Review Asus ZenPower Ultra

Zaman sekarang, baterai eksternal atau yang lebih lazim disebut power bank telah menjadi salah satu perangkat yang hampir pasti dibawa kemana-mana, bersama dengan smartphone serta beberapa gadget lainnya. Membawa power bank membaut aktivitas kamu menjadi tidak terhambat karena bisa mengurangi resiko kehabisan baterai saat di tengah-tengah aktivitas.

Kapasitas baterai power bank pun beragam. Mulai dari yang kecil sekitar 2.000-3.000 mAh, hingga yang besar di atas 10.000 mAh. Sebenarnya berapa sih kapasitas baterai power bank yang ideal? Sebenarnya tidak ada patokan ideal. Semua tergantung berapa banyak perangkat yang kamu bawa, serta seberapa aktif kamu menggunakan perangkat kamu. Makin sering, makin cepat baterai habis, semakin sering kamu akan mengisi ulang.

Kalau memang kamu sehari-hari merupakan pengguna gadget yang aktif, serta menggunakan banyak gadget, tidak ada salahnya untuk membawa power bank dengan berkapasitas besar. Dan itu yang akan saya bahas kali ini.

Power bank Asus ZenPower Ultra merupakan power bank berkapasitas paling besar yang ada di lini Asus saat ini. Kapasitasnya sebesar 20.100 mAh, yang kalau menurut saya sih sangat cukup untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Kapasitasnya yang besar membuat ukuran fisik ZenPower Ultra ini juga menjadi besar. Sebenarnya sih tidak terlalu besar, namun bentuknya memanjang sehingga mungkin akan memakan tempat kalau kamu hanya membawa tas berukuran kecil. Selain itu bobotnya juga cukup lumayan, sekitar 420 gram.

Paket penjualan ZenPower Ultra ini berisi satu buah kabel micro USB, sebuah pouch untuk mengantongi power bank, serta kartu garansi dan manual. That’s it.

Masih sama seperti ZenPower dan ZenPower Pro, ZenPower Ultra ini juga menggunakan bahan aluminium untuk casing power bank ini. Aluminiumnya pun cukup tebal sehingga kuat untuk melindungi komponen di dalamnya. Tapi jangan lupa, karena bobotnya yang cukup berat, jangan sampai power bank ini jatuh menimpa kaki kamu ya.

Asus ZenPower Ultra ini punya dua port USB untuk mengisi daya baterai perangkat kamu. Asyiknya, kedua port USB ini udah tersertifikasi Qualcomm Quick Charge 2.0 yang membuat power bank ini bisa mengisi daya baterai dengan lebih cepat pada perangkat yang mendukung. Selain itu, ada juga lampu LED untuk senter yang bisa dinyalakan dengan menahan tombol powernya. Walaupun tingkat keterangannya agak kurang dan sebaran cahayanya kurang fokus, tapi hadirnya lampu LED ini lumayan berguna untuk situasi tertentu.

  iPhone Bisa Dipakai Sebagai Kaca Pembesar, Begini Caranya

Mengisi ulang daya baterai ZenPower Ultra ini dilakukan melalui port micro USB yang tersedia. Tak hanya mendukung Quick Charge untuk mengisi baterai perangkat lain, Zenpower Ultra ini juga mendukung pengisian ulang dengan teknologi serupa sehingga ZenPower Ultra ini bisa terisi lebih cepat. Ada empat lampu indikator yang menandakan sisa baterai power bank ini.

Dengan hitungan sederhana, kapasitas 20.100 mAh ini bisa mengisi baterai smartphone yang berkapasitas sekitar 3.000 mAh dari kondisi kosong hingga penuh sebanyak lima hingga enam kali. Untuk membuktikannya, saya menggunakan ZenPower Ultra ini untuk mengisi baterai smartphone saya yang berkapasitas 3.200 mAh.

Pengisian dilakukan satu hari sekali dengan baterai yang dikosongkan terlebih dahulu sebelum diisi ulang. Dan hasilnya, ZenPower Ultra ini bisa mengisi ulang smartphone saya hingga penuh selama lima hari berturut-turut. Pada hari ke enam, sisa dayanya bisa mengisi smartphone hingga level sekitar 40%.

Sebenarnya power bank ini akan langsung menyala ketika dihubungkan ke perangkat kamu. Tapi saya juga menemukan kasus dimana power bank ini tidak otomatis menyala pada beberapa smartphone sehingga kamu perlu menekan tombol power untuk menyalakannya.

Masalah tersebut juga diungkapkan oleh Asus pada halaman spesifikasinya.

Jadi, kalau kamu memang orang yang sering berpergian kemana-mana dan termasuk pengguna gadget yang aktif, maka Asus ZenPower Ultra ini bisa menjadi pelengkap aktivitas kamu. Dukungan Quick Charge untuk mengisi atau pun diisi ulang membuatnya unggul. Namun yang perlu diperhatikan, saat menggunakan Quick Charge, baik power bank ini maupun perangkat kamu akan lebih panas dibandingkan biasanya.

One Reply to “Review Asus ZenPower Ultra”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *