Western Digital Red 10 TB

Review Western Digital (WD) Red 10 TB, Buat NAS Bisa, Buat Desktop Bisa

Walaupun penggunaan SSD sekarang ini semakin lazim, namun kebutuhan hard disk masih tetap tinggi. Karena hard disk memiliki keunggulan mampu memberikan kapasitas yang lebih besar dengan harga yang lebih terjangkau.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki banyak file yang berukuran besar, bisa koleksi game, koleksi film, atau file-file pekerjaan kamu, kebutuhan hard disk yang berkapasitas besar tentu merupakan sebuah kebutuhan yang sebisa mungkin dipenuhi.

Kali ini, saya akan membahas sebuah hard disk yang berkapasitas besar untuk menampung seluruh file koleksi kamu, dan juga bisa digunakan untuk perangkat network attached storage (NAS), yaitu seri Red dari Western Digital (WD) yang berkapasitas 10 TB.

WD Red 10 TB

WD Red 10 TB hingga saat ini merupakan kapasitas yang terbesar yang dimiliki oleh Western Digital di seri Red. Seri Red merupakan varian yang ditujukan untuk penggunaan di perangkat NAS sekala kecil yang biasanya digunakan untuk segmen kantor kecil.

  Review Garmin VivoActive 3, Smartwatch Keren untuk Penyuka Olahraga

Tapi, hard disk ini juga tidak haram digunakan di komputer desktop biasa jika kamu memang membutuhkan kapasitas yang besar dan tidak memiliki NAS di rumah kamu.

WD Red 10 TB memiliki kecepatan putar 5.400 rpm dengan teknologi IntelliPower yang artinya kecepatan putarnya bisa diturunkan saat sedang berada dalam kondisi idle dalam waktu lama untuk menghemat listriknya.

Selain itu, hard disk ini juga menggunakan firmware NASWare 3.0 yang didesain khusus untuk perangkat NAS skala kecil. Firmware tersebut dapat mendeteksi getaran dan panas sehingga bisa menyesuaikan kecepatannya secara otomatis sehingga dapat memperpanjang usia pakai hard disk-nya.

Kinerja WD Red 10 TB

Walaupun memiliki kecepatan putar 5.400 rpm, namun WD Red 10 TB ini memiliki kinerja yang terbilang bagus. Kecepatan transfer data baca dan tulisnya tergolong cepat untuk sebuah hard disk.

Kinerja WD Red 10 TB bisa kamu lihat pada grafik berikut ini. Untuk mendapatkan kinerja tersebut, saya menggunakan sebuah komputer desktop octa core dengan RAM berkapasitas 16 GB, dan menghubungkan hard disk-nya melalui koneksi SATA3 6.0 Gbps.

  Asus Hadirkan Kamera Selfie Ganda di Zenfone 4 Selfie

Hasil kinerjanya bisa kamu lihat pada grafik di bawah ini. Oh ya, selain menggunakannya sebagai sebuah hard disk standalone, saya juga mencoba hard disk ini pada konfigurasi RAID 0 dan RAID 1 dengan menggunakan dua unit hard disk. Kemudian saya pun juga mencoba kinerja hard disk ini saat digunakan pada perangkat NAS dengan menggunakan sebuah NAS yang berkapasitas dua bay.

WD Red 10 TB

Kesimpulan

Jika kamu termasuk pengguna komputer desktop yang membutuhkan kapasitas besar untuk menyimpan seluruh file kamu, maka WD Red 10 TB ini bisa menjadi pilihan karena selain kapasitasnya yang besar, kinerja baca tulisnya juga tergolong bagus dan konsisten.

  Review Western Digital My Passport Ultra: Ramping, Keren, dan Berkinerja Bagus

Untuk mendapatkan kompromi yang optimal antara kecepatan dan kapasitas, Kamu bisa mengkombinasikan SSD untuk menampung sistem operasi kamu, dan menggunakan hard disk ini untuk menampung berbagai file lainnya.

Kalau kamu memiliki perangkat NAS dan ingin memperbesar kapasitas NAS kamu, hard disk ini juga bisa menjadi pilihan yang oke. Namun yang perlu diperhatikan, untuk mendapatkan hard disk ini, kamu perlu mengeluarkan biaya yang cukup lumayan setiap unitnya.

Western Digital Red 10 TB

Rp6.999.000
Western Digital Red 10 TB
80

Rating

8/10

    Plus

    • Kapasitas besar,
    • Kinerja bagus & konsisten

    Minus

    • Mahal

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *