Review Xiaomi Redmi 9

Review Xiaomi Redmi 9: Helio G80 di Bawah 2 Juta

Berselang sekitar 6-7 bulan sejak Redmi 8 hadir ke pasaran, Xiaomi sudah meluncurkan penerusnya yaitu Redmi 9. Dan sebagai penerusnya, Redmi 9 hadir dengan tawaran yang jauh lebih menarik dari pendahulunya, terutama dari sisi dapur pacu.

Dengan spesifikasi yang menarik itu, smartphone ini juga tetap dibanderol dengan harga yang relatif murah, di bawah 2 juta.

Desain

Secara garis besar, Redmi 9 ini masih memiliki desain yang mirip dengan Redmi 8. Bedanya, tampilan fisiknya lebih besar. Hal tersebut karena smartphone ini memiliki layar yang lebih besar, yaitu sebesar 6,53 inci.

Layar Xiaomi Redmi 9

Layar tersebut menggunakan panel IPS dan memiliki resolusi Full HD+ alias 1080 x 2340 piksel. Layarnya ini juga telah dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk melindunginya dari goresan.

  Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Redmi 8

Beralih ke bagian belakangnya, terdapat kesan yang sangat berbeda dibandingkan pendahulunya. Smartphone ini memiliki bodi bagian belakang berbahan plastik yang tidak lagi mengilap.

Perbandingan Redmi 8 & Redmi 9

Sebagai gantinya, terdapat tekstur dengan permukaan matte yang rasa genggamannya terasa lebih mantap serta tidak mudah kotor.

Bodi Belakang Redmi 9

Di bagian belakang ini terdapat empat buah kamera serta sebuah fingerprint scanner yang bentuknya masih mirip dengan pendahulunya.

Kemudian smartphone ini memiliki sebuah port USB Type-C serta port audio 3,5 mm di bagian bawah.

Untuk perlindungan tambahan, Xiaomi juga tetap memberikan sebuah casing pelindung standar di dalam paket penjualannya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9

Jika Redmi 8 ditenagai oleh chipset Snapdragon 439 yang tidak bisa dibilang kencang, maka Xiaomi memberikan perubahan besar-besaran pada Redmi 9 ini. Kini, Xiaomi menyematkan chipset MediaTek Helio G80 yang merupakan sebuah chipset gaming kelas menengah.

Chipset tersebut kemudian dipadukan dengan dua pilihan konfigurasi yaitu RAM 3 GB dengan penyimpanan 32 GB, dan RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB. Unit yang saya gunakan adalah varian yang kedua.

Spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 9 bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Xiaomi Redmi 9
Chip MediaTek Helio G80
RAM 3 GB/4 GB
Memori Penyimpanan 32 GB/64 GB + slot microSD
Layar IPS LCD 6,53 inci 1080 x 2340
Kamera Belakang 13 mega piksel f/2.2
8 mega piksel f/2.2 (ultra wide)
5 mega piksel f/2.4 (makro)
2 mega piksel (depth sensor)
Kamera Depan 8 mega piksel f/2.0
Video Hingga 1080p 30 fps
Konektivitas UBS Type-C 2.0, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11a/b/g/n/ac, GPS, Infrared port
Baterai 5.020 mAh
Dimensi 163,3 x 77 x 9,1 mm
Berat 198 gram

Mengandalkan chipset gaming kelas menengah, tentunya smartphone ini menjanjikan kinerja yang sangat menarik untuk kelasnya. Xiaomi sendiri mengklaim kinerjanya mencapai 107 persen lebih kencang dibandingkan generasi sebelumnya yang artinya kinerjanya sangat menjanjikan.

  Review realme 7: Harga Empat Juta dengan Mediatek Helio G95 Pertama di Dunia

Yang tidak kalah menarik, Redmi 9 ini dilengkapi dengan baterai besar yang berkapasitas 5.020 mAh. Dengan begitu, smartphone ini menjanjikan daya tahan baterai yang lama.

Baterai ini juga kompatibel dengan teknologi quick charge dengan daya 18 W melalui port USB Type-C yang tersedia. Sayangnya, Xiaomi hanya memberikan charger standar 10 W dalam paket penjualannya.

Kamera

Untuk segmen entry-level, Xiaomi Redmi 9 menjadi smartphone pertama yang memiliki empat buah kamera. Konfigurasi kameranya terdiri dari kamera utama 13 mega piksel, kamera ultra wide 8 mega piksel, kamera macro 5 mega piksel, dan depth sensor 2 mega piksel yang berfungsi untuk membuat efek bokeh.

Sementara di depannya, terdapat sebuah kamera yang terletak di area dewdrop-nya. Kamera tersebut memiliki sensor dengan resolusi 8 mega piksel.

Sementara untuk videonya, smartphone besutan Xiaomi ini memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi 1080p dengan frame rate 30 fps.

Untuk fitur kameranya, smartphone ini memiliki banyak pengaturan. Fitur-fitur standar seperti AI untuk mendeteksi obyek foto serta fitur HDR tersedia pada smartphone ini.

Selain itu, ada juga beberapa fitur lain seperti Portrait untuk menciptakan efek bokeh memanfaatkan depth sensor, Short Video untuk membuat video pendek berdurasi 15 detik yang bisa digunakan untuk membuat konten Instagram Story, dan mode Pro dengan kemampuan yang terbilang lengkap.

Hasil fotonya sendiri terbilang cukup baik. Dalam kondisi cahaya yang baik, hasil fotonya cukup bisa diandalkan baik untuk lensa wide maupun ultra wide.

  Review OPPO Reno4: Makin Asik Main-Main dengan Kameranya

Sayangnya dalam kondisi cahaya yang kurang baik, terjadi penurunan kualitas yang cukup terasa. Fitur AI sebenarnya dapat mendeteksi apabila kondisi cahaya redup dan secara otomatis mengaktifkan fungsi Night Mode.

Namun sayangnya, Night Mode tidak selalu aktif secara otomatis dan tidak ada pilihan untuk mengaktifkannya secara manual. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan mode Pro dan menggunakan shutter speed lambat saat memotret dalam kondisi gelap. Pastikan tangan kamu stabil atau gunakan tripod saat menggunakan shutter speed yang lambat.

Beberapa contoh hasil foto dari Redmi 9 bisa kamu lihat di bawah ini.

Kinerja Xiaomi Redmi 9

Chipset MediaTek Helio G80 yang disematkan pada Xiaomi Redmi 9 ini masuk ke dalam lini chipset gaming kelas menengah. Oleh karena itu, chipset ini menjanjikan kinerja yang sangat baik untuk sebuah smartphone kelas entry-level.

Dan benar saja, chipset ini mampu memberikan kinerja yang baik saat dicoba menggunakan beberapa aplikasi pengujian.

Bukan cuma sekadar kencang di aplikasi pengujiannya saja, namun smartphone ini juga mampu memberikan kinerja yang baik saat digunakan bermain game.

Beberapa game populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile bisa dijalankan dengan mudah dan lancar dengan setting tinggi.

  Review Acer Aspire 5: Sebelas Jutaan yang Mantap buat WFH

Soal baterainya, baterai berkapasitas 5.020 mAh mampu membuat smartphone ini memiliki daya tahan yang lama. Dengan pengujian PCMark Work 2.0, smartphone ini bisa bertahan hingga hampir 10 jam.

Sementara untuk penggunaan normal sehari-hari, rasanya smartphone ini tidak sulit untuk bertahan hingga seharian penuh, bahkan masih menyisakan tenaga untuk setengah hari berikutnya.

Kesimpulan

Dijual dengan harga 1,7 jutaan dan 1,9 jutaan untuk masing-masing varian, Xiaomi Redmi 9 ini jelas menarik dengan harga yang terjangkau. Apalagi tawaran spesifikasinya sangat menarik dan meningkat jauh dibandingkan pendahulunya.

Meskipun begitu, ada kompromi di beberapa aspek lain, seperti kamera yang tidak terlalu impresif, serta desain bodi belakang yang tidak semewah sebelumnya walaupun soal desain sangat bergantung soal selera.

Jika kamu suka bermain game dengan smartphone, Redmi 9 ini layak untuk dipilih karena punya kinerja yang baik dengan kapasitas baterai yang besar. Namun jika kamu termasuk pengguna yang suka memotret, rasanya ada pilihan yang lebih menarik di harga ini.

Atau, jika kamu punya budget yang lebih longgar, ada baiknya kamu melirik Redmi Note 9 sebagai alternatif. Dengan selisih harga sekitar 300-400 ribuan, kamu akan mendapatkan spesifikasi yang lebih baik, termasuk pada kameranya.

Xiaomi Redmi 9

Rp1.949.000
7

Rating

7.0/10

Plus

  • Harga terjangkau
  • Kapasitas baterai besar
  • Kinerja bagus
  • Empat kamera belakang
  • Bodi nyaman dipegang

Minus

  • Bodi terasa sangat plastik
  • Kualitas kamera kurang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *