Review Samsung Galaxy A54 5G: Performa Mid-End dengan Tampilan Flagship

Di tahun 2023 ini Samsung punya jagoan di kelas flagship melalui Galaxy S23, dan untuk kelas mid-range Samsung unggulkan Galaxy A54 5G. Meski berbeda kelas, namun ada kesamaan diantara keduanya, yaitu desainnya. Keduanya sekilas sulit dibedakan.

Namun tentu saja karena berbeda kelas, otomatis fitur dan spesifikasinya jelas berbeda. Hanya saja dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa kedua smartphone ini sama-sama unggulkan desain premium.

Samsung Galaxy A54 5G sendiri meluncur di tanah air bersamaan dengan Galaxy A34 5G. Dan sesuai penamaan serinya, Galaxy A54 5G merupakan penerus dari seri sebelumnya yaitu Galaxy A53 5G. Untuk mengetahui lebih jelas pembeda serta kemampuannya, berikut ulasan lengkapnya.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A54 5G 

Bidik kelas menengah, Samsung Galaxy A54 5G dipersenjatai dengan SoC (System-on-Chip) Exynos 1380 yang menggunakan arsitektur 5nm. Ini merupakan peningkatan dibanding seri sebelumnya yaitu Galaxy A53 5G yang menggunakan Exynos 1280.

Sebagai penunjang performa, Samsung Galaxy A54 5G hadir dalam satu pilihan memori RAM sebesar 8 GB. Tidak ketinggalan disertakan pula fitur RAM Plus dimana mendukung tambahan virtual memori hingga 8 GB. Jadi secara teori, jika kalian mengaktifkannya maka seakan-akan memori RAM akan memiliki kapasitas 16 GB.

Tentu ini sangat menunjang aktivitas multitasking yang membutuhkan banyak sumber memori. Virtual memori RAM Plus sendiri meminjam sementara dari penyimpanan internal. Sementara smartphone ini hadir dalam dua pilihan kapasitas penyimpanan, 128 GB dan 256 GB. Dan unit yang kami uji ini memiliki kapasitas penyimpanan 128 GB.

Untuk spesifikasi lengkapnya bisa kalian simak pada tabel berikut ini:

System-on-Chip Exynos 1380 (5nm) Octa-core
RAM 8 GB
Memori Penyimpanan 128/256 GB
Layar Super AMOLED 6,4 inci 1.080 x 2.340 pixels, 1000 nits, Gorilla Glass 5
Kamera Belakang 50 MP, f/1.8 (wide); 12 MP, f/2.2 (ultra-wide); 5 MP, f/2.4 (macro); LED flash
Kamera Depan 32 MP, f/2.2 (wide); soft flash
Video Depan dan belakang: hingga resolusi 4K@30fps
Konektivitas USB type-C, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/6, bluetooth 5.3
Sistem Operasi Android 13, One UI 5.1
Baterai Li-Po 5.000 mAh, dukung fast-charging 25 watt
Dimensi 158,2 x 76,7 x 8,2 mm
Berat 202 gram

 

DESAIN SAMSUNG GALAXY A54 5G 

Samsung Galaxy A54 5G memiliki tampilan premium dimana bagian belakangnya mirip dengan flagship Galaxy S23. Bodi belakangnya datar polos dengan tiga lensa kamera yang dibuat timbul tanpa adanya bingkai atau frame khusus. Bodi belakangnya ini memberikan kesan premium yang menjadi pembeda dengan seri dibawahnya yaitu Galaxy A34 5G. Build quality-nya terasa lebih kuat dengan frame berbahan metal.

Dimensinya memiliki panjang 158 mm, lebar 76,7 mm, dan ketebalan 8,2 mm. Sementara bobotnya 202 gram yang sedikit lebih berat dari Galaxy A53 5G yang cukup wajar mengingat frame yang digunakannya tadi.

Jika Galaxy A53 5G terlihat bagian belakangnya yang menggunakan material polikarbonat, maka Galaxy A54 5G melapisinya dengan material berbahan mirip kaca. Meski demikian, bodi belakangnya aman dari kotor noda sidik jari atau tangan. Untuk daya tahannya, sudah ditambahkan pula pelindung Gorilla Glass 5 agar tidak mudah tergores.

Dan kalian juga tidak perlu kuatir dengan minyak tangan yang kerap membuat kotor bagian belakang ini. Karena Samsung sudah membuatnya agar lapisan tetap terlihat bersih. Pilihan warna yang tersedia yaitu lime, graphite, violet, dan white, dan unit yang kami gunakan berwarna white atau putih. Tidak ketinggalan sertifikasi IP67 yang diusungnya mampu membuat perangkat ini dapat bertahan dalam air hingga satu meter selama 30 menit dan kedap debu.

Penempatan tombol fisiknya tidak banyak berubah dibanding seri Samsung pada umumnya. Sisi kanan terdapat tombol Volume dan tombol Power, sisi atas ada slot SIM tray hybrid yang bisa diisi hingga satu kartu SIM dan satu kartu memori microSD, atau dua kartu SIM. Dan sisi bawah ada speaker mono dan port USB type-C. Tidak terdapat jack audio 3.5mm sehingga mesti menggunakan device audio berbasis bluetooth untuk mendengar musik secara personal.

LAYAR SAMSUNG GALAXY A54 5G

Ukuran layar Galaxy A54 5G lebih kecil dibanding A53 5G. Jika Galaxy A54 5G berukuran 6,4 inci maka Galaxy A53 5G berukuran 6,5 inci. Resolusi yang diusungnya 1080 x 2340 pixels serta punya refresh rate 120 Hz yang juga bisa diatur ke 60Hz jika ingin lebih menghemat penggunaan baterai.

Panel layarnya masih menggunakan andalan Samsung yaitu Super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2340 pixels dan rasio 19,5 banding 9. Panel ini pula yang membuat Samsung menyematkan sensor sidik jari di bagian bawah pada layarnya. Dan sebagai pelindung dari goresan, sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 5.

Selain HDR10+, fitur unggulan lainnya termasuk tingkat kecerahan yang tinggi mencapai 1000 nits. Ini membuatnya tetap nyaman dilihat meski dalam kondisi panas terik. Saat tingkat kecerahan diatur maksimal, layarnya masih bisa terlihat dengan jelas. Samsung juga menambahkan fitur Vision Booster dimana layar akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar. 

KAMERA SAMSUNG GALAXY A54 5G

Jika dibanding Galaxy A53 5G, besarnya resolusi kamera utama mengalami penurunan. Jika sebelumnya punya resolusi 64 MP. Maka Galaxy A54 5G punya kamera utama 50 MP. Begitu pula dengan jumlah kamera belakang yang jika sebelumnya ada 4, maka Galaxy A54 5G hanya punya tiga yang terdiri dari 50 MP (wide), 12 MP (ultra-wide), 5 MP (macro).

Meski resolusi lebih kecil dan jumlahnya lebih sedikit, namun Galaxy A54 5G memiliki sensor size dan pixel size lebih besar. Begitu pula dengan digunakannya sensor Sony IMX Sony IMS766 dengan ukuran sensor 1/5,6 inci yang tiap pikselnya berukuran 1 mikron. Hal inilah yang membuat hasil fotonya lebih tajam dan lebih bagus dibanding sebelumnya.

  Seberapa Kencang Snapdragon 636 Dibanding Kompetitornya?

Kamera utamanya juga dilengkapi teknologi OIS (Optical Image Stabilization) yang lebih besar, yakni 1,5 derajat. Fitur OIS sendiri berguna sebagai penstabil gambar yang akan meminimalisir guncangan sehingga hasil foto lebih stabil. Beralih ke bagian depan, kamera untuk selfie-nya memiliki desain punch hole dengan resolusi 32 MP. Kemampuan merekam videonya cukup canggih karena mendukung hingga resolusi 4K@30 fps, sama dengan kamera utamanya.

Selain hardware, kameranya ditunjang dengan software mumpuni. Software kamera memiliki beragam pilihan mode yang terdiri dari Fun, Portrait, Photo, Video, Pro, Pro Video, Single Take, Night, Food, Panorama, Macro, Super Slo-Mo, Slow Motion, dan Hyperlapse.

Khusus pada mode malam (Night), Samsung telah melengkapinya dengan teknologi AI menggunakan multi-frame processing untuk mengombinasikan 30 gambar ke dalam satu foto yang jernih. Teknologi canggih ini bekerja guna menjaga detail, mengurangi noise, dan mengoptimalkan warna sehingga hasil foto di kondisi minim cahaya tampak cerah dan jelas.

Berikut contoh hasil jepretan dari kamera utama Samsung Galaxy A54 5G:

20230508_173136

20230509_072238

20230508_193958

20230508_190813

KINERJA SAMSUNG GALAXY A54 5G 

Menggunakan SoC kelas menengah, performanya unggul dan mumpuni untuk segala kebutuhan. Pengujian yang kerap kami lakukan mampu berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala. Untuk skornya sendiri cukup tinggi dan sebagai gambaran skor Antutu mencapai 500.000-an point. Saat menjalankan Antutu, terjadi peningkatan suhu sekitar 3,8 derajat celcius yang masih terbilang normal. Sedangkan untuk PCMark mencapai skor diatas 10.000 point. Begitu pula dengan skor performa single-core dan multi-core pada GeekBench 6 yang cukup tinggi.

Bagi kalian yang sering menjalankan berbagai aplikasi juga tidak akan menjumpai kendala berarti, apalagi dengan mengaktifkan fitur RAM Plus untuk multitasking. Sementara untuk game-game seperti Mobile Legends, Call Of Duty Mobile, atau PUBG Mobile juga berjalan mulus.

BATERAI SAMSUNG GALAXY A54 5G

Berbekal baterai dengan kapasitas 5000 mAh, Galaxy A54 5G mampu bertahan hampir 15 jam. Hal ini berdasarkan pengujian PCMark for Android – Work 3.0 Battery Life dengan skenario tingkat brightness layar diatur ke posisi 50% serta refresh rate 60 Hz. Dan saat hasil pengujian tuntas, baterainya masih tersisa sekitar 17%. Dan jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari, baterainya bisa bertahan dari pagi hingga sore menjelang malam.

Pengujian baterai juga kami coba dengan memainkan game PUBG mobile selama setengah jam. Dari kondisi 79%, baterai berkurang menjadi 73% yang artinya terjadi pengurangan sebesar 6%. Sementara kecerahan layar kami atur ke posisi 50%. Hasil yang cukup bagus meski menurut kami tidak terlalu istimewa.

Galaxy A54 5G mendukung pengisian baterai dengan teknologi fast charging 25 watt. Dan seperti disebut sebelumnya, paket pembelian Galaxy A54 5G tidak menyertakan adaptor. Jadi kalian mesti menggunakan adaptor lain atau membeli secara terpisah yang artinya butuh biaya tambahan. Jika kalian menggunakan adaptor pihak ketiga, performanya terasa tidak konsisten dalam hal lamanya waktu pengisian. Contohnya saja ketika kami coba menggunakan charger pihak ketiga dengan teknologi fast charging 33 watt, hasilnya terasa lama bahkan hampir mencapai 2 jam. Jadi agar optimal, mau tidak mau kalian mesti membeli charger resmi dari Samsung, kecuali tidak bermasalah dengan lamanya waktu pengisian dari charger pihak ketiga.

KESIMPULAN

Samsung Galaxy A54 5G menghadirkan pembaruan dan peningkatan yang menarik dibanding generasi sebelumnya. Hadir dengan desain premium, performanya bagus yang dibarengi dengan peningkatan suhu rendah. Kamera utamanya juga cukup apik dalam mengambil gambar dalam berbagai kondisi. Urusan baterai juga mumpuni dalam menemani aktivitas seharian.

Namun ada beberapa hal yang kami kurang sukai dari Galaxy A54 5G ini. Yang pertama adalah kotak penjualan yang sangat minimalis baik dari bentuk maupun isi kelengkapannya yang minus adaptor. Hal lainnya adalah dukungan adaptor yang hanya 25 watt dimana smartphone sekelas sebagian besar sudah mendukung fast charging dengan daya yang lebih besar. Jika kalian memaklumi dua hal tersebut, maka Galaxy A54 5G jadi pilihan menarik yang bisa kalian lirik.

Samsung Galaxy A54 5G tersedia dalam dua varian kapasitas memori internal. Untuk kombinasi 8 GB + 128 GB harganya Rp5.999.000, sedangkan versi 8 GB + 256 GB dijual seharga Rp6.399.000. Sebagai informasi tambahan, harga ini sama persis ketika Samsung meluncurkan Galaxy A53 Series setahun sebelumnya. Jadi dengan harga sama, Samsung memberikan peningkatan spesifikasi serta fitur yang lebih baru.

Rp5.999.000
8

Rating

8.0/10

Plus

  • Desain ala flagship
  • Performa tinggi dan adem
  • Kamera utama bagus
  • Fitur kamera menarik seperti dukungan OIS, Pro Video, dan perekaman hingga 4K
  • Layar Super AMOLED 120Hz dengan tingkat kecerahan 1000 nits
  • Sertifikasi IP67, NFC, RAM Plus hingga 8 GB
  • Fitur keamanan data Samsung Knox dan Secure Folder.

Minus

  • Tanpa charger
  • Tanpa jack audio 3.5mm
  • Dukungan fast charging hanya 25 watt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *