Review realme C51: Cuma Sejutaan Tapi Kameranya Kami Suka

realme cukup gencar meluncurkan smartphone C series yang bidik entry-level. Setelah sebelumnya hadir realme C55 5G, kemudian dilanjutkan dengan realme C53, kini hadir realme C51. Sesuai urutan serinya, realme C51 merupakan seri dengan spesifikasi paling rendah diantara seri yang disebut tadi.

Tentu saja realme C51 hadir dengan fitur-fitur yang lebih sederhana. Namun jangan salah, ternyata realme C51 sudah dipersiapkan dengan beberapa fitur menarik yang biasa ada di smartphone kelas menengah. Dan kami sendiri sempat takjub dengan kualitas kameranya untuk smartphone direntang harga sejutaan. Seperti apa? Simak review kami berikut ini.

UNBOX REALME C51

Realme C51 hadir dengan kotak warna kuning yang juga memiliki desain sama dengan smartphone seri angka. Untuk smartphone di kelas yang sama, realme menyediakan kelengkapan yang banyak. Selain unit realme C51, ada kepala charger, kabel USB type-C, jelly case transparan warna gelap, SIM ejector, dan manual.

DESAIN REALME C51

Bodi belakang realme C51 dibuat sedikit berbeda dengan realme C53 dan realme C55. Mungkin agar pengguna bisa membedakan dengan mengenali tipe smartphone tersebut ketika dilihat dari belakang. Bodi belakang hadir dalam dua pilihan warna yaitu Carbon Black dan Mint Green. Dan unit yang kami terima memiliki warna Carbon Black.

Lapisan belakangnya dibuat menjadi dua area. Area bawah hingga hampir keatas, memiliki lapisan yang agak kesat. Sementara sisanya memiliki lapisan glossy mirip kaca yang lebih licin. Keduanya masih akan meninggalkan bercak sidik jari ketika dipegang, meski tidak terlalu mengganggu.

Pada area mirip kaca terdapat tiga bulatan dimana dua diantaranya adalah lensa kamera dan satunya merupakan lampu kilat.

realme C51 memiliki bodi kotak dengan tiap sudut yang membulat. Punya ketebalan 7,99 mm dan berat 186 gram, Anda akan merasakan kenyamanan saat digenggam. Sementara tombol fisik Power dan Volume bersebelahan di sisi kanan. Slot kartu ditempatkan di sisi kiri yang mampu menampung hingga 2 kartu SIM dan satu kartu microSD. Dan pada bagian bawah terdapat jack audio, port USB type-C, dan speaker mono.

Beralih ke bagian depan, layarnya memiliki ukuran 6,78 inci. Berbeda dengan realme C53 yang memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels, realme C51 punya resolusi lebih rendah yaitu 720 x 1600 pixels atau HD+. Bagusnya, panel sudah menggunakan IPS dengan refresh rate hingga 90Hz serta touch sampling rate 180Hz. Rasio layar ke bodi-nya cukup lebar yaitu 90,3%. Ini membuat aktivitas seperti streaming sampai bermain game jadi terasa lebih nyaman.

SPESIFIKASI REALME C51

Bidik entry level, realme C51 menggunakan system on chip (SoC) dari Unisoc T612, sama dengan realme C53. Chip ini dibuat menggunakan proses 12nm dengan dua Cortex-A75 hingga 1,8GHz dan enam Cortex-A55 hingga 1,8GHz. Sedangkan GPU-nya menggunakan Mali-G57. realme C51 hadir dalam satu varian kapasitas memori RAM sebesar 4 GB, namun penyimpanan internalnya memiliki dua pilihan, 64 GB dan 128 GB.

Disektor kamera, bagian belakang ada dua. Dan realme mengunggulkan resolusi kamera utamanya yang cukup tinggi yaitu 50 MP yang sudah disematkan teknologi AI. Resolusi tersebut mampu menghasilkan foto dengan ukuran hingga 8160 x 6144 piksel. Dan perekaman videonya sendiri bisa dimaksimalkan hingga resolusi 1080p.

Sementara kamera keduanya jadi pelengkap guna mendukung pemotretan dengan efek B&W. Dengannya, pengguna dapat menghasilkan gambar terbaik melalui berbagai mode kamera, termasuk Mode Potret, Mode Beauty, HDR, Pengenalan Wajah, Filter, Kontrol Efek Bokeh, dan tentu saja foto monokrom. Untuk kamera selfie-nya punya resolusi 5 MP serta bisa merekam video hingga 720p@30fps.

Untuk lebih lengkapnya, berikut spesifikasi lainnya:

System-on-Chip Unisoc T612 (12 nm) Octa-core
RAM 4 GB
Memori Penyimpanan 64 GB dan 128 GB dengan dukungan slot microSD
Layar 6,74 inci IPS 1.600 x 720 pixels, rasio layar 90,3%
Kamera Belakang 50 MP (wide), 0,3 MP (B&W)
Kamera Depan 5 MP (wide)
Video Hingga 1080p @30 fps
Konektivitas USB type-C, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac
Sistem Operasi Android 13 (realme UI T Edition)
Baterai 5.000 mAh
Dimensi 167,2 x 76,7 x 8 mm
Berat 186 gram

 

KAMERA REALME C51

Kamera utama 50 MP memang jadi unggulan. Namun pilihan ini mesti diaktifkan secara manual. Secara default, kamera utamanya akan bekerja hingga resolsui 12 MP dengan rasio 4:3. Jika Anda hanya sekedar ingin menampilkannya pada layar smartphone, pilihan ini sudah cukup bagus. Resolusi tinggi memang lebih dibutuhkan saat hendak dicetak ataupun ditampilkan pada layar yang lebih besar.

Menu pada aplikasi kameranya terbilang standar. Anda akan menjumpai pilihan seperti Night, Photo, Video, Portrait, dan pilihan lain pada menu More. Disini terdapat pilihan Time Lapse, Pro, Panorama, Slo-Mo, QR Code, dan 50MP. Mode Pro menampilkan pilihan lengkap, mulai dari Exposure Value, Shutter Speed, Autofocus, ISO, dan White Balance. Jadi Anda bisa berkesperimen lebih luas lagi dalam menghasilkan foto di kondisi yang berbeda.

  TP-Link Archer AX11000, Wireless Router Gaming dengan WiFi 6

Untuk perekaman video, kamera utama bisa hingga resolusi 1080p@30fps, sementara kamera selfie hanya sampai pilihan 720p@30fps.

Berikut beberapa contoh hasil jepretan dari realme C25Y:

Mode Malam

IMG_20230828_195527

IMG_20230907_182816

IMG_20230912_163920

Mode Slo-Mo (720p HD, 120 fps)

 

 

KINERJA REALME C51

Sebagai smartphone entry level, digunakannya SoC Unisoc T612 sudah mumpuni untuk aktivitas yang disesuaikan dengan kelasnya. Ditandem dengan RAM 4 GB, realme C51 menyematkan fitur virtual RAM yang kerap hadir di smartphone kekinian. Dengannya, Anda bisa menambahkan RAM utama dengan RAM virtual hingga kapasitas 4 GB. Jadi nantinya seakan-akan total RAM akan memiliki kapasitas 8 GB. Ini berguna untuk membantu aktivitas multitasking agar lebih lancar. Sedangkan untuk performa secara umum, penambahan RAM virtual ini tidak terlalu berpengaruh.

Pengujian game kami wakili dengan PUBG Mobile. Kami menjalankan game ini dengan pengaturan detail grafis secara default. Hasilnya, game bisa dimainkan dengan nyaman. Jika menaikkan detail grafis lebih tinggi, penurunan fps memang terasa namun masih dalam kondisi playable.

Pengujian lainnya juga kami lakukan dengan menjalankan benchmark sintetis populer seperti Antutu Benchmark v10.0.4. Saat menjalankan Antutu, terpantau suhu yang meningkat sekitar 5 derajat celcius. Terbilang cukup hangat namun masih aman. Sedangkan benchmark lain yang dijalankan adalah GeekBench 5, serta PCMark for Android. Dan untuk hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

BATERAI REALME C51

Berbekal baterai dengan kapasitas 5000 mAh, pengujian kami menggunakan PCMark for Android dengan skenario battery life. Disini baterai mampu bertahan hingga 17 jam 43 menit. Pengujian ini sendiri mensimulasikan penggunaan keseharian dengan menjalankan aplikasi berbasis produktivitas yang cukup standar.

Kami juga menjalankan game yang diwakili PUBG Mobile untuk melihat konsumsi daya secara real-time. Selama kurun waktu 30 menit, kondisi baterai dari 69% berkurang menjadi 60%. Artinya konsumsi daya saat bermain game tersebut turun hingga 9%.

Jika dulu smartphone sejutaan masih menggunakan port micro USB, maka realme C51 sudah menggunakan port USB type-C dan mendukung teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 33W yang sebelumnya hanya hadir di kelas menengah. Pengujian kami saat mengisi baterai dari kondisi 1% sampai 99% memakan waktu hanya sekitar 1 jam 10 menit. Cukup gegas untuk smartphone entry-level.

KESIMPULAN

Buat Anda yang punya dana tidak sampai dua juta rupiah, jangan berkecil hati. Karena realme C51 menawarkan smartphone entry-level dengan fitur-fitur dan kemampuan layaknya kelas menengah. Lihat saja desainnya, performa yang masih aman bermain game seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends dengan lancar, baterainya tahan lama serta pengisian daya yang cepat. Dan yang membuat kami makin suka adalah kemampuan kamera utamanya. Mode malamnya cakep, foto bokehnya cukup rapi, dan dilengkapi video dengan pilihan mode Slo-mo dan Time-lapse.

Bahkan di harga ini sudah hadir pula fitur NFC yang saat ini mulai banyak digunakan untuk aktivitas transaksi digital menggunakan kartu emoney ataupun flazz. Jadi, apa yang ditawarkan realme C51 cukup menarik di kelasnya.

realme C51 tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Carbon Black dan Mint Green yang tersedia di seluruh kanal penjualan resmi realme secara online dan offline. Untuk versi 4GB+4GB/64GB dibanderol seharga Rp1.699.000, sedangkan 4GB+4GB/128GB dibanderol seharga Rp1.899.000.

realme C51

Rp1.699.000/Rp1.899.000
7.5

Rating

7.5/10

Plus

  • Performa baik
  • Kamera 50MP dengan mode malam yang ciamik
  • Desain kekinian
  • Baterai besar
  • Sensor fingerprint di tombol Power
  • Pengisian daya baterai gegas
  • Ada NFC

Minus

  • -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *