Aplikasi Goal Setting

5 Aplikasi Goal Setting di Android dan iOS untuk Tingkatkan Hidup Kamu

Bulan pertama di tahun 2019 akan segera berakhir, bagaimana proses resolusi kamu untuk tahun ini? Rasanya kamu pasti telah menentukan target yang akan kamu lakukan sepanjang tahun ini. Namun, sering kali target tersebut terlupakan atau sulit tercapai. Nah, untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan aplikasi goal setting untuk membantu mencapai tujuan kamu.

  Review Huawei Mate 20: Flagship Cantik dan Kencang, Nyaris Sempurna

Aplikasi goal setting atau goal tracker adalah aplikasi yang bisa membantu kamu dalam mencapai tujuan kamu sepanjang tahun 2019 ini. Cukup masukkan target-target yang ingin kamu capai, kemudian aplikasi tersebut akan memberikan notifikasi mengenai sejauh mana kamu telah menjalankannya.

Pilihan Aplikasi Goal Setting

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasi goal setting yang bisa kamu pilih. Aplikasi-aplikasi di bawah ini tersedia untuk Android dan iOS sehingga kamu bisa dengan mudah menggunakannya kapan saja.

Strides (iOS)

Strides

Strides merupakan salah satu aplikasi goal setting terlengkap dan termudah untuk membantu kamu dalam mencapai tujuan kamu. Untuk menggunakannya, kamu cukup memasukkan tujuan yang ingin kamu capai, misalnya membaca buku, belajar memasak, atau berolahraga. Kemudian Strides akan membantu mengingatkan kamu untuk melakukan hal-hal tersebut.

Strides memantau proses kamu setiap hari, setiap minggu, hingga setiap tahun. Aplikasi ini juga akan membuat laporan secara periodik jika dibutuhkan. Seluruh data yang tersimpan juga akan disinkronisasi secara otomatis di akun kamu sehingga bisa diakses dari mana saja, baik web maupun iPhone.

ATracker (Android & iOS)

ATracker App

Jika kamu ingin memaksimalkan penggunaan waktu kamu, maka aplikasi goal setting ATracker mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi yang tersedia untuk Android, iOS, dan juga web ini akan memantau penggunaan waktu kamu seperti menonton TV, membaca buku, bermain game, dan berbagai kegiatan lainnya.

ATracker akan membantu kamu menghitung waktu yang kamu gunakan untuk berbagai kegiatan tersebut. Sehingga, kamu nanti bisa melihat penggunaan waktu kamu secara lebih detil dan bisa memperbaiki penggunaan waktu kamu menjadi lebih baik.

Way of Life (Android & iOS)

Way of Life App

Mirip seperti Strides, Way of Life juga memiliki notifikasi pengingat untuk kamu mengisi kegiatan apa saja yang sudah kamu lakukan. Namun, aplikasi goal setting yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk mencatat seluruh aktivitas yang baik maupun buruk.

  Olympus OM-D E-M1X, Mirrorless Tangguh dan Kencang

Jadi, jika kamu punya kebiasaan merokok dan ingin menghilangkan kebiasaan tersebut, masukkan kebiasaan merokok kamu ke dalam aplikasi ini. Kemudian, Way of Life akan mengingatkan kamu setiap hari untuk tidak merokok. Pencapaian kamu akan ditunjukkan melalui grafik yang juga dilengkapi dengan detil aktivitas.

Habitica (Android & iOS)

Habitica App

Habitica merupakan sebuah aplikasi goal setting yang cocok untuk kamu yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik, namun dengan cara yang lebih menyenangkan. Habitica tampil seperti sebuah game role playing (RPG) yang memiliki karakter yang akan tumbuh.

Setiap kali kamu selesai melakukan dan mencatatkan sebuah aktivitas, karakter kamu akan mendapatkan poin experience yang akan membuat karakter kamu tumbuh lebih kuat. Semakin tinggi level, Habitica juga akan membuka beberapa fitur lain seperti barang serta kemampuan lainnya.

Google Calendar (Android & iOS)

Google Calendar App

Jika kamu ingin melakukan rutinitas baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik, namun enggan untuk menambah aplikasi khusus untuk kebutuhan tersebut, Google Calendar yang biasanya menjadi bawaan banyak smartphone Android juga bisa dijadikan pilihan.

Google Calendar memiliki opsi goal setting yang bisa kamu gunakan. Untuk menggunakannya, cukup masukkan kegiatan yang ingin kamu lakukan, durasi, serta frekuensinya. Google Calendar kemudian akan mencarikan waktu yang tepat buat kamu dan memberikan notifikasi apabila jadwalnya sudah tiba.

  Apacer AH23A & AC233 Hadir Berdesain Ning's yang Lucu

Yang menarik, Google Calendar tentu saja merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan secara gratis sepenuhnya sementara keempat aplikasi lain di atas memiliki opsi premium yang berbayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *