Kamera Huawei Mate 20

Review Kamera Huawei Mate 20, Tiga Kamera Belakang dengan AI

Huawei menutup tahun 2018 lalu dengan meluncurkan dua seri smartphone terbarunya ke Indonesia yaitu Mate 20 dan Mate 20 Pro. Keduanya merupakan smartphone flagship yang menawarkan berbagai fitur serta spesifikasi yang sangat menarik.

Kamera Huawei Mate 20
Mate 20 Pro (kiri) dan Mate 20 (kanan)

Baik Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro hadir dengan chipset HiSilicon Kirin 980 yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 6 GB. Yang menarik, kedua smartphone tersebut juga dilengkapi dengan tiga kamera belakang berlensa Leica. Namun, ada perbedaan konfigurasi kamera pada keduanya.

Kamera Huawei Mate 20

Pada Huawei Mate 20, ketiga kameranya terdiri dari lensa ultra wide 17 mm f/2.2 dengan resolusi 16 mega piksel, lensa wide standar 27 mm f/1.8 dengan resolusi 12 mega piksel, dan lensa tele 52 mm f/2.4 dengan resolusi 8 mega piksel. Sementara Huawei Mate 20 Pro memiliki konfigurasi kamera yang mirip dengan P20 Pro, yaitu ultrawide 16 mm f/2.2 20 mega piksel, wide standar 27 mm f/1.8 40 mega piksel, dan tele 80 mm f/2.4 dengan resolusi 8 mega piksel.

  Daftar Smartphone Android Terkencang Desember 2018 Versi AnTuTu

Kemudian Mate 20 Pro juga telah dilengkapi dengan optical image stabilization pada lensa tele-nya. Sementara Mate 20 belum dilengkapi dengan fitur tersebut sama sekali.

Kebetulan, saya berkesempatan untuk menjajal sejenak kamera Huawei Mate 20. Untuk itu, berikut ini adalah penilaian singkat saya untuk kameranya serta beberapa contoh hasil fotonya.

Hasil Kamera Huawei Mate 20

Ditenagai dengan Kirin 980 yang dilengkapi dengan NPU (neural processing unit) membuat Huawei Mate 20 memiliki fitur AI. Salah satu implementasi AI di smartphone ini terlihat pada kameranya.

Dengan hadirnya fitur AI, maka kameranya mampu mengenali objek dengan baik, dan memilih mode pengambilan gambar yang paling tepat serta mengoptimalkan ketajaman serta warnanya semaksimal mungkin.

  Hands-on: Mencoba Acer Predator Thronos, Kursi Gaming Mewah Ratusan Juta

Sebagai contoh, jika saya mendekatkan kameranya dengan sebuah objek sedekat mungkin, maka kamera akan mendeteksi bahwa saya akan mengambil foto makro dan memaksimalkan ketajamannya. Begitu pula saat saya mencoba memotret langit yang cerah, maka kameranya akan mencoba untuk mengoptimalkannya.

Kamera Huawei Mate 20

Fitur tersebut bisa dibilang sangat menarik bagi pengguna awam. Walaupun terkadang, kameranya menerapkan efek yang mungkin sedang tidak kita perlukan. Untuk itu, kamu bisa mematikan fungsi deteksi AI-nya dengan menekan ikon silang di sebelahnya, atau melalui menu yang ada di kamera untuk menonaktifkannya secara permanen.

Selain itu, smartphone ini juga memiliki kemampuan yang sangat baik untuk urusan foto di kondisi minim cahaya. Apalagi, smartphone ini juga menyediakan menu khusus Night Mode untuk pengambilan foto malam hari atau kondisi gelap.

Namun jika dibandingkan, terdapat perbedaan hasil foto di kondisi minim cahaya saat menggunakan mode Auto dan mode Night Mode. Mode Night Mode cenderung mengambil foto dengan kecepatan shutter yang lebih lambat untuk mengumpulkan lebih banyak cahaya sehingga terkadang terasa sedikit terlalu terang.

Kamera Huawei Mate 20
Night Mode
Kamera Huawei Mate 20
Auto Mode

Untungnya kamu tetap bisa mengatur kecepatan shutter-nya secara manual untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Atau jika tidak, kamu bisa menggunakan mode Pro atau manual untuk mengatur kecepatan shutter, ISO, dan white balance sesuai keinginan.

Beberapa contoh hasil foto lainnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Kamera Huawei Mate 20

Kamera Huawei Mate 20

Kamera Huawei Mate 20

Yang perlu diperhatikan, seluruh lensa yang ada di kamera Huawei Mate 20 ini tidak dilengkapi dengan penstabil gambar atau optical image stabilization. Sehingga, kamu perlu memegang kameranya secara stabil untuk mendapatkan hasil foto yang tajam, atau menggunakan tripod.

Kesimpulan

Jika hanya menilai dari kameranya saja, maka kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera dari Huawei Mate 20 ini tergolong sangat baik. Walaupun terkadang hasilnya terasa agak berlebihan, saya cukup menyukai hasil fotonya pada kondisi minim cahaya.

  Review Samsung Galaxy Note 9: Smartphone Flagship Untuk Kaum Produktif

Selain itu, kehadiran tiga lensa di belakangnya yang terdiri dari lensa ultra wide, wide, serta tele membuat smartphone ini sangat fleksibel dan bisa membuat foto kamu menjadi lebih variatif dan kreatif. Hadirnya fitur AI juga cukup mampu membuat kameranya mampu mendeteksi objek dengan cukup tepat untuk memaksimalkan hasil fotonya.

Untuk mengetahui kinerja Huawei Mate 20 mulai dari kamera, spesifikasi, hingga berbagai aspek lainnya, akan ada ulasan susulan yang lebih lengkap setelah ini.

One Reply to “Review Kamera Huawei Mate 20, Tiga Kamera Belakang dengan AI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *