Linksys WRT32X

Review Linksys WRT32X: Wireless Router Gaming dengan Kinerja Tinggi

Review Linksys WRT32X

Dalam memilih perangkat wireless router, rasanya hampir sebagian besar dari kita akan cenderung asal pilih. Yang penting asal terkoneksi, yang penting harganya murah. Padahal, pemilihan perangkat wireless router yang berkualitas juga sangat penting untuk menjamin kualitas sinyal wireless di rumah kamu.

  Review Linksys EA2750

Pilihan wireless router kelas atas yang berkinerja tinggi juga cukup mudah saat ini karena banyak pilihan yang cukup menarik. Salah satunya adalah Linksys WRT32X yang akan saya bahas kali ini. Bertajuk Wireless Gaming Router, Linksys WRT32X adalah sebuah wireless router yang mengedepankan kemampuan gaming sebagai daya tarik utamanya.

Desain

Kalau melihat tampilannya, Linksys WRT32X ini mirip dengan beberapa wireless router kelas atas Linksys lainnya. Bedanya, wireless router ini tampil dengan aksen warna hitam di seluruh bagian bodinya sehingga memberikan kesan garang.

Linksys WRT32X

Bodi Linksys WRT32X berukuran cukup besar dan dilengkapi dengan empat buah antena eksternal yang tak kalah besar. Di bagian depannya add deretan lampu-lampu indikator yang tampil keren dengan warna biru. Sedangkan bagian belakangnya berisi empat port LAN, satu port WAN, serta beberapa port lainnya seperti USB 3.0 dan eSATA.

Spesifikasi Linksys WRT32X

Linksys WRT32X merupakan salah satu wireless router tertinggi yang dimiliki oleh Linksys saat ini. Perangkat ini mendukung koneksi dual band 2,4 GHz dan 5 GHz yang bisa berjalan bersamaan dan memberikan kecepatan maksimal total hingga 3200 Mbps. Kemudian wireless router ini juga mendukung teknologi MU-MIMO untuk menghasilkan koneksi yang kencang sekalipun banyak perangkat yang sedang terhubung.

  Linksys Velop Kini Hadir Dalam Versi Dual Band, Lebih Murah

Kemudian untuk menunjang penggunaan bagi gamer, Linksys WRT32X ini juga memiliki dukungan terhadap Killer Network.

Secara mudah Killer Network adalah sebuah fitur yang dapat memprioritaskan perangkat-perangkat yang mendukung fitur tersebut untuk mendapatkan ping dan koneksi terbaik untuk memberikan pengalaman bermain game yang maksimal.

Linksys WRT32X

Killer Network ini dapat digunakan untuk perangkat-perangkat seperti komputer atau smartphone yang juga mendukung fitur tersebut. Namun jika kebetulan perangkat kamu tidak mendukungnya, kamu tetap bisa mengatur prioritisasi koneksi secara manual.

  Linksys Hadirkan Velop, Solusi WiFi Mesh untuk Rumah Besar

Panel kontrol milik Linksys WRT32X ini juga memiliki tampilan yang keren dengan aksen gelap. Panel kontrol ini menurut saya juga tergolong sangat sederhana karena hanya memiliki menu-menu untuk beberapa opsi yang umum saja.

Linksys WRT32X

Linksys WRT32X

Melalui panel kontrol ini, kamu dapat mengatur beberapa parameter, seperti IP, password WiFi, dan mengatur prioritisasi jaringan untuk menghasilkan koneksi yang optimal saat bermain game.

Buat saya, opsi yang ditawarkan oleh panel kontrol web milik Linksys WRT32X ini sudah cukup memadai. Namun akan lebih baik jika Linksys menyediakan beberapa opsi tambahan lain seperti pada wireless router-nya yang lain.

Kinerja

Memiliki dukungan koneksi AC3200 dan teknologi MU-MIMO, Linksys WRT32X ini memiliki kinerja yang kencang, baik pada 2,4 GHz maupun 5 GHz.

Linksys WRT32X

Tak hanya kencang, wireless router ini juga mampu memberikan kinerja yang stabil.

Yang perlu diingat, hasil kinerja yang saya tampilkan adalah kinerja transfer data jaringan internal (intranet). Sementara untuk kecepatan koneksi internetnya sangat tergantung dari ISP yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Linksys WRT32X ini merupakan sebuah wireless router kelas atas yang ditujukan untuk gamer. Spesifikasinya terbilang tinggi dan mampu menghadirkan kinerja yang cepat untuk jaringan WiFi di rumah kamu.

  Review Linksys EA8500

Fitur-fitur yang ditawarkannya terbilang cukup lengkap walaupun menurut saya opsi yang tersedia pada panel kontrolnya bisa lebih lengkap. Menurut saya, dengan kinerja yang kencang dan penggunaan yang mudah, Linksys WRT32X ini sepertinya juga cocok untuk digunakan di rumahan biasa walaupun kamu bukan seorang gamer.

Linksys WRT32X

Rp4.549.000
Linksys WRT32X
80

Rating

8/10

    Plus

    • Spesifikasi tinggi
    • Fitur lengkap untuk gamer
    • Kinerja kencang

    Minus

    • Konfigurasi tak selengkap perangkat lain
    • Harga lumayan tinggi

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *