Western Digital My Passport Ultra

Review Western Digital My Passport Ultra: Ramping, Keren, dan Berkinerja Bagus

Sebagian besar dari kamu mungkin sering membawa harddisk eksternal kemana-mana sebagai media simpan kamu. Walaupun saat ini kamu bisa memanfaatkan cloud sebagai penyimpanan kamu, tapi harddisk eksternal tetap menjadi pilihan utama karena memiliki kapasitas yang besar dan tetap bisa diakses walaupun kamu sedang tidak terkoneksi ke internet. Apalagi, sekarang harddisk eksternal juga mempunyai ukuran yang ringkas dan lumayan tahan banting.

Kali ini, saya akan mengulas sebuah harddisk eksternal terbaru dari Western Digital, yaitu Western Digital My Passport Ultra. Harddisk eksternal ini punya dimensi yang kompak serta desain yang elegan.

Desain

Western Digital My Passport Ultra mempunya dimensi yang menurut saya sangat ringkas dan tipis. Dimensinya 110 x 81,5 x 13,5 mm. Ukuran tersebut adalah untuk varian dengan kapasitas 1 TB yang saya terima. Sedangkan harddisk eksternal ini juga tersedia dalam kapasitas 2 TB, 3 TB , dan 4 TB dengan ukuran yang sedikit lebih tebal, yaitu 21,5 mm.

Memiliki dimensi yang kompak, harddisk eksternal ini memiliki desain yang menurut saya terbilang keren. Bodinya terbagi menjadi dua bagian desain. Bagian atasnya menggunakan finishing matte, sedangkan bagian bawahnya menggunakan pola diagonal seperti bahan metal. Hanya saja, bodinya ini juga tergolong mudah untuk meninggalkan sidik jari.

Casingnya terbuat dari bahan logam yang cukup ringan, tapi cukup tebal untuk melindungi harddisk yang tersimpan di dalamnya. Tapi meskipun begitu, saya tetap merekomendasikan agar kamu menyimpan harddisk eksternal ini di posisi yang aman dan minim guncangan saat membawanya kemana-mana.

Western Digital My Passport Ultra tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu warna putih dengan kombinasi warna gold seperti unit yang saya terima, dan satu lagi memiliki warna hitam dengan kombinasi warna abu-abu.

Western Digital My Passport Ultra

Di bagian sampingnya terdapat sebuah konektor USB 3.0 yang dipasangkan dengan kabel USB 3.0 yang juga disertakan di dalam paket penjualannya. Di sebelah port tersebut, terdapat sebuah lampu indikator berwarna putih yang menandai bahwa harddisk eksternal ini sedang bekerja.

Kinerja

Seperti harddisk eksternal lainnya, Western Digital My Passport Ultra ini tidak membutuhkan driver tambahan. Kamu tinggal mencolokkan kabel USB 3.0 yang ada ke konektor yang ada di bodi perangkat ini dan ke komputer.

Di dalam harddisk eksternal ini, Western Digital juga telah menyertakan beberapa aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut berguna untuk membantu kamu melakukan backup dan melindungi data dengan melakukan enkripsi. Tapi jika kamu merasa tidak memerlukannya atau mempunyai metode backup dan enkripsi yang lain, kamu bisa menghapus aplikasi ini.

  Review Asus Zenfone Max Pro M1: Pilihan Terbaik untuk Kelas Dua Jutaan

Kinerja harddisk eksternal ini menurut saya tergolong bagus. Kecepatan transfer datanya sudah mumpuni untuk aktivitas sehari-hari seperti melakukan backup, mengopi data dari dan ke komputer, maupun bekerja dengan file berukuran besar langsung dari perangkat ini. Tentunya untuk mendapatkan kinerja yang maksimal, kamu perlu menghubungkannya ke port USB 3.0 di komputer maupun notebook kamu.

Western Digital My Passport Ultra

Satu hal yang saya suka dari Western Digital My Passport Ultra ini adalah, saat kamu ingin melepasnya melalui menu “eject” atau “safely remove device”, harddisk eksternal ini tidak akan langsung mati saat kabelnya dicabut. Kecepatan putarnya akan melambat secara bertahap hingga berhenti total. Cara ini menurut saya bisa membuat umur harddisk menjadi lebih awet.

Kesimpulan

Western Digital My Passport Ultra adalah sebuah harddisk eksternal yang lumayan untuk menjadi media penyimpanan berbagai file koleksi kamu, baik untuk bekerja, hiburan, maupun untuk backup. Kinerjanya terbilang bagus sehingga kamu tidak perlu menunggu terlalu lama saat melakukan transfer data berukuran besar dan jumlah yang banyak. Bodinya juga ramping sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Jadi dengan harga sekitar Rp900.000, Western Digital My Passport Ultra ini bisa menjadi pilihan kamu untuk sarana penyimpanan data, baik untuk bekerja, backup, maupun kebutuhan lainnya.

 

Western Digital My Passport Ultra

Rp900.000
8

Rating

8.0/10

Plus

  • Bodi Ramping
  • Desain Menarik
  • Kinerja Bagus

Minus

  • Daya tahan bodi belum diketahui
  • Bodi mudah meninggalkan sidik jari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *