Review EZVIZ C3W: Color Night Vision Jadi Andalan

Secara garis besar, perangkat IP camera atau CCTV terbagi menjadi dua. Yang pertama untuk kebutuhan dalam ruangan, dan yang kedua untuk kebutuhan luar ruangan dengan bodi yang lebih tangguh. EZVIZ C3W hadir dengan bodi yang tangguh dan bisa digunakan untuk luar ruangan.

Selain itu, perangkat IP camera ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik lainnya yang membuatnya sangat menarik untuk digunakan sebagai sarana keamanan di rumah maupun di kantor.

Desain

Ditujukan untuk penggunaan luar ruang, IP camera EZVIZ C3W ini didesain tangguh. Bagian bodinya dibuat dengan bahan logam yang tebal dan kokoh sehingga rasanya mampu untuk menghadapi berbagai kondisi cuaca.

Bukan cuma itu, bodinya ini juga telah mengantongi sertifikasi IP67. Artinya perangkat CCTV ini memiliki ketahanan terhadap air dan debu sehingga membuatnya makin cocok untuk penggunaan luar ruang.

  Ryzen 3 3100 dan 3300X, Duo Quad Core Murah Bertenaga dari AMD

Bagaimana untuk penggunaan dalam ruang? Tentu perangkat ini lebih dari cukup.

EZVIZ C3W ini menyediakan koneksi wireless. Oleh karena itu, terdapat dua buah antena eksternal di bagian sampingnya.

Bodi EZVIZ C3W

Kehadiran antena eksternal membuat tampilannya unik. Biasanya, kamera IP wireless tidak dilengkapi dengan antena eksternal sehingga bentuknya lebih sederhana.

Selain koneksi wireless, perangkat ini tetap menyediakan koneksi kabel melalui sebuah kabel LAN yang dipasang bersebelahan dengan kabel power.

Kabel EZVIZ C3W

Kemudian, CCTV ini mengandalkan mekanisme ballhead manual di bagian lehernya. Jadi, kamu bisa mengendurkan penguncinya dan mengatur arah sudut pandangnya secara manual.

Ballhead EZVIZ C3W

Spesifikasi

IP camera EZVIZ C3W ini memiliki sensor 1/2,7 inci yang bisa menghasilkan video dengan resolusi Full HD alias 1920 x 1080 piksel. Walaupun video Full HD rasanya seperti terasa sudah biasa kita lihat saat ini, namun untuk ukuran CCTV, resolusi segitu sudah sangat memadai.

Apalagi, EZVIZ C3W ini mendukung codec H.265 untuk merekam video. Codec tersebut akan lebih efisien dalam menyimpan data sehingga ukuran file-nya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan H.264. Sementara untuk format videonya, CCTV ini menggunakan format MP4.

  Review TP-Link Tapo C200, IP Camera Rumahan untuk Smart Home

IP camera ini juga dilengkapi dengan lensa berukuran 2,8mm f/2.2. Lensa tersebut memiliki sudut pandang yang lebar dengan jangkauan horizontal 103 derajat. Cukup untuk memantau area yang cukup luas.

Untuk membantu perekaman dalam kondisi gelap, EZVIZ C3W dilengkapi dengan bantuan LED inframerah. Fitur ini akan aktif secara otomatis saat kamera mendeteksi kondisi cahaya yang gelap.

EZVIZ C3W
Sensor 1/2,7 inci CMOS, 2 mega piksel
Resolusi Video Maksimal 1920 x 1080
Lensa 2,8 mm f/2.2, field of view 103 derajat (horizontal)
Konektivitas Wireless 802.11b/g/n 150 Mbps, LAN 10/100 Mbps
Audio 1 x microphone + speaker
Penyimpanan microSD hingga 25 GB
Aplikasi Mobile EZVIZ di Android dan iOS
Fitur Lain Color Night Vision, Alarm, Motion Detection
Dimensi 150,4 x 85,8 x 71,6 mm
Berat 326 gram

Untuk penyimpanannya, EZVIZ C3W memiliki sebuah slot microSD dengan dukungan sampai 256 GB yang diposisikan dengan aman di bagian bawah. Untuk mengaksesnya kamu perlu membuka dua baut penutupnya terlebih dahulu.

Slot microSD EZVIZ C3W

Kemudian, CCTV ini juga sudah dilengkapi dengan speaker dan mikropon sehingga mendukung audio dua arah.

Instalasi

EZVIZ telah menyediakan aksesoris pendukung untuk memudahkan instalasi C3W ini ke dinding maupun ke plafon. Bracket pemasangan sudah terintegrasi ke bodinya, lalu terdapat juga baut-baut dan stiker panduan pemasangan di dalam paket penjualannya.

Sementara untuk instalasi penggunaan awalnya, kamu bisa menggunakan dua pilihan yaitu secara wireless atau menggunakan kabel. Kalau kamu memiliki wireless, maka kamu perlu melakukan instalasi aplikasi EZVIZ terlebih dahulu yang tersedia untuk Android dan iOS.

  Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Redmi 8

Aplikasi tersebut mendukung berbagai perangkat EZVIZ, termasuk C3W ini. Untuk konfigurasi awal, aplikasi ini akan menyajikan wizard yang bisa kamu ikuti untuk menyambungkan IP camera ini ke jaringan kamu.

Terdapat dua pilihan penggunaan, yaitu dengan membuat akun EZVIZ untuk bisa mengaksesnya secara remote dari mana saja. Atau jika kamu hanya memerlukan akses dari LAN saja, kamu tidak perlu melakukan registrasi dan bisa mengakses kamera dengan menggunakan pilihan LAN View.

LAN View EZVIZ C3W

Secara keseluruhan, proses instalasi dan pengaturan awal EZVIZ C3W ini terbilang mudah. Saya pun bisa melalui proses konfigurasi ini dengan mulus dan lancar.

Fitur

Salah satu fitur utama milik EZVIZ C3W ini adalah Color Night Vision. Dengan fitur ini, kamu bisa tetap mendapatkan gambar yang berwarna sekalipun saat merekam dalam kondisi gelap, berbeda dengan mode infrared biasa yang menjadi monokrom.

Saat mengaktifkan fitur Color Night Vision, CCTV ini akan mengaktifkan LED berwarna putih yang mengelilingi kameranya. Tentu hal tersebut akan membuat kehadiran IP camera ini menjadi lebih terlihat. Tapi, kompensasi tersebut terbayar dengan hasil video yang lebih jernih dibandingkan dengan menggunakan mode infrared biasa.

Selain itu, IP camera ini juga dilengkapi dengan alarm. Jika dikonfigurasi bersama dengan motion detection, maka alarm ini akan berbunyi secara otomatis apabila kamera mendeteksi gerakan. Suara alarmnya pun tergolong kencang sehingga tentu akan menarik perhatian. Alarm ini pun bisa kamu aktifkan secara manual melalui aplikasi.

Pada aplikasi EZVIZ, kamu juga bisa melakukan beberapa konfigurasi seperti mengatur resolusi, penyimpanan, dan mengaktifkan penyimpanan cloud. Penyimpanan cloud EZVIZ sebenarnya berbayar, namun kamu akan mendapatkan free trial terlebih dahulu selama beberapa waktu.

Untuk pengaturan resolusinya, ada tiga pilihan, yaitu Ultra HD, Hi-Def, dan Standard.

Yang menarik dan menurut saya cukup membingungkan adalah, pilihan Ultra HD ternyata akan menyimpan gambar atau video dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Sementara Hi-Def memiliki resolusi 1280 x 720 piksel, dan Standard memiliki resolusi 768 x 432 piksel.

  Review D-Link DCS-2530L

Menurut saya, akan lebih baik jika pilihan resolusinya diperbaiki penamaannya atau disebutkan ukuran resolusinya secara lengkap.

Kemudian jika kamu kebetulan telah memiliki CCTV EZVIZ lainnya yang kompatibel dengan aplikasi ini, kamu bisa menampilkannya secara bersamaan hingga empat perangkat sekaligus.

Untuk kualitas foto dan videonya sendiri, EZVIZ C3W ini bisa dibilang memuaskan. Dalam berbagai kondisi, termasuk kondisi gelap, hasil videonya tergolong memadai dengan detil yang cukup baik. Fitur Color Night Vision sangat membantu untuk membantu meningkatkan kualitas perekaman video dalam kondisi gelap.

Kesimpulan

Untuk ukuran sebuah IP camera, EZVIZ C3W ini bisa dibilang mumpuni. Kelengkapan yang ditawarkannya sangat memadai untuk sebuah kamera CCTV rumahan maupun kantor.

Bodinya tangguh dengan bahan logam dan memiliki rating IP67 yang tahan cuaca. Selain itu hadir juga pilihan koneksi wireless dan kabel sehingga kamu bisa lebih fleksibel.

Untuk fitur serta kualitas videonya sendiri, kamera ini pun bisa diandalkan. Dukungan resolusi Full HD memberikan detil tambahan, serta codec H.265 yang lebih efisien sehingga kamu bisa merekam dalam durasi yang lebih panjang.

Jadi, apakah EZVIZ C3W ini layak untuk dipilih? Jawabnya ya, IP camera ini bisa jadi pilihan yang menarik dan bisa diandalkan untuk CCTV di rumah kamu.

EZVIZ C3W

8

Rating

8.0/10

Plus

  • Fitur Color Night Vision
  • Bodi metal & tangguh
  • Bodi dengan rating IP68
  • Konfigurasi mudah
  • Video Full HD
  • Alarm

Minus

  • Informasi resolusi di aplikasi membingungkan
  • Kamera harus diposisikan manual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *