Snapdragon 636

Seberapa Kencang Snapdragon 636 Dibanding Kompetitornya?

Chip Qualcomm Snapdragon 636 bisa dibilang memang menjadi sebuah topik pembicaraan yang cukup hangat belakangan ini. Chip tersebut disebut-sebut menjadi pilihan baru untuk smartphone-smartphone kelas menengah yang memberikan kinerja kencang untuk kelasnya sehingga bisa dibilang chip ini akan menjadi pilihan chip all-around paling baik untuk smartphone di tahun 2018 ini.

Bicara soal chip all-arounder, gelar ini sebelumnya dipegang oleh Qualcomm Snapdragon 625. Chip tersebut sangat populer di segmen kelas menengah karena dapat memberikan kinerja yang baik, konsumsi daya yang hemat, serta terpasang pada smartphone-smartphone dengan harga yang relatif terjangkau.

Nah, Qualcomm sendiri menyatakan bahwa Snapdragon 636 ini dapat memberikan kinerja yang lebih kencang hingga 50% dibandingkan Snapdragon 625. Hal tersebut karena Snapdragon 636 ini menggunakan delapan core Kryo 260 yang terbagi menjadi dua cluster dalam konfigurasi big.LITTLE, satu cluster untuk yang memberikan kinerja tinggi untuk menjalankan aplikasi berat, dan satu bagian lainnya yang versi hemat daya. Selain itu Snapdragon 636 juga menjadi chip kelas menengah pertama yang menggunakan Kryo setelah sebelumnya hanya tersedia untuk chip kelas atas.

  Qualcomm Snapdragon 636, Chip Pilihan Terbaru untuk Smartphone Kelas Menengah

Nah, untuk mengetahui kinerja dan seberapa jauh peningkatan Snapdragon 636 dari Snapdragon 625, kali ini saya akan membandingkan kinerja keduanya. Untuk mewakili Snapdragon 636, saya menggunakan smartphone Asus Zenfone Max Pro M1 dengan RAM 3 GB. Sedangkan kinerja dari Snapdragon 625 akan diwakili oleh Xiaomi Redmi 5 Plus. Untuk melengkapi perbandingan ini, saya juga akan menambahkan data dari Qualcomm Snapdragon 835, Snapdragon 430, HiSilicon Kirin 659, dan MediaTek MT6750T. Tiga chip yang terakhir saya sebutkan juga merupakan chip yang ditujukan smartphone segmen entry-level hingga menengah.

Snapdragon 636

Snapdragon 636

Snapdragon 636

Snapdragon 636

Snapdragon 636

Seperti yang bisa kamu lihat di hasil benchmark di atas, Snapdragon 636 mengungguli Snapdragon 625 dan tiga chip lainnya di seluruh aplikasi. Hal ini berarti Snapdragon 636 dapat memberikan kinerja yang paling baik saat digunakan di smartphone untuk berbagai kebutuhan seperti kebutuhan sehari-hari sampai bermain game.

  Hands-on: Asus Zenfone Max Pro M1, Gebrakan Baru Asus di Kelas Dua Jutaan

Nah, dengan berbagai kelebihan tersebut, rasanya Snapdragon 636 benar-benar merupakan sebuah chip kelas menengah yang akan menjadi favorit smartphone-smartphone di kelas menengah dengan harga yang terjangkau, sama seperti yang dilakukan oleh Snapdragon 625 sekitar dua tahun yang lalu.

Asus Zenfone Max Pro M1 merupakan salah satu smartphone pertama di Indonesia yang hadir dengan chip Snapdragon 636. Ke depannya, tentu saja akan masih banyak smartphone-smartphone lain di kelas menengah yang menggunakan chip ini.

One Reply to “Seberapa Kencang Snapdragon 636 Dibanding Kompetitornya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *