Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Hands-on: Menjajal Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition, Mewah dengan Spesifikasi Garang

Di bulan Januari 2018 lalu, Asus menghadirkan desain baru untuk notebook gaming dengan merilis varian Republic of Gamers (ROG) Strix GL503. Kemudian, Asus juga merilis edisi khusus dari GL503 yaitu GL503 Scar Edition dan Hero Edition dengan spesifikasi yang sedikit ditingkatkan untuk kebutuhan gaming spesifik first person shooter (FPS) dan MOBA. Dan kini, Asus kembali merilis versi upgrade dari Strix GL503 Scar Edition yaitu Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition dengan spesifikasi yang lebih kencang lagi.

Bukan cuma spesifikasi yang telah ditingkatkan, Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition juga dilengkapi dengan panel layar 144 Hz yang sangat penting untuk pemain game FPS. Berikut ini adalah impresi singkat saya menjajal ROG Strix GL503VS beberapa hari yang lalu.

Desain

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition punya desain yang tidak berbeda jika dibandingkan dengan GL503 standar maupun GL503 Scar Edition generasi sebelumnya. Bodinya tampil cukup elegan walaupun kesan garangnya masih tetap terlihat dengan peletakkan logo ROG berukuran besar di cover-nya yang juga menyala merah.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Bodi ROG Strix GL503VS Scar Edition memiliki dimensi yang cukup tipis dengan ketebalan sekitar 2,54 cm. Bobotnya sendiri juga masih masuk akal untuk ukuran sebuah notebook gaming yaitu sekitar 2,5 Kg. Bobot segitu rasanya masih cukup masuk akal untuk kamu bawa kemana-mana apabila kamu memang membutuhkan kinerja maksimal setiap saat.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Beralih ke sisi keyboard, Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition mempunyai keyboard full size lengkapi dengan numeric pad, namun dengan susunan yang sedikit disesuaikan terutama di bagian tombol kursor (panah atas bawah kiri kanan). Keyboard tersebut juga dilengkapi dengan backlight RGB yang terbagi menjadi empat zona yang bisa kamu kustomisasi sesuka kamu melalui aplikasi AuraSync.

  Realme U1, Smartphone Pertama dengan Helio P70

Saya pun sempat mencoba mengetik dan bermain game dengan keyboard ini dan menurut saya keyboardnya cukup nyaman untuk digunakan. Dengan ukuran tuts standar dan bentuk chiclet, saya dapat menekan setiap tutsnya dengan akurat. Jarak travelnya pun cukup baik sehingga memberikan feedback yang enak.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Namun saya juga sedikit kurang nyaman dengan tombol kursornya yang berukuran agak kecil serta terlalu berdekatan dengan tombol lain sehingga rentan salah tekan. Selebihnya, keyboard milik ROG Strix GL503VS Scar Edition ini sangat nyaman digunakan.

  Asus GX800, Gaming Notebook Garang dengan Sistem Pendingin Cair

Beralih ke layarnya, Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition memiliki layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD alias 1920 x 1080 piksel. Selain itu, Asus juga memberikan panel layar baru di notebook ini dengan refresh rate 144 Hz, naik dibandingkan generasi sebelumnya yang menggunakan panel 120 Hz. Ini menjadikan GL503VS Scar Edition ini sebagai notebook gaming pertama di dunia yang memiliki panel 144 Hz.

Memiliki panel 144 Hz membuat notebook ini sangat nyaman untuk digunakan bermain game dengan gerakan cepat seperti FPS. Selain itu, panel ini juga mendukung teknologi Nvidia G-Sync dengan variable refresh rate untuk mengurangi efek stutter serta tearing saat terjadi fluktuasi frame rate.

  Asus ZenBook Pro 15 UX580, Laptop Premium dengan Layar Kedua di Touchpad-nya
Spesifikasi Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Selain memberikan upgrade di panel layarnya menjadi 144 Hz, Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini juga mengalami peningkatan di kartu grafisnya. Jika GL503 dan GL503 Scar Edition menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 atau GTX 1060, maka pada ROG Strix GL503VS Scar Edition ini, Asus memasangkan GeForce GTX 1070 yang lebih bertenaga untuk melahap berbagai game.

Sedangkan dari sisi prosesornya, Asus masih mempercayakan notebook ini dengan prosesor Intel Core i7 7700HQ yang merupakan prosesor yang paling lazim digunakan di segmen notebook gaming.

Spesifikasi Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition selengkapnya bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
CPU Intel Core i7 7700HQ
Operating System Microsoft Windows 10 Home
Memory 32 GB DDR4
Graphics Nvidia GeForce GTX 1070 8GB
Display IPS 15,6 inci 1920 x 1080 144 Hz, Nvidia G-Sync
Storage – M.2 PCIe 256 GB
– SSHD 1 TB
Connectivity 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.1
Ports 1 x combo audio jack, 3 x USB 3.1, 1 x USB 3.1 Type-C, 1 x HDMI, 1 x Mini DisplayPort, card reader
Battery 4-cell 4120 mAh
Dimension 384 x 262 x 254 mm
Berat 2,54 Kg

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini telah memiliki RAM standar berkapasitas 32 GB alias sudah dimaksimalkan. Kemudian untuk media penyimpanannya menggunakan SSD M.2 berkapasitas 256 GB dengan tambahan hybrid hard disk atau SSHD berkapasitas 1 TB yang memiliki kinerja lebih baik dibandingkan hard disk biasa.

Kinerja Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Sebagai sebuah notebook gaming kelas menengah yang hampir masuk ke segmen kelas atas, Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition memiliki kinerja yang sangat memadai. Apalagi ditambah dengan penggunaan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1070 yang membuat notebook ini mampu melahap berbagai game berat dengan mudah.

Kinerja Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition bisa kamu lihat pada grafik dan hasil uji berikut ini.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Selain game Dirt Rally dan Rise of The Tomb Raider yang hasil ujinya ada di atas, saya juga mencoba memainkan game Counter Strike: Global Offensive yang secara kebutuhan spesifikasi jauh lebih ringan. Tentu saja, game tersebut bisa dijalankan dengan sangat lancar dan terlihat lebih halus dibandingkan dengan saat dilihat pada panel standar 60 Hz.

Sebagai catatan, karena keterbatasan waktu, maka saya tidak bisa menguji notebook ini secara ekstensif. Mungkin nanti jika memungkinkan, saya akan melakukan pengujian ulang dengan aplikasi dan game yang lebih lengkap.

Namun dari hasil pengujian cepat ini, saya telah dapat menyimpulkan bahwa untuk urusan kinerja, Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition sangat bisa diandalkan. Bukan hanya untuk game, tapi juga jika Anda ingin menggunakannya untuk bekerja berat.

  Desain Modern Jadikan Asus ROG Strix GL503 Lebih Terlihat Elegan
Kesimpulan Awal

Walaupun saya tak menghabiskan waktu lama dengan Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini, namun saya telah mendapatkan impresi awal yang memuaskan karena notebook ini dapat memberikan kinerja yang sangat baik baik untuk bermain game maupun bekerja.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Secara keseluruhan Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini sangat menarik karena bodinya yang ramping serta memiliki kienrja yang sangat baik. Namun untuk mendapatkan itu semua, kamu perlu merogoh kantong yang agak dalam karena notebook ini dijual dengan harga Rp38.299.000.

One Reply to “Hands-on: Menjajal Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition, Mewah dengan Spesifikasi Garang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *