 1080 120 Hz 3 ms
Storage SSD M.2 256 GB
HDD 1 TB
Connectivity 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, 2 x USB 3.1 Type-A, 1 x USB 3.1 Type-C, 1 x USB 2.0, 1 x HDMI 2.0, 2 x mini DisplayPort, 1 x mic-in, 1 x audio-out, 1 x gigabit LAN, card reader
Battery 5.500 mAh 62 Wh Lithium Polymer
Dimension 378 x 267 x 29,9 mm
Berat 2,5 Kg

Seperti yang kamu lihat, Gigabyte Sabre 15 ini memiliki RAM DDR4 dengan kapasitas 16 GB dan masih bisa ditingkatkan hingga 32 GB untuk memaksimalkan kebutuhan kamu yang biasa menggunakan aplikasi-aplikasi berat seperti editor video serta aplikasi 3D. Kemudian prosesor Intel Core i7 8750H yang memiliki enam core dan dua belas thread juga memiliki peningkatan kinerja yang cukup lumayan dibanding generasi sebelumnya.

  Asus ZenBook Pro 15 UX580, Laptop Premium dengan Layar Kedua di Touchpad-nya

Kemudian untuk keyboardnya, Gigabyte Sabre 15 ini memiliki keyboard lengkap dengan numpad. Keyboard tersebut juga dilengkapi dengan lampu RGB dan bisa diatur berdasarkan zona dengan menggunakan aplikasi bawaannya. Selain itu, terdapat juga tombol shortcut untuk mengatur tingkat terang lampu pada bagian numpad.

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Gigabyte Sabre 15 ini memiliki layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD alias 1920 x 1080 piksel. Yang menarik, layar ini memiliki refresh rate tinggi yaitu 120 Hz dengan response time 3 ms. Panel WVA yang digunakannya cukup baik dan memiliki sudut pandang yang mendekati panel IPS.

Kinerja

Berbekal spesifikasi yang menarik seperti prosesor Intel Core i7 8750H, RAM 16 GB, serta kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1060, Gigabyte Sabre 15 ini mampu memberikan kinerja yang sangat baik untuk ukuran laptop gaming kelas menengah.

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Selain itu, saya pun mencoba menggunakan laptop ini untuk memainkan beberapa game seperti CS:GO, Dota 2, PUBG, serta Overwatch. Dan laptop ini mampu untuk menjalankan game-game tersebut dengan lancar dan stabil dengan frame rate di atas 60 fps.

Selama saya menggunakan laptop ini, kinerjanya tetap terjaga baik dan stabil tanpa ada gejala throttling, walaupun suara kipasnya kadang cukup terasa saat melakukan kegiatan yang intensif seperti mengedit video atau bermain game.

  Samsung 860 QVO Hadir dengan Harga Murah untuk Kapasitas Mulai dari 1 TB

Bicara soal baterainya, Gigabyte Sabre 15 ini memiliki baterai yang sanggup untuk bertahan hingga sekitar 2 jam 10 menit dengan penggunaan intensif namun tidak bermain game. Jika digunakan untuk bermain game, maka daya tahannya tentunya akan lebih pendek lagi. Sebaliknya, jika kamu menggunakan laptop ini untuk kegiatan-kegiatan ringan, daya tahannya bisa bertahan lebih lama lagi.

Kesimpulan

Bicara soal spesifikasinya, maka Gigabyte Saber 15 ini adalah salah satu yang terbaik untuk segmen kelas menengah. Dengan kombinasi prosesor Intel Core i7 8750H, RAM 16 GB, kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1060 6 GB, serta kombinasi penyimpanan SSD 256 GB dan hard disk 1 TB, laptop ini sanggup untuk menjalankan berbagai game terkini. Mulai dari judul-judul game esport seperti CS:GO, Dota 2, maupun PUBG, hingga game-game terbaru di kelas AAA dengan baik dan lancar.

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Soal desainnya seperti yang telah saya utarakan di atas, desain minimalis dari laptop ini membuatnya berbeda daripada laptop gaming lain yang cenderung mengedepankan desain yang ramai. Desainnya yang minimalis membuat laptop ini bisa digunakan di dua dunia, dunia gaming dan dunia kerja.

Jadi dengan harga sekian, Apakah laptop ini cocok untuk dipilih? Jika kamu adalah seorang gamer content creator maupun profesional laptop ini sangat layak untuk dipilih karena mampu menggabungkan kinerja yang tinggi dengan desain yang cocok digunakan untuk berbagai kesempatan.

Gigabyte Sabre 15 (W8)

Rp20.499.000
Gigabyte Sabre 15 (W8)
80

Rating

8/10

    Plus

    • Desain elegan dan minimalis
    • Bodi cukup ringan
    • Spesifikasi menarik untuk harganya
    • Layar WVA 120 Hz 3 ms berkualitas
    • Keyboard RGB
    • Ketersediaan port lengkap

    Minus

    • Kustomisasi keyboard RGB hanya per zona
    • Suara kipas cukup bising saat kecepatan penuh

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *