Samsung Galaxy Note 9

Review Samsung Galaxy Note 9: Smartphone Flagship Untuk Kaum Produktif

Samsung Galaxy Note 9 merupakan salah satu smartphone flagship yang cukup ditunggu kehadirannya pada tahun 2018 ini. Memang bisa dibilang, smartphone ini merupakan salah satu smartphone paling keren sepanjang tahun 2018 ini.

Namun setelah mencobanya secara langsung, rasanya masih ada yang kurang dari smartphone yang menduduki kasta tertinggi di lini smartphone Samsung ini. Galaxy Note 9 cenderung terasa lebih seperti perbaikan minor dari Galaxy Note 8, namun tentunya dengan beberapa tambahan fitur baru.

Desain Samsung Galaxy Note 9

Jika kamu sudah pernah melihat atau bahkan menggunakan Galaxy Note 8, maka Galaxy Note 9 ini masih hadir dengan konsep yang sama. Masih mengusung tampilan layar luas yang diberi nama Infinity Display, kali ini Note 9 memiliki ukuran layar 6,4 inci, sedikit lebih besar dari Note 8 yang memiliki ukuran 6,3 inci.

Samsung Galaxy Note 9

Tampilan luas ini berkat ukuran bezel yang tipis di tiap sisi. Dengan ukuran tersebut, Samsung masih bisa menyematkan sebuah kamera depan tanpa lampu kilat. Note 8 dan Note 9 sama-sama memiliki resolusi layar sebesar 1440 x 2960 piksel. Layarnya masih menggunakan Super AMOLED yang sudah diberi lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

  Melihat Fitur-fitur Menarik Samsung Galaxy Note 8

Beralih ke bagian belakang, kali ini Note 9 menyematkan sensor fingerprint scanner di bagian bawah kamera, berbeda dengan Note 8 yang ada di sisi kamera dan sempat dikritik karena membuat lensa kamera menjadi sering tersentuh dengan tidak sengaja.

Samsung Galaxy Note 9

Posisi fingerprint scanner pada Note 9 ini terasa lebih baik dibandingkan pendahulunya. Namun demikian, ukuran fisik fingerprint scanner terasa terlalu kecil serta tetap terasa terlalu dekat dengan dengan kamera.

Sedangkan bodi belakangnya menggunakan bahan glossy yang juga dilapisi bahan anti gores Gorilla Glass 5. Samsung Galaxy Note 9 sudah mendapatkan sertifikasi IP68 yang artinya tahan terhadap debu dan air.

  Apacer AC731, Hard Disk Eksternal Tangguh Berbodi Elegan

Posisi tombol juga masih sama. Sisi kanan hanya terdapat tombol power. Sisi kiri terdapat tombol volume serta tombol cepat untuk mengaktifkan Bixby. Untuk slot kartu terdapat di sisi atas berupa kompartemen yang bisa digunakan oleh satu kartu SIM dan satu kartu microSD atau dua kartu SIM sekaligus (hybrid). Sedangkan sisi bawah terdapat lubang jack audio, speaker, port USB Type-C, serta S-Pen.

Samsung Galaxy Note 9

Secara keseluruhan bodi Galaxy Note 9 ini memiliki impresi yang sama seperti pendahulunya. Ukuran layar 6,4 inci mungkin terasa sulit untuk digunakan dengan satu tangan, ditambah lagi dengan bodi belakang berbahan kaca yang membuatnya terasa licin. Saya merekomendasikan kamu untuk menggunakan casing tambahan yang berkualitas untuk membuatnya tidak terasa licin sekaligus melindungi bodinya secara keseluruhan.

Fitur Samsung Galaxy Note 9 & S-Pen

Seperti yang sudah dilakukan sejak awal kemunculannya sembilan tahun lalu, seri Galaxy Note merupakan satu-satunya varian smartphone Samsung yang dilengkapi dengan stylus alias S-Pen.

Samsung Galaxy Note 9

Sebagai penunjang produktivitas, S-Pen menjadi salah satu fitur yang paling ditonjolkan untuk seri Galaxy Note. Dan di Galaxy Note 9 ini, S-Pen memiliki kemampuan presisi yang tinggi dengan tingkat tekanan yang dapat diatur. Kemudian, S-Pen kini telah dilengkapi dengan fitur remote shutter. Jadi, kamu bisa mengambil foto dari jauh dan menggunakan S-Pen untuk menjepret foto.

  Colorful SL500 2 TB, SSD Berkapasitas Besar untuk Semua Pengguna

Kemudian, Galaxy Note 9 juga tetap dilengkapi dengan fitur yang telah hadir di Note 8 seperti DeX yang kini lebih sederhana tanpa membutuhkan docking khusus lagi. Cukup menggunakan kabel USB Type-C ke HDMI sebagai pengganti docking.

Lalu, digital assistant dari Samsung, Bixby, juga tetap tersedia pada Note 9 melalu sebuah tombol khusus. Walaupun mungkin masih belum bisa dibandingkan dengan Google Assistant atau Siri, Bixby kini sudah mengalami kemajuan yang cukup lumayan.

Kamera Samsung Galaxy Note 9

Rasanya tidak terlalu banyak perbedaan yang ditemukan pada kamera Galaxy Note 9 ini jika dibandingkan dengan pendahulunya. Konfigurasi kamera ganda di belakangnya memiliki resolusi yang sama, yaitu masing-masing 12 mega piksel. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 mega piksel.

Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9

Bedanya, konfigurasi kamera belakang ganda milik Note 9 ini mengambil dari Galaxy S9. Kameranya memiliki dua pilihan diafragma atau aperture yaitu f/1.5 dan f/2.4. Kamera akan secara otomatis memilih aperture yang tepat sesuai dengan kondisi cahaya.

Kemudian untuk aplikasi kameranya sendiri, terdapat beragam pengaturan serta pilihan mode yang melimpah. Kamu masih menemui fitur-fitur seperi AR Emoji, Super Slow motion, Live Focus, Panorama, dan Hyperlapse disamping fitur standar seperti Auto dan Pro alias Manual.

Bicara hasil kameranya, hasil foto dari Galaxy Note 9 ini adalah salah satu yang terbaik saat ini. Smartphone ini mampu menghasilkan foto yang tajam dengan tingkat saturasi warna yang sangat baik. Saat kondisi minim cahaya pun hasil fotonya juga sangat bisa diandalkan asalkan kondisinya tidak terlalu gelap.

Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9

Hanya saja, terdapat sedikit ganjalan yang saya temui saat menggunakan kamera milik Galaxy Note 9. Hasil fotonya memang sangat baik, namun entah kenapa saat menggunakannya terdapat sedikit jeda setiap kali mengambil gambar. Sedikit jeda tersebut membuat hasil foto rentan blur akibat guncangan tangan.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 9

Sebagai salah satu smartphone flagship di tahun 2018 ini, Samsung Galaxy Note 9 tentunya dibekali dengan spesifikasi yang tinggi. Yang perlu menjadi catatan, Galaxy Note 9 hadir dengna dua varian chipset yaitu Qualcomm Snapdragon 845 untuk pasar internasional, dan Exynos 9810 untuk beberapa negara tertentu, termasuk Indonesia.

Chipset tersebut dikombinasikan dengan RAM sebesar 6 GB dan memori internal 128 GB seperti unit yang saya ulas kali ini, atau varian lain dengan RAM sebesar 8 GB dan memori internal 512 GB yang membuatnya menjadi salah satu smartphone dengan memori internal terbesar saat ini.

Spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy Note 9 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Samsung Galaxy Note 9
Chip Exynos 9810
RAM 6/8 GB
Memori Penyimpanan 128/512 GB + slot microSD hingga 512 GB
Layar Super AMOLED 6,4 inci 1440 x 2960
Kamera Belakang 12 mega piksel f/1.5-2.4 (wide)
12 mega piksel f/2.4 (tele)
Kamera Depan 8 mega piksel f/1.7
Video Ultra HD (3840 x 2160) 60 fps
Konektivitas USB 3.1 Gen 1 Type-C, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11a/b/g/n/ac, GPS, NFC
Baterai 4.000 mAh
Dimensi 161,9 x 76,4 x 8,8 mm
Berat 201 gram

Kombinasi spesifikasi kelas atas tersebut membuat Galaxy Note 9 ini mampu memberikan kinerja yang sangat baik. Berbagai aplikasi serta game dapat dijalankan dengan lancar sehingga smartphone ini juga bisa diandalkan sebagai sebuah smartphone gaming walaupun secara spesifik tidak didesain untuk kebutuhan tersebut.

Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9 memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh, naik cukup signifikan dibandingkan dengan Galaxy Note 8. Dengan penggunaan intensif dengan layar menyala nonstop seperti bermain game, smartphone ini bisa bertaham selama hampir tujuh jam.

  5 Pilihan Smartphone Android High-End untuk Memainkan Fortnite

Angka tersebut mungkin tidak terlalu istimewa, tapi sudah sangat baik mengingat smartphone ini memiliki layar Super AMOLED berukuran besar yang terbilang haus daya. Jadi untuk kebutuhan standar sehari-hari, smartphone ini bisa bertahan selama sehari penuh dengan mudah.

Kesimpulan

Menurut saya, Samsung Galaxy Note 9 ini merupakan salah satu smartphone terbaik yang ada di pasaran saat ini. Selain layar yang besar dengan spesifikasi mutakhir, hadirnya S-Pen dan fitur DeX membuat smartphone ini mampu menjadi sebuah smartphone yang mampu mendukung produktivitas kamu lebih jauh lagi.

Samsung Galaxy Note 9

Di sisi lain, Galaxy Note 9 ini juga merupakan perangkat yang menyenangkan untuk kebutuhan hiburan. Dengan layar Super AMOLED 6,4 inci, menikmati berbagai konten dan bermain game terasa sangat menyenangkan.

  6 Rekomendasi Smartphone 2 Jutaan untuk Hadiah Akhir Tahun 2018

Jadi, dengan harga Rp13.499.000 untuk versi RAM 6 GB dan memori 128 GB, dan Rp17.999.000 untuk versi RAM 8 GB dan memori internal 512 GB, apakah Galaxy Note 9 ini layak untuk dipilih? Jika kamu saat ini sudah menggunakan Galaxy Note 8, mungkin smartphone ini tidak terlalu memberikan banyak hal baru untuk kamu. Namun jika kamu pengguna smartphone kelas menengah dan memiliki dana sebesar itu untuk membeli smartphone flagship, maka Galaxy Note 9 ini merupakan salah satu smartphone terbaik yang bisa kamu pilih.

Samsung Galaxy Note 9

Rp13.499.000
9

Rating

9.0/10

Plus

  • Desain premium
  • Layar Super AMOLED 6,4 inci yang keren
  • Kinerja tinggi
  • Penyimpanan besar hingga 512 GB
  • Fitur S-Pen kini lebih lengkap dan inovatif
  • Hasil kamera bagus

Minus

  • Mahal
  • Bodi kaca terasa licin dan mudah kotor
  • Posisi fingerprint masih kurang nyaman
  • Ada sedikit jeda yang mengganggu saat memotret
  • Tidak terlalu banyak perbedaan dibanding Galaxy Note 8

One Reply to “Review Samsung Galaxy Note 9: Smartphone Flagship Untuk Kaum Produktif”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *