Review Razer Huntsman Mini: Keyboard Mekanikal Gaming RGB 60%

Razer meluncurkan keyboard mekanikal gaming pertamanya yang memiliki form factor 60% melalui seri Razer Huntsman Mini. Seri ini merupakan versi mini dari Razer Huntsman yang punya form factor 80% atau TKL (tenkeyless). Razer menyebutkan bahwa versi ini merupakan jawaban atas banyaknya permintaan dari komunitas para gamer yang merasa form factor 80% masih kurang ringkas.

Baca Juga: Razer Huntsman Mini, Pertama dengan Desain Ringkas 60 Persen

Meski ringkas, Razer Huntsman Mini dibanderol dengan harga premium yaitu di kisaran dua jutaan rupiah. Dengan bentuk ringkas dan harga cukup tinggi, tentu ekspektasinya ikut tinggi. Untuk mengetahui lebih jauh, berikut review lengkapnya:

UNBOX RAZER HUNTSMAN MINI

Sebagai keyboard gaming premium, ternyata isi kotak penjualan Razer Huntsman Mini sangat sederhana. Kotaknya sendiri memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda dengan fisik keyboardnya. Didalamnya, Anda hanya akan menemukan unit keyboard serta kabel yang terpisah. Hal lain yang terdapat dalam kotak tersebut adalah buku panduan, stiker, dan greeting card dari Co-Founder and CEO Razer, Min-Liang Tan.

DESAIN RAZER HUNTSMAN MINI

Punya lebar seukuran genggaman tangan orang dewasa, keyboard ini praktis buat dibawa-bawa, bahkan dimasukkan dalam tas yang disanding dengan laptop. Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan putih, unit yang kami uji memiliki warna hitam. Dengan kombinasi backlight RGB, keyboard ini terlihat cukup keren.

Keyboard 60% sendiri memiliki jumlah 61 tombol dan tidak menyertakan tombol number pad, tombol panah untuk navigasi, ataupun tombol function. Berbeda dengan keyboard 65% atau 68% yang memiliki tombol lebih banyak seperti tombol panah, navigasi, dan lainnya.

Baca Juga: Razer Huntsman V2 Analog, Switch Optikal dengan Kustomisasi Luas

Razer Huntsman Mini menggunakan rangka dasar dari alumunium yang dilapisi dengan bahan plastik. Razer mengunggulkan keycaps-nya yang menggunakan bahan yang disebut dengan Doubleshot PBT Keycaps. Ini merupakan keycaps berbahan plastik solid dengan finishing black matte yang terasa lebih premium. Daya tahannya pun lebih kuat dan tidak mudah pudar.

Keycaps-nya juga bisa dimodifikasi ataupun diganti dengan keycaps yang dijual secara terpisah. Hanya saja sayangnya paket penjualan tidak menyertakan keycaps puller atau pencabut keycaps. Jadi Anda mesti mencabut secara manual jika ingin mencabutnya yang memang lebih sedikit merepotkan.

Untuk konektivitasnya menggunakan koneksi kabel. Asiknya, kabel ini berjenis detachable yang artinya bisa dilepas pasang. Koneksi ke keyboardnya menggunakan port berjenis USB type-C, sementara konektor outputnya berjenis USB type-A. Kabel dengan panjang 1,9 meter ini menggunakan lapisan braided fiber yang terasa lebih kuat dan tidak mudah melilit.

Bagian bawahnya terdapat stand atau penyangga untuk mendapatkan sudut yang nyaman. Ada dua pilihan stand yang bisa diatur, stand pertama memiliki kemiringan 6 derajat dan yang kedua punya kemiringan 9 derajat.

FITUR RAZER HUNTSMAN MINI

Ada tiga fitur utama yang coba diangkat oleh Razer pada keyboard gaming ini. Pertama yaitu digunakannya switch optical Razer generasi kedua. Generasi lebih baru ini diklaim memiliki tingkat kebisingan lebih rendah serta peningkatan kualitas pada switch yang digunakan. Seri ini menyediakan dua pilihan switch yaitu tipe linear dan tipe clicky.

Baca Juga: Razer Kiyo Pro, Webcam Unik untuk Streamer dan Profesional

Untuk membedakannya, pada kotak penjualan di sudut kanan bawah terdapat logo. Untuk tipe linear, logo bulatannya berwarna merah dengan tulisan Razer Linear Optical Switch – Light and Instant, sedangkan tipe clicky logo bulatannya berwarna ungu dengan tulisan Razer Clicky Optical Switch – Light and Clicky. Jadi Anda jangan sampai salah beli dan perhatikan baik-baik dua logo tersebut jika ingin memilih salah satu dari dua tipe switch yang ada.

Karena posisi switch yang tersembunyi di balik keycaps, maka dua tipe ini secara fisik tidak terlihat bedanya. Untuk membedakannya, Anda mesti melepas keycaps dan melihat warna switch didalamnya. Jika berwarna merah artinya punya tipe linear, jika berwarna ungu artinya punya tipe clicky.

Secara spesifikasi, tipe linear memiliki travel distance 1,2 mm serta actual force 48 gram. Ini membuat ketukan lebih rendah dan suara yang ditimbulkannya lebih empuk. Sementara spesifikasi tipe clicky memiliki travel distance lebih dalam yaitu 1,5 mm dan actual force 45 gram. Ini membuatnya lebih tactile saat ditekan dengan suara yang lebih berisik, khas keyboard mekanikal pada umumnya. Sementara unit yang kami review ini punya tipe linear.

PERFORMA RAZER HUNTSMAN MINI

Seperti disebutkan, unit yang kami uji memiliki switch dengan jenis linear optical. Dari sisi kenyamanan penggunaan, tombol-tombolnya cukup enak dan empuk saat ditekan. Travel key-nya tidak terlalu dalam dan terlalu rendah. Pilihan switch ini memang lebih cocok bagi Anda yang kurang suka dengan keyboard mekanikal yang berisik. Jadi Anda bisa menggunakannya di malam hari tanpa mengganggu lingkungan sekitar karena suaranya yang lebih kalem.

  Review Gigabyte Sabre 15 (P45-W): Tampil Elegan dengan Spesifikasi Garang

Baca Juga: Razer BlackShark V2, Headset Gaming Keren dengan THX Spatial Audio

Ukuran minimalis memang mengorbankan beberapa tombol. Namun tentu saja Razer telah menggantikan beberapa tombol yang hilang agar fungsinya bisa ditempatkan bersamaan dengan tombol lain. Misalnya tombol panah (kiri bawah kanan dan atas) yang ditempatkan bersamaan dengan tombol JKL dan I. Begitu pula dengan fungsi tombol lainnya seperti PgUp, PgDown, End, Del, sampai tombol Function F1 sampai F12.

Jika ingin menjalankan fungsi kedua dari tombol-tombol tadi, Anda harus menekan secara bersamaan dengan tombol Fn. Cara ini memang agak sedikit ribet dan butuh pembiasaan. Apalagi jika ingin menjalankan fungsi tombol panah.

Hal yang sebenarnya tidak terlalu asing karena beberapa tombol pada laptop pun menggunakan metode yang serupa, kecuali saat ingin menggunakan tombol panah. Namun karena ini merupakan laptop gaming yang lebih ditujukan untuk gamer, seharusnya hal ini dimaklumi karena penggunaannya yang memang lebih fokus pada tombol di area kiri. Sementara untuk kebutuhan lain seperti mengetik ataupun lainnya, memang dibutuhkan pembiasaan agar nyaman digunakan.

Pengaturan profil warna RGB bisa dilakukan langsung melalui kombinasi tombol shortcut. Ini dikarenakan Huntsman Mini memiliki memori internal yang menyimpan beberapa fungsi hotkeys. Mulai dari shortcut tombol Fn+Ctrl+1 sampai Fn+Ctrl+7. Perlu diingat tombol Ctrl yang bisa digunakan adalah yang disebelah kiri.

Pengaturan profil ini juga bisa dilakukan melalui software Razer Synapse yang mesti diunduh secara terpisah. Selain profil, banyak pengaturan lain yang bisa Anda lakukan dari software ini. Namun jika Anda mengaktifkan software ini, kombinasi tombol shortcut tadi tidak akan berfungsi. Dan Anda mesti mematikan Razer Synapse terlebih dahulu untuk itu.

KESIMPULAN

Gamer yang butuh keyboard gaming ringkas dari brand terkemuka, bisa mempertimbangkan Razer Huntsman Mini. Ukurannya yang hanya sebesar 60% membuatnya praktis, baik untuk dibawa-bawa atau dimasukkan dalam tas. Desainnya yang ringkas juga membuat meja jadi terasa lebih lapang sehingga pergerakan mouse bisa lebih leluasa.

Razer Huntsman Mini juga menawarkan kenyamanan saat digunakan. Meski ukurannya yang mini memangkas beberapa tombol, namun kebutuhan gaming yang lebih fokus pada tombol di area sisi kiri, tentu tidak jadi masalah besar. Jika digunakan untuk aktivitas keseharian, memang dibutuhkan kebiasaan agar keyboard ini tetap nyaman digunakan.

Jika Anda lebih menyukai suara ketukan yang lebih hening bisa memilih versi linear optical, dan jika lebih menyukai tombol yang lebih tactile dengan suara khas keyboard mekanikal, maka versi clicky yang bisa dipilih. Perbedaan ini juga berpengaruh pada harganya dimana versi linear lebih mahal sekitar seratus ribu rupiah.

SPESIFIKASI RAZER HUNTSMAN MINI

Spesifikasi lengkapnya bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Tipe switch Linear optical (red)/clicky optical (purple)
Form factor 60%
Interface USB type-A
Jenis kabel Detachable USB type-C
Keycaps Doubleshot PBT keycaps
Dimensi 29 x 10 x 3,6 cm
Bobot 458 gram
Garansi 2 tahun
Harga (clicky optical/linear optical) Rp2.099.000/Rp2.199.000

Razer Huntsman Mini

Rp2.199.000
8

Rating

8.0/10

Plus

  • Dimensi mini dan ringan
  • Tampilan premium
  • Versi Linear Optical Switch yang empuk dan tidak berisik
  • Kabel keyboard bisa dilepas
  • Bahan plastik keycaps solid
  • Backlight yang terang

Minus

  • Tidak disertakan keycaps puller
  • Butuh pembiasaan untuk beberapa fungsi tombol
  • Mahal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *