Garmin Vivoactive 3

Review Garmin VivoActive 3, Smartwatch Keren untuk Penyuka Olahraga

Di zaman sekarang, perangkat wearable, utamanya smartband dan smartwatch semakin populer walaupun penyerapannya bisa dibilang cukup lambat. Berbagai teknologi serta fitur yang ditawarkan membuat orang tertarik untuk mencoba dan menggunakan smartwatch untuk sehari-hari.

Fitur activity tracker merupakan salah satu fitur yang menarik yang ditawarkan oleh smartwatch atau smartband, seperti pada Garmin VivoActive 3 ini. Smartwatch ini merupakan sebuah perangkat yang mengutamakan fitur activity tracker untuk membantu kamu hidup lebih sehat.

Desain

Walaupun sejatinya ditujukan sebagai perangkat pendukung aktivitas olahraga, namun Garmin VivoActive 3 memiliki tampilan yang menurut saya cukup elegan. Smartwatch ini memiliki bentuk membulat dengan diameter 43,4 mm yang ukurannya terasa pas di tangan saya yang memang tidak terlalu besar.

Garmin Vivoactive 3

Layar pada Garmin VivoActive 3 berukuran 1,2 inci dan menggunakan jenis transflective memory-in-pixel (MiP) yang tetap nyaman saat digunakan di luar ruangan. Warna yang ditampilkan menurut saya cukup oke karena interface dan menu-menu yang ada pada perangkat ini juga memang tidak terlalu warna-warni.

  Review Asus Zenfone 3 ZE520KL

Warna silver pada smartwatch ini membuat desainnya terlihat elegan. Namun strap berbahan karet yang menjadi standar pada Garmin VivoActive 3 tetap memberikan kesan sporty. Kamu bisa mengganti strap ini dengan strap dengan desain atau bahan lain karena strap yang digunakan menggunakan standar yang sama dengan smartwatch lain.

Strap bawaannya menurut saya sudah cukup nyaman untuk digunakan sehari-hari. Terdapat tonjolan pada karet pemegang strapnya untuk memperkuat agar strapnya tidak mudah lepas.

Garmin Vivoactive 3

Garmin Vivoactive 3 juga telah memiliki sertifikasi IP68. Jadi, kamu tidak perlu khawatir smarwatch ini terkena air saat beraktivitas. Saya pun pernah menggunakan smartwatch ini saat hujan dan kondisinya baik-baik saja. Yang penting, perhatikan batas kedalaman maksimalnya jika kamu ingin menggunakannya untuk berenang atau menyelam.

Smartwatch ini memiliki satu tombol yang ada di sebelah kanan (bisa juga kiri, tergantung kamu mengorientasikannya). Tombol tersebut berfungsi untuk mengakses beberapa menu. Tekan ringan sekali untuk mengaktifkan menu activity jika kamu ingin berolahraga atau beraktivitas, tekan dan tahan untuk mengakses fitur lain seperti lock, Bluetooth, dan juga mematikan smartwatch.

Garmin Vivoactive 3

Di bawahnya, terdapat pengukur denyut nadi atau heart rate monitor. Heart rate monitor ini akan mengukur denyut nadi kamu secara periodik dan mencatatnya ke dalam log.

Garmin Vivoactive 3

Oh ya, walaupun fungsi utamanya adalah sebagai sebuah activity tracker, namun Garmin VivoActive 3 ini juga memiliki sedikit fitur smartwatch lain, yaitu kemampuan untuk menampilkan notifikasi yang masuk ke smartphone. Namun fitur ini juga rasanya biasa saja karena kamu hanya bisa melihat notifikasinya tanpa bisa merespon.

Spesifikasi Garmin VivoActive 3

Spesifikasi dari Garmin VivoActive 3 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Garmin Vivoactive 3
Layar Sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP) 1,2 inci 240 x 240
Material Kaca + Stainless Steel (bezel) + Polymer (bodi)
Jenis Strap Silikon 20 mm
Konektivitas Bluetooth Smart, ANT+, USB 2.0
Sensor GPS, GLONASS, compass, accelerometer, thermometer, altimeter, heart rate sensor
Fitur Step counter, move bar, calendar, weather, alarm, timer, stopwatch, smartphone notification, heart rate monitor
Dimensi 43,4 x 43,4 x 11,7 mm
Berat 43 gram
Aplikasi

Untuk terhubung ke smartphone sekaligus melihat informasi yang lebih lengkap, Garmin menyediakan aplikasi Garmin Connect yang tersedia untuk Android dan iOS. Sebagai catatan, saya menggunakan aplikasi Garmin Connect untuk Android.

  Review D-Link DWR-932C: Modem MiFi yang Fleksibel

Proses setup awal berlangsung cukup mudah, setelah menyalakan Bluetooth pada smartphone, Anda perlu memilih secara spesifik jenis smartwatch yang akan kamu koneksikan. Setelah itu, Garmin Connect akan melakukan konfigurasi secara otomatis sesuai dengan jenis smartwatch yang dipilih dan juga meminta kamu untuk memasukkan beberapa informasi seperti umur, berat badan, dan tinggi badan.

Di aplikasi ini, kamu dapat melihat statistik aktivitas kamu, mulai dari jumlah langkah, kalori yang terbakar, total waktu aktif, dan masih banyak lagi. Kemudian kamu juga bisa melihat menu Challenge untuk mengikuti tantangan untuk memacu kamu untuk lebih aktif lagi.

Kinerja

Untuk mendapatkan pengalaman menggunakannya, saya memakai Garmin VivoActive 3 selama sekitar satu bulan untuk menemani aktivitas saya sehari-hari dan juga sedikit berolahraga walaupun saya bukan termasuk orang yang sering berolahraga.

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, Garmin VivoActive 3 ini terasa nyaman digunakan di tangan saya. Strapnya juga tetap terasa nyaman baik dalam kondisi kering maupun kulit sedang berkeringat karena panas atau sehabis berolahraga.

  Review D-Link DWR-932C: Modem MiFi yang Fleksibel

Selain itu, penghitungan langkah serta jaraknya juga menurut saya cukup akurat karena Garmin VivoActive 3 juga dilengkapi dengan GPS. Smartwatch ini dapat menentukan sendiri target langkah yang harus kamu penuhi setiap hari. Jika kamu berhasil mencapai target pada hari itu, maka target langkahnya akan dinaikkan untuk hari berikutnya. Begitu juga sebaliknya.

Garmin Vivoactive 3

Lalu, ada juga indikator idle pada penghitung langkahnya. Maksudnya, smartwatch ini akan memberikan notifikasi dengan getaran ke tangan kamu jika kamu duduk atau diam terlalu lama. Untuk menghilangkan indikatornya, kamu perlu bergerak dalam jumlah langkah tertentu. Fitur yang bagus jika kamu termasuk orang yang selalu duduk lama saat bekerja.

Untuk heart rate monitornya, rasanya cukup akurat. Saya tidak bisa berkomentar lebih jauh soal heart rate monitor ini karena saya tidak memiliki heart rate monitor lain sebagai pembanding.

Garmin Vivoactive 3

Oh ya, Garmin VivoActive 3 memiliki daya tahan baterai yang lumayan baik. Garmin menyatakan smartwatch ini bertahan hingga sekitar 10 hari. Selama saya gunakan, saya biasanya bisa menggunakannya hingga sekitar 5-6 hari sebelum akhirnya perlu diisi ulang.

Kesimpulan

Buat kamu yang memang suka dan sering berolahraga, Garmin VivoActive 3 merupakan smartwatch yang sangat menarik untuk menemani aktivitas olahraga kamu. Dengan penghitungan yang lengkap dan cukup akurat, serta pilihan aktivitas yang lumayan lengkap, kamu bisa menggunakannya sebagai penunjang hidup sehat kamu.

Garmin Vivoactive 3

Sedangkan jika kamu merupakan pengguna biasa, fitur activity tracker yang ada setidaknya bisa menjadikan kamu untuk lebih sering bergerak dan hidup lebih sehat. Selain itu desain smartwatch ini juga menurut saya lumayan keren dan elegan sehingga bisa digunakan untuk berbagai kesempatan.

Tapi, jika kamu mencari sebuah smartwatch yang lebih fancy seperti watch face yang bisa diubah-ubah semau kamu, serta dapat menjawab notifikasi smartphone secara langsung, mungkin kamu bisa melirik smartwatch berbasis Android Wear, bukan yang ini.

Overall, dengan harga Rp3.999.000, Garmin VivoActive 3 adalah sebuah smartwatch yang sangat menarik yang mengutamakan fitur untuk menunjang kamu agar hidup lebih sehat.

Garmin Vivoactive 3

Rp3.999.000
Garmin Vivoactive 3
80

Rating

8/10

    Plus

    • Desain elegan
    • Penghitungan cukup akurat
    • Baterai lumayan irit
    • Fitur olahraga lengkap
    • Ada GPS
    • Aplikasi Garmin Connect lengkap dan mudah digunakan

    Minus

    • Harga lumayan tinggi
    • Fitur notifikasi smartphone seadanya

    One Reply to “Review Garmin VivoActive 3, Smartwatch Keren untuk Penyuka Olahraga”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *