Cara Pakai Password Alfanumerik di iPhone

Kamu yang menggunakan perangkat Apple seperti iPhone atau iPad mungkin telah memanfaatkan fingerprint scanner atau Touch ID untuk melindungi perangkat kamu dari akses pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Tapi jika dengan suatu alasan kamu tidak dapat menggunakan Touch ID kamu, seperti misalnya rusak, atau kamu menggunakan perangkat lawas yang belum memiliki Touch ID, kamu bisa menggunakan passcode untuk perlindungan.

Passcode pada iOS biasanya berupa pin yang terdiri dari kombinasi empat atau enam angka. Tapi jika kamu rasa kombinasi empat atau enam angka tersebut masih kurang aman, kamu bisa menggunakan password alfanumerik.

Password alfanumerik akan membuat kamu bisa membuat password lebih panjang dan lebih rumit karena menggunakan kombinasi angka dan huruf. Begini cara mengaktifkannya di iOS.

Masuk ke “Settings“, lalu pilih “Passcode” atau “Touch ID & Passcode” (tergantung perangkat yang kamu gunakan).

Lalu pilih “Turn Passcode On“, atau pilih “Change Passcode” jika sebelumnya kamu telah menggunakannya.

Saat diminta untuk memasukkan empat atau enam angka untuk passcode, pilih “Passcode Options“, lalu pilih “Custom Alphanumeric Code“.

Setelah itu kamu bisa memasukkan password dengan kombinasi angka dan huruf yang kamu inginkan. Jika sudah selesai, lalu pilih “Next” untuk verifikasi ulang, lalu “Done” untuk menyimpannya.

  Tips Chrome: Cara Membersihkan dan Menghapus Cookies dan Cache di Google Chrome Desktop

Apple sendiri tak merinci berapa karakter maksimal yang bisa digunakan untuk password alfanumerik ini. Namun saya tetap merekomendasikan password yang tidak terlalu panjang, tapi rumit untuk ditebak orang lain. Kalau terlalu panjang, nanti kamu akan repot sendiri karena password ini harus selalu kamu ketikkan saat akan membuka kunci layar.

One Reply to “Cara Pakai Password Alfanumerik di iPhone”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *