Mengenal Teknologi WiFi 6, Bikin WiFi Lebih Kencang dan Lega

Jargon WiFi 6 mulai cukup sering digaungkan sejak sekitar tahun 2019 dan kian populer di tahun 2020 dan 2021 ini karena pandemi yang mengharuskan sebagian besar orang bekerja dari rumah. Teknologi WiFi 6 ini hadir di perangkat wireless router, sebuah perangkat yang bisa dibilang merupakan salah satu kebutuhan penting yang sebaiknya atau bahkan harus hadir di rumah zaman sekarang.

Teknologi WiFi 6 bisa merupakan penerus dari teknologi WiFi 5. Sesuai namanya. WiFi 5 merupakan teknologi WiFi generasi ke-5 sementara WiFi 6 merupakan generasi ke-6. Penamaan tersebut merupakan evolusi lebih lanjut dari The WiFi Alliance untuk lebih memudahkan pengenalan teknologi WiFi yang digunakan.

Sejarah Munculnya Teknologi WiFi 6

Sebelumnya, mungkin kamu familiar dengan teknologi 802.11n atau wireless N, dan 802.11ac atau wireless AC, nama-nama tersebut berasal dari IEEE dan mewakili teknologi yang dibawahnya.

Seiring perkembangan teknologi WiFi, dimulai dari wireless B, wireless G, wireless N, wireless AC, dan wireless AX sampai hari ini, sistem penamaannya menjadi semakin kompleks. Apalagi penamaan IEEE 802.11 juga digunakan oleh spektrum wireless lain yang tidak ditujukan spesifik untuk perangkat WiFi.

  Linksys E7350, Wireless Router Ringkas dengan WiFi 6

Oleh karena itu, sebuah konsorsium bernama The WiFi Alliance yang bertugas menentukan standarisasi dan sertifikasi WiFi, membuat skema nama baru yang lebih mudah. Skema nama tersebut juga berfungsi untuk menandai generasi teknologi WiFi tersebut.

Jadi, jika mengacu pada skema penamaan yang baru, teknologi WiFi sejak awal jadi memiliki nama sebagai berikut:

  • Wireless B (802.11b) menjadi WiFi 1*
  • Wireless A (802.11a) menjadi WiFi 2*
  • Wireless G (802.11g) menjadi WiFi 3*
  • Wireless N (802.11N) menjadi WiFi 4
  • Wireless AC (802.11ac) menjadi WiFi 5
  • Wireless AX (802.11ax) menjadi WiFi 6

*Penamaan tidak secara resmi.

Di pasaran saat ini, banyak beredar perangkat wireless router atau access point yang mengusung WiFi 5 dan WiFi 6. Sebenarnya masih banyak juga perangkat yang masih mengusung WiFi 4 atau Wireless N, tapi biasanya merupakan perangkat entry-level dengan spesifikasi yang terbatas.

Mengenal Teknologi WiFi 6

Secara sederhana, teknologi WiFi 6 memiliki fungsi utama dengan teknologi WiFI pada umumnya, yaitu menghubungkan perangkat kita ke jaringan secara wireless supaya bisa terhubung ke internet. Konsep ini berlaku sejak teknologi WiFi pertama kali muncul.

Nah, WiFi 6 ini mengusung teknologi terbaru. Sebagai teknolog yang paling baru, tentunya ada peningkatan kinerja yang dijanjikan. Namun, peningkatan kecepatan bukan menjadi fokus utama pada WiFi 6 ini.

  Review Linksys Velop (AC6600), Mesh Networking yang Mudah Diaplikasikan

Sejak peralihan dari WiFi 4 ke WiFi 5, kecepatannya telah meningkat cukup signifikan, terutama sejak melibatkan pita 5 GHz yang lebih minim interferensi dibandingkan pita standar 2,4 GHz.

Nah, teknologi WiFI 6 ini hadir untuk menjawab kebutuhan jaringan wireless, baik di rumah maupun di kantor, yang semakin padat akibat semakin banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan secara bersamaan.

Banyak perangkat yang terhubung ke wireless router secara bersamaan dapat menghambat dan mengurangi kualitas dan kecepatan jaringan. Teknologi WiFi 6 hadir untuk mengatas hal tersebut.

Apalagi ketika tren bekerja dari rumah terus meningkat, maka kondisi di jaringan akan semakin padat karena perangkat yang biasanya kita gunakan di kantor harus dipindahkan ke rumah. Jika perangkat wireless router yang kamu gunakan tidak memiliki kapasitas yang cukup, maka wireless router akan mengalami masalah, bisa berupa koneksi yang melambat, atau bahkan bisa sampai mengalami freeze sehingga harus di-reset.

Teknologi WiFi 6 menjawab kerumitan tersebut dengan menyediakan kapasitas yang lebih besar. Singkatnya, WiFi 6 memiliki jalur yang lebih luas untuk melayani lebih banyak perangkat sekaligus melalui teknologi MU-MIMO dan OFDMA. Sehingga, semakin banyak perangkat yang bisa dilayani sekaligus dengan kecepatan yang lebih tinggi. Sehingga, kamu tidak akan merasakan perlambatan kecepatan saat jaringan semakin padat.

Kompatibilitas Perangkat dengan Teknologi WiFi 6

Dengan semakin banyaknya perangkat wireless router yang sudah mendukung teknologi WiFi 6, bagaimana dengan kompatibilitas dengan perangkat lain? Bagaimana jika perangkat kamu belum mendukung WiFi 6?

Memang harus diakui, saat ini belum banyak perangkat yang secara resmi mendukung teknologi WiFi 6. Tercatat hanya beberapa varian smartphone flagship seperti iPhone mulai dari iPhone 11, Samsung mulai dari Galaxy S10, dan beberapa varian smartphone lainnya yang mendukung teknologi tersebut.

Sementara untuk smartphone di kelas menengah dan entry-level, rata-rata dukungannya masih berada di WiFi 5.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena perangkat wireless router dengan teknologi WiFi 6 juga bisa mendukung standar konektivitas yang lebih lawas. Jadi, perangkat-perangkat kamu bisa terhubung dengan lancar tanpa adanya hambatan.

  Review Linksys WRT32X: Wireless Router Gaming dengan Kinerja Tinggi

Bahkan, walaupun tidak mendukung secara resmi, namun kamu tetap bisa mendapatkan manfaat dari teknologi WiFi 6, seperti respons yang lebih cepat, ping yang lebih rendah dan stabil, latency yang berkurang, dan lain-lain.

Jadi, perangkat wireless router dengan teknologi WiFi 6 bisa menjawab kebutuhan atau kesulitan kamu terkait jaringan yang padat. Wireless router dengan WiFi 6 bisa dibilang merupakan sebuah investasi yang cukup penting karena teknologi ini akan semakin lazim digunakan ke depannya.

Apalagi saat ini juga semakin banyak produsen yang menghadirkan perangkat wireless router WiFi 6 dengan harga yang relatif terjangkau. Jadi, kamu tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk dapat menikmati manfaat dari teknologi WiFi terbaru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *